Sistem Informasi Pelayanan Jasa Service Pada Bengkel Cipta Prima Motor Cibitung

Abstract

Abstrak: Dalam Penelitian ini membahas tentang pembuatan Sistem Informasi Pelayanan Jasa Service Pada Bengkel Cipta Prima Motor Cibitung. Saat ini proses pencatatan transaksi yang ada di Bengkel Cipta Prima Motor masih menggunakan sistem manual dalam pengolahan data transaksi pelanggan. Hal ini menimbulkan penyajian data tidak berjalan dengan baik, Terdapat kesalahan penulisan keluhan pelanggan dan kekeliruan dalam penghitungan biaya servis yang menyebabkan kerugian. Dalam penelitian ini penulis ingin membangun sebuah sistem informasi untuk membantu kasir dalam melayani pelanggan saat service kendaraan. Metode pengembangan dan penelitian ini adalah SDLC dengan model waterfall dan disertai dengan analisis SWOT serta analisa kelayakan TELOS. Hasil dari perancangan ini diharapkan dapat dibangun sistem informasi pelayanan jasa service yang mampu melayani pelanggan dengan cepat dan akurat.
 
Kata kunci: Service, Sistem Informasi, Waterfall
 
Abstract: In this study discusses about the manufacture of Service Information Systems Service Service in Bengkel Cipta Prima Motor Cibitung. Currently the process of recording transactions in Bengkel Cipta Prima Motor still use manual system in customer transaction data processing. This results in the data presentation not working properly, there is a customer misconduct error and a mistake in calculating the service charge causing the loss. In this study the authors want to build an information system to help the cashier in serving customers when service vehicles. The method of development and research is SDLC with waterfall model and is accompanied by SWOT analysis and TELOS Feasibility analysis. The results of this design is expected to be built information service system service services capable of serving customers quickly and accurately.
 
Keywords: Information System, Service, Waterfall

Author Biographies

Aera Santiana, Sistem Informasi; STMIK Bina Insani
Sistem Informasi; STMIK Bina Insani
Herlawati Herlawati, Sistem Informasi; STMIK Bina Insani
Sistem Informasi; STMIK Bina Insani
Published
2018-06-01
How to Cite
SANTIANA, Aera; HERLAWATI, Herlawati. Sistem Informasi Pelayanan Jasa Service Pada Bengkel Cipta Prima Motor Cibitung. INFORMATION SYSTEM FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 201 – 214, june 2018. ISSN 2548-3587. Available at: <http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/ISBI/article/view/945>. Date accessed: 15 dec. 2018.