Sistem Informasi Taman Pengasuhan Anak (SiTamPAn) Berbasis Web Pada Kementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat

  • Ajeng Dwi Cahyani
  • Nurmalasari Nurmalasari

Abstract

Abstrak: Teknologi informasi yang telah berkembang dengan pesat memungkinkan semua orang dari penjuru dunia dapat dengan mudah mengakses informasi yang mereka butuhkan dalam waktu singkat terutama dalam dunia bisnis. Hasil pengamatan dilakukan pada Taman Pengasuhan Anak (TPA) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Sistem informasi yang terdapat pada TPA ini masih dilakukan secara manual, mulai dari informasi, pendaftaran pada saat orangtua mendaftarkan anaknya ke TPA sampai kurang memantaunya orangtua pada kegiatan anak selama orangtua bekerja dikantor, sehingga sistem informasi ini memungkinkan pada saat proses berlangsung terjadi kesalahan dalam proses pencatatan dan juga kurang akuratnya laporan yang dibuat serta jangkauan yang sangat terbatas. Dengan pembangunan Sistem Informasi Taman Pengasuhan Anak ini maka sistem informasi pada Taman Pengasuhan Anak (TPA) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat akan menjadi lebih efektif, efisien dan juga mempermudah orangtua agar bisa bekerja lebih maksimal tanpa harus khawatir dengan keadaan anak yang ditinggalkan oleh orantua selagi bekerja.
Kata Kunci: Sistem Informasi, Taman Pengasuhan Anak, Web
Abstract: Information technology has grown rapidly enable everyone from the world can easily access the information they need in a short time, especially in the business world. Observations on Garden Child Informations System of the Ministry Public Works and Housing. System information contained in the landfill is still done manually, ranging from information, registration when parents enroll their children into the landfill to less monitor parents on children's activities for parents working at the office, so that this information system allows during the process there was an error in the recording process and also the lack of accurate reports made as well as a very range limited. With this website, the information system on Garden Child Information System of the Ministry Public Works and Housing will become more effective, efficient and also facilitate parents to be able to work more optimally without having to worry about the situation of children abandoned by one parent against the run.
Keywords: Information Systems, Park Childcare, Web.

References

Suyatno B, Supinah, Metodologi penelitian sosial, cet.6, (Jakarta: kencana, 2011), hlm. 295.

Fernando K. 2015. Pembuatan Sistem Infromasi Taman Penitipan Anak Dan Sanggar Kreativitas Universitas Surabaya. Vol.4 No.1.

Laudon, KC, Jane LC. 2008. Sistem Informasi Manajemen. Edisi Ke-10, Cetakan Ke-1. Jakarta : Salemba Empat.

Rosa AS, Shalahuddin M. 2013. Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: Informatika.

Rizky S. 2011. Konsep Dasar Rekayasa Perangkat Lunak. Jakarta: Prestasi Pustaka

Malinton S. 2013. Studi Tentang Pelayanan Anak Di Taman Penitipan Anak Puspa WIjaya I Tenggarong. eJournal Sosiatri-Sosiologi

Wiajayanti R. 2015. Analisis Perilaku konsumen Pindah Pelayanan Pada Penitipan Anak. Jurnal PPKM III. ISSN: 2354-869X.

Janner S, Iman P. 2010.Basis Data. Yogyakarta: Andi Offset.

Sujiono, Nurani Y. 2011. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.

Wulandari, Lestari T.2013. Desain dan Perancangan Sistem Informasi Akademik Pada STMIK Ubudiyah Indonesia Banda Aceh. Diambil dari :http://lppm.stikesubudiyah.ac.id/jurnal/Lestari_Wulandari.T-twl-lestari_wulandari_mi.pdf.
Published
2016-12-01
How to Cite
CAHYANI, Ajeng Dwi; NURMALASARI, Nurmalasari. Sistem Informasi Taman Pengasuhan Anak (SiTamPAn) Berbasis Web Pada Kementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat. INFORMATION SYSTEM FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS : Journal of Information System, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 67-84, dec. 2016. ISSN 2548-3587. Available at: <https://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/ISBI/article/view/173>. Date accessed: 04 may 2024.