Metode ADDIE Pada Aplikasi Interaktif Mengenal Bagian Tubuh Manusia Dua Bahasa Untuk Anak Sekolah Dasar

  • Aryuanindya Sahfitri Sistem Informasi; STMIK Nusa Mandiri Jakarta
  • Sari Hartini Teknik Informatika; STMIK Nusa Mandiri Jakarta

Abstract

Abstrak: Perkembangan teknologi kini berkembang sangat pesat. Komputer adalah perangkat yang diciptakan untuk memudahkan pekerjaan manusia saat ini untuk mencapai kemajuan baik dalam pembuatan perangkat keras maupun perangkat lunak. Metode pembelajaran di dunia pendidikan telah dikembangkan dan semakin maju, agar berbagai lembaga pendidikan berusaha keras menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dengan menerapkan berbagai metode pembelajaran, termasuk metode pembelajaran interaktif berbasis animasi. Dengan metode pembelajaran ini dapat membantu meningkatkan minat belajar anak yang cenderung menyukai gambar sehingga proses belajar tidak terlalu membuat jenuh. Oleh karena itu dengan membuat program Interactive Animation penulis bermaksud memberikan pilihan bagi guru sebagai pendidik untuk lebih mudah dalam menjelaskan pelajaran di kelas. Sehingga buku ini bukan lagi media utama dalam pembelajaran, media yang tepat juga dibutuhkan untuk anak-anak sekolah dasar. Melalui animasi serta belajar di kelas akan lebih menyenangkan. Penilaian masyarakat juga dibutuhkan untuk pengembangan lebih lanjut. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) dalam merancang aplikasi interaktif pembelajaran tersebut.
 
Kata kunci: Animasi, Ilmu Pengetahuan Alam, Sistem Informasi,
 
Abstract: Technological developments are now developing very rapidly. Computers are devices that are created to facilitate the work of humans today to achieve progress both in the manufacture of hardware and software. Learning methods in the world of education have been developed and increasingly advanced, so that various educational institutions strive to create quality human resources by applying various learning methods, including interactive animation-based learning methods. With this learning method can help increase interest in learning children who tend to like images so that the learning process is not too saturated. Therefore by making the Interactive Animation program the author intends to provide choices for teachers as educators to more easily explain the lessons in class. So that this book is no longer the main media in learning, the right media is also needed for elementary school children. Through animation and learning in class it will be more fun. Community assessment is also needed for further development. In this study the author uses the ADDIE method (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) in designing interactive learning applications.
 
Keywords: Animation, Information System, Science

Author Biographies

Aryuanindya Sahfitri, Sistem Informasi; STMIK Nusa Mandiri Jakarta
Sistem Informasi; STMIK Nusa Mandiri Jakarta
Sari Hartini, Teknik Informatika; STMIK Nusa Mandiri Jakarta
Teknik Informatika; STMIK Nusa Mandiri Jakarta

References


Hanafri MI, Oktapiani S. 2013. Aplikasi Pengenalan Peta Indonesia , Adat Istiadat dan Suku Bangsa. Jurnal. Sistem. Informasi. Teknologi (Sisfotek). Global. 3(2): 3–6.

Latip A, Permanasari A. 2017. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Literasi Sains Untuk Siswa Smp Pada Tema Teknologi. Edusains (the Natural Science Education Biology Education, Physics Education Journal). 7(2): 160–171.

Lestari NA, Retnoningsih E. 2018. Animasi Interaktif Pengenalan Agama Islam Untuk Anak Usia Dini Pada TK Al-Ikhwan Bekasi. Jurnal Information Management for Educators and Professionals. 2(2): 159–168.

Rori J, Sentinuwo S, Karouw S. 2016. Perancangan Aplikasi Panduan Belajar Pengenalan Ortodonsia Menggunakan Animasi 3D. Jurnal Teknik Informatika universitas Sam RatuLangi 8(1): 3–7.

Utomo YB, Herlawati, Sihombing EG. 2015. Animasi Interaktif Pengenalan Pakaian Adat Tradisional Pada Smp Pgri 1 Bekasi. Jurnal Teknik Komputer Universitas Bina Sarana Informatika. 1(1) : 114-122 .

Published
2019-06-03
How to Cite
SAHFITRI, Aryuanindya; HARTINI, Sari. Metode ADDIE Pada Aplikasi Interaktif Mengenal Bagian Tubuh Manusia Dua Bahasa Untuk Anak Sekolah Dasar. INFORMATION SYSTEM FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS : Journal of Information System, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 141 – 152, june 2019. ISSN 2548-3587. Available at: <https://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/ISBI/article/view/1085>. Date accessed: 19 apr. 2024.