Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Pada Mata Kuliah Logika Dan Algoritma 1

  • Rita Wahyuni Arifin Manajemen Informatika; STMIK Bina Insani

Abstract

Abstrak: Kesuksesan seorang tenaga pendidik dalam mengembangkan materi pembelajaran dapat dilihat dari hasil belajar mahasiswa pada tiap semester. Perkembangan teknologi informasi menjadi motor penggerak untuk mengembangkan bahan ajar menjadi lebih interaktif. Hal ini sejalan dengan Permendiknas nomor 41 tahun 2007 mengenai proses pembelajaran, dimana seorang pendidik diharapkan dapat mengembangkan bahan pembelajaran sebagai salah satu sumber belajar. Permasalahan yang muncul adalah tenaga pendidik masih belum bisa mengembangkan materi pembelajaran berbasis teknologi informasi dengan maksimal. Kecenderungan banyak tenaga pendidik masih menggunakan konsep “student centered learning” dalam memberikan materi ajar kepada mahasiswa, akibatnya mahasiswa menjadi jenuh, tidak tertarik dalam mengikuti materi perkuliahan karena materi perkuliahan disajikan dengan monoton. Dalam penelitian ini penulis membuat story line lalu membuat video animasi dengan software Videoscribe. Hasil dari penelitian ini materi logika dan algoritma menjadi lebih menarik karena disajikan dalam format video, sehingga mahasiswa dapat memutar ulang materi dan menjadi paham mengenai materi logika dan algoritma 1 pada tiap pertemuan.
 
Kata kunci: Pengembangan, Media pembelajaran, Video Animasi, Videoscribe
 
Abstract:  The success of an educator in developing learning materials can be seen from the results of student learning in each semester. The development of information technology becomes the driving force to develop teaching materials become more interactive. This is in line with Permendiknas number 41 of 2007 regarding the learning process, where an educator is expected to develop learning materials as one source of learning. Problems that arise is educators still can not develop learning materials based on information technology with the maximum. The tendency of many educators still use the concept of "student centered learning" in providing teaching materials to students, consequently the students become saturated, not interested in following the course materials because the lecture material presented with monotonous. In this study the authors develop multimedia-based learning materials that is by making a storyline and create animated video-based material with videoscribe software. The results of this study of materials logic and algorithm become more interesting because presented in video format, so that students can play back the material and become understand about the material logic and algorithm 1 at each meeting.
 
Keywords: Development, Instructional Media, Animation Video, Videoscribe

Author Biography

Rita Wahyuni Arifin, Manajemen Informatika; STMIK Bina Insani
Manajemen Informatika; STMIK Bina Insani
Published
2017-07-07
How to Cite
ARIFIN, Rita Wahyuni. Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Pada Mata Kuliah Logika Dan Algoritma 1. Bina Insani ICT Journal, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 83 - 94, july 2017. ISSN 2527-9777. Available at: <http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/BIICTJ/article/view/304>. Date accessed: 22 nov. 2017.