Aplikasi Pembelajaran Energi Angin Berbasis Augmented Reality

  • Dadan Sukma Sistem Informasi; STMIK Bina Insani
  • Rama Adistya Nurtjahya Pamudji Manajemen Informatika; STMIK Bina Insani

Abstract

Abstrak: Salah satu mata pelajaran di dalam kurikulum sekolah dasar adalah ilmu pengetahuanalam (IPA), yaitu berhubungan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis,sehingga ilmu pengetahuan alam bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan yangberupa fakta-fakta, konsep-konsep, atau prinsip-prinsip saja tetapi juga merupakan suatuproses penemuan yang mulanya abstrak menjadi konkrit. Salah satu materi yang dipelajaridalam mata pelajaran IPA kelas IV Sekolah Dasar adalah Energi Gerak Akibat PerubahanUdara. AR (augmented reality) adalah sebuah istilah untuk lingkungan yang menggabungkandunia nyata dan dunia virtual serta dibuat oleh komputer sehingga batas antara keduanyamenjadi sangat tipis. Dengan memanfaatkan teknologi AR (augmented reality) maka aplikasipembelajaran gerak pesawat dapat disimulasikan kedalam bentuk 3D sehingga gerak pesawatdan kincir angin tersebut dapat terlihat lebih nyata. Aplikasi ini dirancang dengan pemodelanUML (Unified Modelling Language) yang terdiri dari Use Case Diagram dan Activity Diagram,serta Storyboard dengan diimplementasikan menggunakan Adobe Flash CS6. Aplikasi inidiharapkan dapat dapat meningkatkan pemahaman siswa serta membuat pembelajaranmenjadi lebih kreatif dan interaktif.Kata kunci: Augmented Reality, Energi Gerak Akibat Perubahan Udara, Pesawat terbang.Abstract: One of the subjects in the elementary school curriculum is natural science, which isrelated to how to find out about nature systematically, so that natural science is not only themastery of a collection of knowledge in the form of facts, concepts, Principle but also a processof discovery which was initially abstract to concrete. One of the materials studied in the sciencesubjects of class IV Primary School is Motion Energy Due to Air Changes. AR (augmentedreality) is a term for the environment that combines the real world and the virtual world and ismade by the computer so the boundary between the two becomes very slim. By utilizing AR(augmented reality) technology, aircraft motion learning application can be simulated into 3Dform so that the aircraft and windmill can be seen more real. This application is designed withUML modeling (Unified Modeling Language) which consists of Use Case Diagram and ActivityDiagram, and Storyboard with implemented using Adobe Flash CS6. This application isKeywords: Augmented Reality, Motion Energy Due to Air Changes, Aircraft

Author Biographies

Dadan Sukma, Sistem Informasi; STMIK Bina Insani
Sistem Informasi; STMIK Bina Insani
Rama Adistya Nurtjahya Pamudji, Manajemen Informatika; STMIK Bina Insani
Manajemen Informatika; STMIK Bina Insani
Published
2017-06-01
How to Cite
SUKMA, Dadan; PAMUDJI, Rama Adistya Nurtjahya. Aplikasi Pembelajaran Energi Angin Berbasis Augmented Reality. INFORMATICS FOR EDUCATORS AND PROFESSIONAL : Journal of Informatics, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 91 – 202, june 2017. ISSN 2548-3412. Available at: <https://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/ITBI/article/view/377>. Date accessed: 20 apr. 2024.