Animasi Interaktif Pengenalan Nama-Nama Buah dan Hewan Pada TK Islam Ananda Di Bekasi

  • Donny Perdana Kusuma Manajemen Informatika; Universitas Bina Insani
  • Harjunadi Wicaksono Sistem Informasi; Universitas Bina Insani

Abstract

Abstrak: Kemajuan dan teknologi yang berkembang dengan pesat pada masa sekarang ini turut membantu manusia dalam memasuki teknologi perabadan baru diera teknologi yang diciptakan. Pendidikan mempunyai peranan yang sangat menentukan bagi perkembangan dan perwujudan diri individu, terutama bagi perkembangan bangsa dan negara.Ada beberapa kendala yang dialami oleh pengajar terkait pada sistem yang ada di sekolah yaitu pada saat proses belajar mengajar pengenalan nama-nama buah dan hewan yang masih menggunakan buku paket, selain itu didalam kelas mengalami kesulitan dalam meningkatkan semangat belajar, dan banyaknya anak-anak jadi kurang terkontrol pemahaman materi pengenalan nama- nama buah dan hewan. Berdasarkan permasalahan tersebut, TK Islam Ananda memerlukan adanya aplikasi animasi interaktif dengan program penunjang adobe flash CS6, dan Photoshop, serta melakukan model pengembangan waterfall. Dengan adanya metode pembelajaran pengenalan nama-nama buah dan hewan berbasis animasi interaktif ini dapat membantu guru dalam meningkatkan proses belajar mengajar pada TK Islam Ananda, dan dapat membantu anak-anak untuk memudahkan memahami materi pengenalan nama-nama buah dan hewan.
 
Kata kunci: animasi, hewan dan buah, adobe flash CS6
 
Abstract: Advances and technology that are developing rapidly at this time also help humans to enter the new century technology in the era of technology that was created. Education has a very decisive role for the development and manifestation of individuals, especially for the development of the nation and state. There are several obstacles experienced by teachers related to the existing system in schools, namely during the teaching and learning process the recognition of the names of fruits and animals that still use textbooks, besides that in the classroom, they experience difficulties in increasing the enthusiasm for learning, and the number of children is less controlled in understanding the material on the recognition of the names of fruits and animals. Based on these problems, Ananda Islamic Kindergarten requires an interactive animation application with Adobe Flash CS6 support programs, and Photoshop, as well as a waterfall development model. With the interactive animation-based learning method for recognizing fruit and animal names, it can help teachers improve the teaching and learning process at Ananda Islamic Kindergarten, and can help children to make it easier to understand the material for recognizing the names of fruits and animals.
 
Keywords: animals and fruit, animation, adobe flash CS6

References


[1] A. Faroqi and B. Maula, “Aplikasi Multimedia Interaktif Pembelajaran Membaca ,Menulis, Berhitung (Calistung),” J. Kaji. Islam. Sains dan Teknol., vol. VIII, no. 2, pp. 229–245, 2014.
[2] S. Hidayah, S. Wahyuni, and H. M. Ani, “Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif dengan Aplikasi Adobe Flash CS6 Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Kompetensi Dasar Menganalisis Peran, Fungsi dan Manfaat Pajak (Studi Kasus Siswa Kelas XI IPS 1 MAN 1 Jember Semester Genap Tahun Ajaran 2016,” J. Pendidik. Ekon. J. Ilm. Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekon. dan Ilmu Sos., vol. 11, no. 1, pp. 117–123, 2017.
[3] T. Nurrita, “Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa,” J. Misykat, vol. 03, no. 01, p. 171, 2018.
[4] I. D. Lesmono and Mulyadi, “Perancangan Animasi Interaktif Pengenalan Peta Indonesia Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak Sekolah Dasar,” EVOLUSI J. Sains dan Manaj., vol. 7, no. 2, pp. 43–52, 2019.
[5] D. Novaliendry, “Aplikasi Game Geografi Berbasis Multimedia Interaktif (Studi Kasus Siswa Kelas IX SMPN 1 RAO),” J. Teknol. Pendidik., vol. 6, no. 2, pp. 106–118, 2013.
[6] Munir, Multimedia Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2012.
[7] Erdisna and A. Rahman, “Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia Untuk Taman Kanak-Kanak Menggunakan Adobe Flash CS3,” J. KomTekInfo Fak. Ilmu Komput., vol. 2, no. 1, pp. 25–33, 2015.
[8] B. Pratiwi and Herlawati, “Animasi Interaktif Pengenalan Pembelajaran Sistem Peredaran Darah Pada SD Widya Bhakti Bekasi,” Bina Insa. ICT J., vol. 2, no. 1, pp. 15–32, 2015.
[9] K. Firmantoro, Anton, and E. R. Nainggolan, “Animasi Interaktif Pengenalan Hewan Untuk Pendidikan Anak Usia Dini,” J. Techno Nusa Mandiri, vol. 13, no. 2, pp. 14–22, 2016.
[10] A. S. Sadiman, R. Rahardjo, A. Haryono, and Rahardjito, Media Pendidikan : Pengertian, pengembangan, dan pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Press, 2011.
[11] M. Muslihudin, “Sistem Informasi Penjualan Batik Basurek Berbasis Web pada Basurek Collection Bengkulu,” J. TAM (Technology Accept. Model., vol. 1, pp. 59–62, May 2017.

Published
2020-12-21
How to Cite
KUSUMA, Donny Perdana; WICAKSONO, Harjunadi. Animasi Interaktif Pengenalan Nama-Nama Buah dan Hewan Pada TK Islam Ananda Di Bekasi. INFORMATION SYSTEM FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS : Journal of Information System, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 91 – 100, dec. 2020. ISSN 2548-3587. Available at: <http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/ISBI/article/view/1432>. Date accessed: 14 apr. 2021.