Media Pembelajaran Pengenalan dan Pencegahan COVID-19 Berbasis Adobe Flash CS6

Abstract

Abstrak: Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang elektronik, komputer dan informatika memungkinkan orang untuk mengembangkan aplikasi multimedia termasuk media pembelajaran. Penelitian yang telah dilakukan pada pengembangan media pembelajaran Adobe Flash CS6 mengenai pengenalan dan pencegahan COVID-19. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang dan mengembangkan media pembelajaran dan uji penerimaan (user acceptance test). Aplikasi yang dikembangkan memiliki fitur yang berguna untuk meningkatkan kemampuan siswa mengenal COVID-19 dan pencegahannya sehingga dapat diterapkan pada kegiatan sehari-hari pada masa pandemic COVID-19 ini. Program aplikasi telah diuji pada komputer yang berbeda dan juga diuji kepada guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program aplikasi ini dapat bekerja dengan sangat baik di perangkat yang berbeda dan sebagian besar responden, secara umum, mengatakan bahwa program aplikasi memuaskan untuk digunakan dalam pengenaan dan pencegahan COVID-19 untuk siswa.
 
Kata kunci: Adobe Flash CS6, COVID-19, media pembelajaran, multimedia, user acceptance test.
 
Abstract: The development of science and technology in the fields of electronics, computers and informatics enables people to develop multimedia applications including learning media. Research has been carried out on developing Adobe Flash CS6 learning media regarding the introduction and prevention of COVID-19. The purpose of this study is to design and develop learning media and user acceptance tests. The developed application has features that are useful for increasing the ability of students to know COVID-19 and its prevention so that it can be applied to daily activities during the COVID-19 pandemic. Application programs have been tested on different computers and also tested on teachers and students. The results show that this application program can work very well on different devices and most respondents, in general, say that the application program is satisfactory for use in the imposition and prevention of COVID-19 for students.
 
Keywords: Adobe Flash CS6, COVID-19, learning media, multimedia, user acceptance test.

References


[1] WHO, “WHO Director-General’s remarks at the media briefing on 2019-nCov on 11 June 2020,” 2020. [Online]. Available: https://www.who.int/dg/speeches/detail/who-director-general-s-opening-remarks-at-the-media-briefing-on-covid-19---12-june-2020. [Accessed: 12-Jun-2020].
[2] Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, “Data Sebaran Indonesia Update Terakhir: 13-06-2020,” 2020. [Online]. Available: https://covid19.go.id/.
[3] M. I. Hanafri, S. Ramdhan, and K. Nisa, “Aplikasi Pembelajaran Interaktif Pengenalan Profesi Berbasis Multimedia Menggunakan Adobe Flash CS6,” J. Sisfotek Glob., vol. 7, no. 2, pp. 38–44, 2017.
[4] Andi, Adobe Flash+XML= Rich Multimedia Application. Yogyakarta: C.V Andi Offset, 2010.
[5] Wandah, Desain dan Pemrograman Multimedia Interaktif. Jember: Cerdas Ulet Kreatif, 2017.
[6] I. dan F. D. Wijaya, “Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi,” J. Pendidik. Teknol. Inf., vol. 5, no. 2, pp. 9–20, 2018.
[7] A. S. Sadiman, Media Pendidikan. Jakarta: CV Rajawali, 1986.
[8] I. Mustholiq, Sukir & Ariade Chandra, “Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia Mata Kuliah Dasar Listrik. Jurnal Penelitian dan Teknologi Kejuruan,” vol. 16, no. 1, p. 7, 2007.
[9] Madcoms, Kupas Tuntas Adobe Flash CS6. Yogyakarta: CV Andi Offset, 2016.
[10] Kemenkes, “Pedoman kesiapan menghadapi COVID-19,”Pedoman kesiapan menghadapi COVID-19, pp. 0–115, 2020.

Published
2020-06-02
How to Cite
ALFIAN, Ari Nurul; RETNONINGSIH, Endang. Media Pembelajaran Pengenalan dan Pencegahan COVID-19 Berbasis Adobe Flash CS6. INFORMATION SYSTEM FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS : Journal of Information System, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 198 – 207, june 2020. ISSN 2548-3587. Available at: <http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/ISBI/article/view/1356>. Date accessed: 23 oct. 2020.