Metode Waterfall Pada Aplikasi Bimbingan Konseling SMK Nurjamilah Bekasi

  • Verra Sofica Teknik Informatika, STMIK Nusa Mandiri Jakarta
  • Darisma Hidayat Manajemen Informatika, AMIK BSI Bekasi

Abstract

Abstrak: Guru memiliki peran untuk memberikan bimbingan dan konseling kepada siswa sehingga dapat mendukung perkembangan aspek-aspek pribadi, sosial, karir, dan akademik peserta didik. Penelitian ini bertujuan membuat sebuah aplikasi pengisian laporan untuk bimbingan dan konseling berbasis web dengan metode Waterfall. Penelitian dilakukan di SMK Nurjamilah Bekasi.  Permasalahan yang ada pada SMK Nurjamilah Bekasi  terdapat masalah dimana laporan bimbingan konseling masih menggunakan buku dan pengarsipan dokumen yang kurang efektif, maka perlu dibuat Aplikasi Bimbingan Konseling SMK Nurjamilah Bekasi Berbasis Web menggunakan metode Waterfall dan bahasa pemrograman PHP, HTML, CSS, JavaScript, MySQL sebagai perangkat lunak untuk merancang database dan Dreamwever CS6 sebagai text editor, sehingga dapat membantu mempermudah guru bimbingan konseling dalam melakukan pelaporan bimbingan dan konseling melalui aplikasi berbasis web. Selain itu kepala sekolah, guru, orang tua dapat memantau laporan melalui aplikasi web bimbingan konseling sedangkan siswa dapat melihat hasil bimbingan konseling melalui aplikasi yang dapat diakses.
 
Kata Kunci: Aplikasi Bimbingan Konseling, Metode Waterfall

Author Biographies

Verra Sofica, Teknik Informatika, STMIK Nusa Mandiri Jakarta
Teknik Informatika, STMIK Nusa Mandiri Jakarta
Darisma Hidayat, Manajemen Informatika, AMIK BSI Bekasi
Manajemen Informatika, AMIK BSI Bekasi
Published
2018-06-01
How to Cite
SOFICA, Verra; HIDAYAT, Darisma. Metode Waterfall Pada Aplikasi Bimbingan Konseling SMK Nurjamilah Bekasi. INFORMATICS FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 125 - 134, june 2018. ISSN 2548-3412. Available at: <http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/ITBI/article/view/859>. Date accessed: 16 oct. 2018.