Lokasi, Harga dan Kualitas Pelayanan Berpengaruh Terhadap Keputusan Pembelian Tiket Wisata Kampung Turis (Waterpark)

IN

  • Rizal Bakti Manajemen; Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi GICI
  • Dadan Firdaus Manajemen; Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi GICI

Abstract

Abstrak: Adapun sampel tersebut berjumlah 90 responden, dengan menggunakan analisis regresi linier berganda, Hasil uji regresi menunjukkan bahwa 34,3% faktor-faktor keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh lokasi, harga dan kualitas pelayanan sedangkan sisanya 65,7% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan variabel lokasi, harga dan kualitas pelayanan secara bersama berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan hasil analisis yaitu nilai Fhitung (16,502) > Ftabel (2,710). Hasil Uji t menunjukan bahwa variabel lokasi menunjukan hasil thitung­ (0,528) < ttabel  (1,988) dan variabel harga menunjukan hasil thitung  (1,187)  <  ttabel  (1,988) serta nilai signifikansinya di atas 0,05, maka secara parsial kedua variabel tersebut tidak berpengaruh signifikan terhadap Terhadap Keputusan Pembelian tiket Wisata Kampung Turis (Waterpark). Adapun variabel kualitas pelayanan  berpengaruh signifikan terhadap  Keputusan Pembelian tiket Wisata Kampung Turis (Waterpark) dengan hasil nilai menunjukan thitung­ (6,171) >ttabel  (1,988) Variabel yang dominan mempengaruhi Keputusan Pembelian tiket Wisata Kampung Turis (Waterpark) adalah kualitas pelayanan.
 
Kata kunci : Harga, Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian, Lokasi.
 
Abstract: As for the sample amounted to 90 respondents, by using analysis of linear regression.The results of regression test shows that 34,3% of the factors of purchase decision can be explained by the location, price and  service quality while the remaining 65,7% is explained by other factors not examined in this research. While the result of F test shows that simultant variable of location, price and service quality together have significant effect to customer satisfaction with result of analysis that is Fcount (16,502)> Ftable (2,710). The result of t test shows that the locationvariable shows the result of tcount (0,528) < ttable (1,988) and the price variable shows the result of tcount (1,187) < ttable (1,988), partially these two variables are not significantly influence the purchase decisionat Tourism Kampung Turis (Waterpark) and its significance value above 0,05. The variable service quality has  significant effect on purchase decisionat Tourism Kampung Turis (Waterpark) with the result value show tcount (6,171) >t-table (1,988). The dominant variable affect purchase decisionat Tourism Kampung Turis (Waterpark) Falkirk is the quality of service.
 
Keyword: Price, Service Quality, purchase decision, Location.

References

Agustinus. 2016. Manajemen & Strategi Pembelian. Malang (ID): Media Nusa Creative.

Herlambang S. 2014 Dasar-Dasar Marketing. Yogyakarta (ID): Gosyeng Publish.

Hurriyati R .2015. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung (ID): Alfabeta.

Kotler P., Amstrong G. 2013. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta (ID): Erlangga.

Kotler P., Keller KL. 2015. Manajemen Pemasaran. Jakarta (ID): Erlangga.

Sangaji EM., Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen. Yogyakarta (ID): ANDI Offset.

Suparyanto RW., Rosad. 2015. Manajemen Pemasaran. Bogor (ID): In Media.

Tjiptono F. 2014. Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta (ID): ANDI Offset.

Tjiptono F. 2015. Strategi Pemasaran. Edisi 4. Yogyakarta (ID): ANDI Offset.
Published
2019-12-20
How to Cite
BAKTI, Rizal; FIRDAUS, Dadan. Lokasi, Harga dan Kualitas Pelayanan Berpengaruh Terhadap Keputusan Pembelian Tiket Wisata Kampung Turis (Waterpark). JURNAL ADMINISTRASI KANTOR, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 151-160, dec. 2019. ISSN 2527-9769. Available at: <http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/JAKBI/article/view/1216>. Date accessed: 04 apr. 2020.