Ekonomi Kreatif dan Inovatif Berbasis TIK ala Gojek dan Grabbike

Abstract

Abstrak: Kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi membawa dampak positif dalam berbagai bidang. Salah satu dampak positif tersebut adalah bidang ekonomi kreatif. Mereka yang kreatif akan selalu melihat peluang bisnis dibalik kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Gojek dan Grabbike adalah 2 buah bisnis berbasis TIK yang kreatif. Kedua perusahaan tersebut melihat peluang bisnis yang luar biasa dari kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi, walaupun keduanya bukan perusahaan transportasi namun dengan sistem kemitraan kedua perusahaan tersebut dalam waktu singkat mampu bermitra dengan ribuan orang pemilik motor yang membutuhkan pekerjaan. Sistem kemitraan yang ditawarkan oleh kedua perusahaan ini adalah sistem bagi hasil yang saling menguntungkan. Kedua perusahaan tersebut hanya mengambil sedikit persentase dari penghasilan para pengemudi motor, bahkan kedua perusahaan tersebut masih memberikan beberapa fasilitas tambahan seperti bonus dan asuransi kepada para mitranya. Kehadiran Gojek dan Grabbike sangat membantu ribuan orang di kota-kota besar Indonesia yang kesulitan mencari pekerjaan atau kesulitan mencari tambahan penghasilan. Melalui bisnis ini tidak hanya pengendara yang diuntungkan, para penumpang pun diuntungkan dengan adanya bisnis ini, karena para penumpang tidak perlu lagi takut ditipu dengan tarif tinggi, karena biaya yang harus dibayarkan sesuai dengan perhitungan aplikasi yang disediakan oleh Gojek dan Grabbike. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang kreatif dan menguntungkan berbagai pihak seperti inilah yang diharapkan semakin berkembang dan terus berinovasi sehingga membantu dan membawa pengaruh positif kepada masyarakat.Kata kunci: ekonomi, gojek, grabbike, kreatif, inovatifAbstract: Advances in Information and Communication Technology had a positive impact in various fields. One positive impact is the area of the creative economy. Those who are creative will always see a business opportunity behind the progress of Information and Communication Technology. Gojek and Grabbike are 2 pieces of creative ICT-based businesses. Both companies see tremendous business opportunities of advancement of Information and Communication Technology, although they are not a transport company but with a system of partnership both companies in a short time was able to partner with thousands of motorcycle owners who need work. The system of partnership offered by these two companies is a system for mutually beneficial results. Both companies are only taking a small percentage of the earnings of the motor driver, even the two companies still provide some additional facilities such as bonuses and insurance services to its partners. Gojek presence and Grabbike very helping thousands of people in major cities of Indonesia are having trouble finding a job or having trouble finding additional income. Through this business is not just motorists who benefited, the passengers also benefit from this business, because passengers no longer need to fear being cheated by the high rates, because the cost to be paid in accordance with the calculations provided by the application and Grabbike Gojek. Utilization of Information and Communication Technology creative and benefit all parties as this is expected to continue growing and innovating so that help and bring a positive influence to the society.Keywords: economic, creative, innovative, ICT, Gojek, Grabbike

Author Biography

Henri Septanto, Teknik Informatika; STMIK Bina Insani
Teknik Informatika; STMIK Bina Insani

References

Anindhita W, Arisanty M, Rahmawati D. 2016. Analisis Penerapan Teknologi Komunikasi Tepat Guna Pada Bisnis Transportasi Ojek Online, Prosiding Seminar Nasional Indocompac Universitas Bakrie 2 – 3 Mei 2016.

Artikel berita kominfo.go.id, Jakarta, 2015

Ekonomi Berbasis Kreativitas dan Inovasi sebagai Kekuatan Baru Ekonomi Indonesia, http:// www.ekon.go.id/berita/view/ekonomi-berbasis-kreativitas.1659.html#.V1eHU-RRLiA, September 2015

Meity F. Ekonomi Cyber Community. http://komunikasi.us/index.php/my-academic-and-professional-opinion/18-courses/teknologi-dan-media-baru.(Diakses 19 Mei 2016)

http://www.go-jek.com 2016

https://www.grab.com/id, Jakarta, 2016

Revolusi Bisnis Kreatif dan Kemajuan Ekonomi Bangsa, http:// www.republika.co.id/ berita/kolom/fokus/16/02/22/o2y9tk334, Senin, 22 Februari 2016
Published
2016-06-01
How to Cite
SEPTANTO, Henri. Ekonomi Kreatif dan Inovatif Berbasis TIK ala Gojek dan Grabbike. Bina Insani ICT Journal, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 213 - 219, june 2016. ISSN 2527-9777. Available at: <http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/BIICT/article/view/818>. Date accessed: 14 aug. 2018.