Metode Analisis Dan Desain Terstruktur Untuk Pengembangan Sistem Informasi Layanan Pasien

  • Rully Pramudita Teknik Informatika; STMIK Bina Insani
  • Nadya Safitri Sistem Informasi; STMIK Bina Insani

Abstract

Abstrak: Sistem Informasi Layanan Pasien merupakan suatu sistem yang yang bertujuan untuk melayani pasien dalam hal pendaftaran dan perhitungan tagihan. Untuk mengoptimalkan pelayanan yang diberikan kepada pasien maka dibutuhkan sebuah pengembangan sistem yang terkomputerisasi serta terancang dengan baik. Sehingga dapat memperbaiki sistem yang telah ada saat ini dalam hal pencatatan registrasi, pembatalan registrasi, perubahan registrasi serta  proses perhitungan tagihan. Analisis dilakukan berdasarkan sistem yang ada sebelumnya dan merancang ulang untuk memperbaikinya. Pengembangan sistem menggunakan metode SSADM (Structured System Analysis and Design Method). Hasil akhir dari analisis dan perancangan sistem yaitu sebuah rancangan sistem yang dapat diimplementasikan ke dalam pelaksanaan layanan pasien di rumah sakit.
 
Kata kunci: Informasi, Layanan, Pasien, Sistem, Structured System Analysis and Design Method
 
Abstract: Patient Service Information System is a system that aims to serve patients in terms of registration and billing calculations. To optimize the services provided to patients, it requires a computerized and well-designed development system. So that it can improve the existing system in terms of registration registration, registration cancellation, registration changes and bill calculation process. Analysis is carried out based on an existing system and redesign to improve it. System development using the SSADM (Structured System Analysis and Design Method) method. The final result of system analysis and design is a system design that can be implemented into the implementation of patient services at the hospital.
 
Keywords: Information, Patients, Services, Structured System Analysis and Design Method, Systems

Author Biographies

Rully Pramudita, Teknik Informatika; STMIK Bina Insani
Teknik Informatika; STMIK Bina Insani
Nadya Safitri, Sistem Informasi; STMIK Bina Insani
Sistem Informasi; STMIK Bina Insani
Published
2018-12-03
How to Cite
PRAMUDITA, Rully; SAFITRI, Nadya. Metode Analisis Dan Desain Terstruktur Untuk Pengembangan Sistem Informasi Layanan Pasien. INFORMATICS FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 89 - 98, dec. 2018. ISSN 2548-3412. Available at: <http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/ITBI/article/view/1028>. Date accessed: 24 may 2019.