Pengukuran Maturity Level Pelayanan Sistem Informasi Pada PT. Gramedia Asri Media

  • Agus Yulianto Sistem Informasi; Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Nusa Mandiri (STMIK Nusa Mandiri)
  • Syahbaniar Rofiah Manajemen Informatika; STMIK Bina Insani; http://orcid.org/0000-0001-7751-1536

Abstract

Abstrak: Teknologi Informasi saat ini sangat berpengaruh terhadap kinerja perusahaan, semakin baik teknologi informasi yang dimiliki maka menambah nilai positif dan berdampak perubahan besar terhadap perusahaan tersebut. Berkembangnya teknologi yang semakin hari semakin berubah membuat perusahaan berinovasi kearah yang lebih baik terhadap kinerja individu maupun perusahaan. Oleh karena itu untuk mengetahui seberapa besar teknologi tersebut digunakan pada perusahaan maka audit merupakan salah satu alternatif untuk mengevaluasinya. COBIT 4.1 adalah kerangka kerja untuk tata kelola TI yang terdiri dari kumpulan proses praktik terbaik TI, yang dapat diterapkan di semua tingkat organisasi untuk memperbaiki tata kelola dan pengelolaan TI. Kerangka kerja ini adalah alat yang komprehensif untuk menciptakan tata kelola TI. Pilihan praktik yang terbaik mencakup seluruh proses bisnis sebuah organisasi dan menghadapkannya dalam struktur logis yang dapat dikelola dan dikendalikan secara efektif adalah COBIT 4.1. [Tambotoh and Latuperissa, 2014] Tingkat kemantangan pada masing-masing sub domain Delivery and Support ( DS1 Define and manage service levels dan DS 4 Ensure Continue Service) berada pada domain level 3 untuk DS1 dengan nilai 3,217 sedangkan DS4 dengan nilai 2,944.
 
Kata kunci: COBIT 4.1, Maturity Level, Sistem Informasi.
Abstract: Information technology is currently very influential on the performance of the company, the better the information technology owned then add positive value and impact big changes to the company. The development of technology is increasingly changing day to make the company to innovate towards the better performance of individuals and companies. Therefore, to find out how big the technology is used in the company then the audit is one alternative to evaluate it. COBIT 4.1 is a framework for IT governance that comprises a set of IT best practices processes, which can be implemented at all levels of the organization to improve governance and IT management. This framework is a comprehensive tool for creating IT governance. COBIT 4.1 provides a best practice reference that covers the entire business process of an organization and exposes it in a logical structure that can be managed and controlled effectively. [Tambotoh and Latuperissa, 2014] The level of kemantangan on each sub domain Delivery and Support (DS1 Define and manage service levels and DS 4 Ensure Continue Service) is at the level 3 domain for DS1 with value 3,217 while DS4 with value 2,944.
 
Keywords: COBIT 4.1, Maturity Level, Information System.

Author Biographies

Agus Yulianto, Sistem Informasi; Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Nusa Mandiri (STMIK Nusa Mandiri)
Sistem Informasi; Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Nusa Mandiri (STMIK Nusa Mandiri)
Syahbaniar Rofiah, Manajemen Informatika; STMIK Bina Insani;
Manajemen Informatika; STMIK Bina Insani;
Published
2018-01-05
How to Cite
YULIANTO, Agus; ROFIAH, Syahbaniar. Pengukuran Maturity Level Pelayanan Sistem Informasi Pada PT. Gramedia Asri Media. INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 89-98, jan. 2018. ISSN 2548-3331. Available at: <http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/IMBI/article/view/684>. Date accessed: 27 apr. 2018.