Metode Waterfall Pada Aplikasi Perpustakaan SMA PGRI Jasinga

  • Verra Sofica Teknik Informatika; STMIK Nusa Mandiri Jakarta
  • Efa Fahmi Fahrudin Sistem Informasi; Universitas Bina Sarana Informatika

Abstract

Abstrak: Perpustakaan sekolah merupakan salah satu fasilitas yang disediakan oleh sekolah sebagai pendukung dan penunjang proses kegiatan belajar mengajar bagi para siswa. Keberadaan sebuah perpustakaan sangat membantu untuk menambah atau meningkatkan pengetahuan dan wawasan bagi para siswa di sekolah. Salah satu langkah yang diterapkan untuk meningkatkan citra perpustakaan dengan menerapkan teknologi  informasi dengan cara membangun sebuah sistem informasi perpustakaan sekolah. Penelitian dilakukan di SMA PGRI Jasinga. Permasalahan yang ada pada SMA PGRI Jasinga, perpustakaan yang berjalan  masih menggunakan sistem manual atau konfensional, dimana cara pencarian, pendataan buku, pendaftaran anggota, proses peminjaman dan proses pengembalian buku masih menggunakan buku fisik sebagai media pencatatannya sehingga dapat menghambat dalam proses pencatatan data, pencarian data, dan pembuatan laporan diantaranya laporan anggota, buku, peminjaman dan pengembalian buku dan denda, maka perlu dibuatkan suatu aplikasi perpustakaan secara komputerisasi sebagai alat bantu dalam pengolahan data. Aplikasi perpustakaan menggunakan pendekatan Waterfall, bahasa pemrograman menggunakan Java, software yang digunakan Netbeans 8.1, database menggunakan Mysql, sedangkan laporan menggunakan IReport. Manfaat dari penelitian ini data saling terintegrasi sehingga dapat mempermudah petugas dalam memproses registrasi anggota, penginputan data buku, peminjaman dan pengembalian buku dengan cara yang lebih efisien dan menghemat tempat dalam penyimpanan data, memudahkan dalam pencarian data buku, anggota, peminjaman buku, pengembalian buku dan melihat laporan anggota, buku, peminjaman, pengembalian, dan denda.
 
Kata Kunci: Aplikasi Perpustakaan, Metode Waterfall, Netbeans 8.1  
 
Abstract: The school library is one of the facilities provided by the school as a supporter and supporter of the process of teaching and learning activities for students. The existence of a library is very helpful to increase or increase knowledge and insight for students in school. One of the steps applied to improve the image of the library by applying information technology by building a school library information system. The study was conducted at the Jasinga PGRI High School. The problems that exist in the PGRI Jasinga High School, the current library still uses a manual or conventional system, where the search method, book collection, member registration, borrowing process and book return process still use physical books as a recording medium so that it can hamper the data recording, search data, and making reports including member reports, books, borrowing and returning books and fines, it is necessary to make a computerized library application as a tool for data processing. The library application uses the Waterfall approach, the programming language uses Java, the software used by Netbeans 8.1, the database uses Mysql, while the report uses IReport. The benefits of this study are integrated data so that it can facilitate officers in processing member registration, inputting book data, borrowing and returning books in a more efficient way and saving space in storing data, making it easier to search book data, members, borrowing books, returning books and view member reports, books, loans, returns, and fines.
 
Keywords: Library Application, Netbeans 8.1, Waterfall Method
 

Author Biographies

Verra Sofica, Teknik Informatika; STMIK Nusa Mandiri Jakarta
Teknik Informatika; STMIK Nusa Mandiri Jakarta
Efa Fahmi Fahrudin, Sistem Informasi; Universitas Bina Sarana Informatika
Sistem Informasi; Universitas Bina Sarana Informatika
Published
2018-12-03
How to Cite
SOFICA, Verra; FAHRUDIN, Efa Fahmi. Metode Waterfall Pada Aplikasi Perpustakaan SMA PGRI Jasinga. INFORMATICS FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 1 - 10, dec. 2018. ISSN 2548-3412. Available at: <http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/ITBI/article/view/979>. Date accessed: 24 may 2019.