TY - JOUR AU - Sofica, Verra AU - Hidayat, Darisma PY - 2018/06/01 TI - Metode Waterfall Pada Aplikasi Bimbingan Konseling SMK Nurjamilah Bekasi JF - INFORMATICS FOR EDUCATORS AND PROFESSIONAL : Journal of Informatics; Vol 2 No 2 (2018): INFORMATICS FOR EDUCATORS AND PROFESSIONAL : JOURNAL OF INFORMATICS (Juni 2018) KW - N2 - Abstrak : Guru memiliki peran untuk memberikan bimbingan dan konseling kepada siswa sehingga dapat mendukung perkembangan aspek-aspek pribadi, sosial, karir, dan akademik peserta didik. Penelitian ini bertujuan membuat sebuah aplikasi pengisian laporan untuk bimbingan dan konseling berbasis web dengan metode Waterfall. Penelitian dilakukan di SMK Nurjamilah Bekasi.  Permasalahan yang ada pada SMK Nurjamilah Bekasi  terdapat masalah dimana laporan bimbingan konseling masih menggunakan buku dan pengarsipan dokumen yang kurang efektif, maka perlu dibuat Aplikasi Bimbingan Konseling SMK Nurjamilah Bekasi Berbasis Web menggunakan metode Waterfall dan bahasa pemrograman PHP, HTML, CSS, JavaScript, MySQL sebagai perangkat lunak untuk merancang database dan Dreamwever CS6 sebagai text editor, sehingga dapat membantu mempermudah guru bimbingan konseling dalam melakukan pelaporan bimbingan dan konseling melalui aplikasi berbasis web. Selain itu kepala sekolah, guru, orang tua dapat memantau laporan melalui aplikasi web bimbingan konseling sedangkan siswa dapat melihat hasil bimbingan konseling melalui aplikasi yang dapat diakses.   Kata Kunci: Aplikasi Bimbingan Konseling, Metode Waterfall UR - https://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/ITBI/article/view/859