TY - JOUR AU - Lestari, Nita Ari AU - Retnoningsih, Endang PY - 2018 TI - Animasi Interaktif Pengenalan Agama Islam Untuk Anak Usia Dini Pada TK Al-Ikhwan Bekasi JF - INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS : Journal of Information Management; Vol 2 No 2 (2018): INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS (Juni 2018) KW - N2 - Abstrak : Pelaksanaan upaya meningkatkan penyajian aplikasi dalam pengajaran di taman kanak-kanak, harus ada terjadinya inovasi dalam belajar yang sebelumnya konvensional menjadi pembelajaran digital, karena pembelajaran yang monoton dan banyak anak yang malas untuk memahami pelajaran, maka berdasarkan permasalahan tersebut dibuatkan media pembelajaran yang dapat membangkitkan semangat anak untuk belajar dan memahami pelajaran yang telah ditentukan. Dalam penelitian ini pembuatan animasi menggunakan metode ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluate). Penggunaan animasi interaktif di TK Al-Ikhwan Bekasi dalam dalam belajar diperoleh hasil yaitu memudahkan anak-anak memahami mata pelajaran agama islam, dapat memotivasi para pengajar agar selalu kreatif dalam mencapai tujuan pembelajaran dengan hasil yang maksimal karena pembelajaran ini dipadukan dengan unsur permainan yang interaktif sehingga anak diajarkan untuk belajar secara mandiri tanpa perlu didampingi guru.   Kata kunci: animasi interaktif, media pembelajaran.   Abstract:  Implementation of efforts to improve the presentation of applications in teaching in kindergarten, there must be an innovation in learning that previously conventional into digital learning, because the learning is monotonous and many children are lazy to understand the lesson, then based on these problems made learning media that can generate the spirit of the child to learn and understand the lesson that has been determined. In this research, animation making using ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluate). The use of interactive animation in Kindergarten Al-Ikhwan Bekasi in the learning obtained results that facilitate the children understand the subjects of Islamic religion, can motivate the teachers to always be creative in achieving the goal of learning with maximum results because this learning is combined with interactive game elements so that children are taught to learn independently without the need to be accompanied by teachers.   Keywords : interactive animation,  learning media. UR - https://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/IMBI/article/view/909