Penerapan Digital Marketing Sebagai Pendukung Sociopreneur Teh Bunga Telang (Butterfly Pea Tea)

IN

Abstract

Abstrak: Pengembangan kegiatan sociopreneur merupakan kegiatan wirausaha yang tidak semata-mata mencarai keuntungan atau profit, tetapi juga memiliki dan mampu menyelesaikan masalah sosial di masyarakat. Kegiatan sociopreneur sudah mulai berkembang dan mampu meningkatkan perekonomian keluarga dan masyarakat. Konsep Pemasaran sociopreneur sebagai disiplin ilmu yang mempelajari tentang nilai sklll, dan perilaku seseorang dalam menghadapi permasalah bisnis yang dilakukan. Dalam mengembangankan dan inovasi sociopreneur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan digital marketing sebagai pendukung sociopreneur dalam meningkatkan penjualan produk teh bunga telang (butterfly pea tea). Penelitian menggunakan teknik analisa deskritif kualitatif dengan melakukan interview langsung dengan pelaku sociopreneur dan melakukan observasi lapangan. Penelitian dilakukan untuk mengkaji dan analisa pelaku sociopreneur roemah jelita dalam memproduksi teh bunga telang (butterfly pea tea) sebagai teh herbal dan penerapan digital marketing untuk penjualan produknya. Hasil analisa Penerapan digital marketing yang diterapkan oleh Roemah Jelita yaitu menggunakan media sosial seperti Instragram, shopee, tokopedia, whatsApp dan chanel youtube cukup murah biayanya. Penerapan digital marketing memberikan dampak yang efektif dalam mendapatkan konsumen dan mampu meningkatkan penjualan. Dampak lain adalah mengangkat citra kegiatan sociopreneur yang mampu memberikan peluang dan inovasi dalam dunia bisnis.
 
Kata kunci: digital marketing. sociopreuner, teh herbal, bunga telang.
 
Abstract: The development of sociopreneur activities is an entrepreneurial activity that does not merely seek profit or profit, but also has and is able to solve social problems in the community. Sociopreneur activities have begun to develop and are able to improve the economy of families and communities. The concept of marketing sociopreneur as a discipline that studies the value of science, and one's behavior in dealing with business problems is carried out. In developing and innovating sociopreneur. The purpose of this study was to determine the application of digital marketing as a supporter of sociopreneur in increasing sales of butterfly pea tea products. The study uses qualitative descriptive analysis techniques by conducting direct interviews with sociopreneurs and conducting field observations. The study was conducted to study and analyze the weaker sociopreneurs in producing butterfly pea tea as herbal tea and the application of digital marketing for the sale of its products. The results of the analysis of the application of digital marketing implemented by Roemah Jelita that is using social media such as Instragram, Shopee, Tokepedia, WhatsApp and Youtube channels is quite cheap. The cost of digital marketing has an effective impact in getting consumers and able to increase sales. Another impact is lifting the image of sociopreneur activities that are able to provide opportunities and innovation in the business world. Keywords: diigital markekting, sociopreneur, herbal tea, butterfly pea

References

Daengs A., Farouq A. 2016. Brand Equity on Brand Image of Tourism Object in Surabaya. Proceeding International Universitas Muhammadiyah Jakarta. 1 (1). 287-293.

Kotler P. 2012. Manajemen Pemasaran edisi 12. Jakarta: Indeks.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Surniandari A, et al. 2018. Social Media sebagai Pendukung Inovasi Sociopreneur di Era Disruptif. Seminar Nasional dan Tren (Prosiding SNIT).

Syah H. 2010. Pengantar Umum Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Verivikatif. Pekan Baru: Suska Pres.

Tan WL., William J., Tan TM. 2005. Defining The Social Entrepreneurship: Alturism And Entrepreneurship. International And Management Journal.

Widiawati K., Shalahuddin. 2019. Pemberdayaan Lansia Untuk Peningkatan Perekonomian Melalui Sociopreneur Ibu-Ibu PKK. Jurnal Ikraith-Abdimas. 2 (3). 108-118.

http://rri.co.id/post/berita/651422/ekonomi/jumlah_wirausaha_di_indonesia_tembus_8_juta_jiwa.html diakses tanggal 7 Oktober 2019.

https://www.kominfo.go.id/content/detail/9503/peluang-besar-jadi-pengusaha-di-era-digital/0/berita diakses tanggal 7 Oktober 2019.

https://republika.co.id/berita/q0ye22291/tekankan-pemberdayaan-emsociopreneurem-pada-pemuda-indonesia diakses tanggal 7 Oktober 2019.
Published
2019-12-20
How to Cite
WIDIAWATI, Kristiana. Penerapan Digital Marketing Sebagai Pendukung Sociopreneur Teh Bunga Telang (Butterfly Pea Tea). JURNAL ADMINISTRASI KANTOR, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 215-224, dec. 2019. ISSN 2527-9769. Available at: <http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/JAKBI/article/view/1247>. Date accessed: 26 sep. 2020.