Peningkatan Kinerja Pelayanan Pasien Untuk Meminimalkan Antrian dengan Waiting Line Method

  • Ridwansyah Ridwansyah Teknik Informatika; STMIK Nusa Mandiri Jakarta

Abstract

Abstrak: Masalah antrian sering terjadi dalam kegiatan sehari-hari seperti pada antrian pasien rumah sakit, pasien yang datang memiliki pola kedatangan dengan disiplin antrian yang daftar pertama akan dilayani pertama (First In First Out). Meningkatnya jumlah pasien yang ada pada saat ini akan membuat antrian yang panjang dalam proses pendaftaran maupun pemeriksaan dan akan menyebabkan kejenuhan pasien yang nantinya akan membatalkan pendaftaran atau pemeriksaan. Oleh Karena itu untuk mempercepat proses antrian pasien dibutuhkan suatu aplikasi untuk dapat mengatasi antrian panjang, Dengan adanya aplikasi pendaftaran dan pemeriksaan pasien berdasarkan dari hasil waiting line method tidak ada lagi antrian panjang dan memakan waktu yang lama.
Kata kunci: antrian, pelayanan, peningkatan kinerja, waiting line.
 
Abstract: Problems a queue often the case in daily activities as on queue hospital patients, Patients attending having a pattern the arrival of With discipline a queue one who lists first be served first. An increase in the number of patients that existing at the present time will make queue forever a long in the process of registration and examination and will cause surfeit patients which will be cancel registration or examination. Hence to speed up the process a queue patients is required a application to solve long queues, With available application the registration and examination patients based on from the waiting line method No more long queues and feed on a long time.
Keywords: performance improvement, queue, service, waiting line.

Author Biography

Ridwansyah Ridwansyah, Teknik Informatika; STMIK Nusa Mandiri Jakarta
Teknik Informatika; STMIK Nusa Mandiri Jakarta
Published
2017-06-01
How to Cite
RIDWANSYAH, Ridwansyah. Peningkatan Kinerja Pelayanan Pasien Untuk Meminimalkan Antrian dengan Waiting Line Method. INFORMATION SYSTEM FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 167 – 174, june 2017. ISSN 2548-3587. Available at: <http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/ISBI/article/view/387>. Date accessed: 18 nov. 2017.