%A Aji, Sopian %A Warjiyono, Warjiyono %A Ardiansyah, Angga %D 2017 %T Melatih Kecerdasan Linguistik & Spasial Anak Berbasis Animasi Interaktif %K %X Abstrak : Media pembelajaran yang hanya mengandalkan alat-alat tulis seperti buku, kertas, pensil atau pena dalam proses belajar-mengajar menyebabkan terjadinya ketidak- lancaran komunikasi antara orang tua atau guru dengan anak atau siswa. Huruf hijaiyah merupakan huruf yang terdapat dalam Al-qur’an dan ditulis menggunakan huruf Arab. Dalam hal ini media pembelajaran harus lebih kreatif dalam menerapkan metode pembelajaran guna meningkatkan minat belajar pada usia balita khususnya belajar membaca untuk anak balita guna pembekalan ilmu sebelum melanjutkan ke pendidikan yang lebih lanjut.  Dengan adanya aplikasi animasi interaktif ini diharapkan dapat memberi manfaat bagi anak-anak kita. Media pembelajaran yang disajikan tentu saja belajar sambil bermain dengan tujuan menumbuhan minat belajar dan memperkenalkan teknologi informasi pada anak usia balita.   Kata Kunci : Animasi Interaktif, Kecerdasan, Balita   Abstract : the Media learning that rely solely on writing tools such as books, paper, pencil or pen in the teaching-learning process led to the lack of communication between the lancaran parents or teachers with children or students. The letter Alif is a letter of the qur'an and is written using the Arabic alphabet. In this case the media learning must be more creative in applying learning methods in order to increase interest in learning at the age of toddlers especially learning to read to toddlers in order to supply the science before proceeding to further education. With the application of interactive animation is expected to benefit our children. Learning media presented certainly learn while playing with the aim of menumbuhan interest to learn and introduce information technology in the toddler-aged children.   Keywords : Interactive Animation, Wit, Toddlers   %U https://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/IMBI/article/view/639 %J INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS : Journal of Information Management %0 Journal Article %P 47-56%V 2 %N 1 %@ 2548-3331 %8 2017-12-20