Peran Facebook Sebagai Media Promosi Dalam Mengembangkan Industri Kreatif

  • Rita Wahyuni Arifin Manajemen Informatika, STMIK Bina Insani

Abstract

Abstract: The proliferation of a wide variety of social networking sites that exist today are verypopular with the general public not only as a venue for self-existence but also as a medium forbusiness promotion is great because it can reach consumers throughout the world because ofusing the internet. Experience keen to see business opportunities by using social networking sitesby a capital artist to achieve success, can be used as an interesting lesson in running a businessby using social networking sites. The purpose of this study is to reveal the underlying ideasfacebookers (designation as a facebook user), using the social networking site Facebook as apromotional medium in developing the creative industries. The results showed that facebook isnot only act as a media campaign in the development of creative industries, but also acts as amedium to communicate with potential customers. Besides using facebook in developing creativeindustries that have not been known to be a product that is known by many people. This iscertainly a positive impact on sales results.Keywords: Social Networking Sites, Media promotion, creative industriesAbstrak: Menjamurnya berbagai macam situs jejaring sosial yang ada saat ini  sangat digemarioleh masyarakat luas tidak hanya sebagai ajang eksistensi diri tetapi dapat juga sebagai mediapromosi bisnis yang sangat bagus karena dapat menjangkau konsumen diseluruh dunia karenamenggunakan media internet. Pengalaman jeli melihat peluang bisnis dengan menggunakansitus jejaring sosial oleh seorang artis ibukota hingga meraih kesuksesan, dapat dijadikanpelajaran menarik dalam menjalankan bisnis dengan menggunakan situs jejaring sosial. Tujuanpenelitian ini adalah untuk mengungkapkan gagasan-gagasan yang mendasari facebookers(sebutan sebagai pengguna facebook), menggunakan situs jejaring sosial Facebook sebagaimedia promosi dalam mengembangkan industri kreatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwafacebook tidak hanya berperan sebagai media promosi dalam pengembangan industri kreatif, tetapi juga berperan sebagai media untuk berkomunikasi dengan calon konsumen. Selain itumenggunakan facebook dalam mengembangkan industri kreatif yang belum dikenal orangmenjadi produk yang dikenal oleh banyak orang. Hal ini tentu memberikan pengaruh positifterhadap hasil penjualan.Kata Kunci : Situs Jejaring Sosial, Media promosi, industri kreatif

Author Biography

Rita Wahyuni Arifin, Manajemen Informatika, STMIK Bina Insani
Manajemen Informatika, STMIK Bina Insani

References

[1] Afuah, Allan. (2004). Business Models : A Strategic Management Approach. New York.
[2] Yuliandari, Dewi, dan Prabowo Pudjo W. Model Penerimaan dan Penggunaan Facebook
bagi Siswa dalam Pengembangan Social Networking: Studi Kasus pada SMK Strada Budi
Luhur Bekasi. Jakarta. Magister Thesis. Postgraduate STMIK Nusa Mandiri; 2012.
[3] Rr. Dian Ayu Gemilang S.T. Peran Facebook sebagai Media Komunikasi Bisnis Online(Studi
Deskriptif Kualitatif Peran Facebook sebagai Media Komunikasi Bisnis Online).Jawa Timur.
Skripsi.Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”;2011.
[4] Siswoutomo, Wiwit. Panduan KArir di Dunia Teknologi Informasi. PT. Elexmedia
Komputindo. Jakarta.2005.
[5] Definisi Bisnis Online http://id.wikipedia.org/wiki/Bisnis_online diunduh pada tgl 18 Feb 2012.
[6] https://www.facebook.com/lovely.syushu diunduh pada tgl 18 Feb 2012.
[7] https://www.facebook.com/4FashionLoverscom diunduh pada tgl 18 Feb 2012.
Published
2015-10-01
How to Cite
ARIFIN, Rita Wahyuni. Peran Facebook Sebagai Media Promosi Dalam Mengembangkan Industri Kreatif. BINA INSANI ICT JOURNAL, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 117 - 126, oct. 2015. ISSN 2527-9777. Available at: <http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/BIICT/article/view/791>. Date accessed: 08 sep. 2024.