ANALISA FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INITIAL RETURN SETELAH INITIAL PUBLIC OFFERING (IPO)

  • Antono Gautama
  • Lanang Diayudha
  • Veny Anindya Puspitasari

Abstract

Terdapat dua fenomena yang terjadi pada harga saham setelah IPO yaitu underpricing dan overpricing. Fenomena underpricing merupakan kejadian dimana harga saham perusahaan melonjak pada hari pertama perdagangan di pasar sekunder. Underpricing sering dikaitkan dengan initial return yang akan diterima oleh investor atau pemegang saham. Initial return merupakan keuntungan yang diterima oleh investor yang berasal dari selisih antara harga perdana suatu saham dengan harga pada saat di pasar sekunder. Sementara itu overpricing merupakan kejadian dimana harga saham menurun pada hari pertama pedagangan di pasar sekunder. Penelitian bertujuan untuk melihat faktor-faktor yang mempengaruhi underpricing saham-saham setelah IPO. Data yang digunakan merupakan data sekunder yang bersumber pada Bursa Efek Indonesia (BEI). Data mengenai harga penawaran atau H-1 di dapat dari e-bursa.com. Data mengenai underwriter, umur perusahaan, dan ukuran perusahaan diambil dari prospektus yang didapat dari Bursa Efek Indonesia (BEI). Sedangkan data-data mengenai keuangan perusahaan di ambil dari laporan keuangan perusahaan yang didapat dari BEI. Sampel perusahaan ini adalah perusahaan yang melakukan IPO pada tahun 2011-2013, memiliki rasio-rasio keuangan yang lengkap, dan perusahaan yang menggunakan mata uang Rupiah dalam laporan keuangannya. Untuk menganalisis perusahaan dalam penelitian ini menggunakan model regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ukuran perusahaan, ROA, reputasi underwriter, EPS, DER, umur perusahaan tidak terbukti berpengaruh terhadap initial return baik secara parsial maupun secara simultan.

References

Basana, S. R. 2004. Problema Anomali Dalam Initial Public Offering (IPO). Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 5(2), 181-192.
Hendy M. Fakhruddin. 2008. Istilah Pasar Modal A-Z. Elex Media Komputindo, Jakarta.
Mohamad Samsul. 2006. Pasar Modal dan Manajemen Portofolio. Erlangga, Surabaya.
Priyatno, D. 2013. Analisis Korelasi, Regresi dan Multivariate dengan SPSS. Gave Media, Jakarta.
Stefi Gabriela. 2013. Analisa Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Initial Return Estela Initial Public Offering (IPO). FINESTA Vol.1, No.2, 67-72.
Suad Husnan. 2005. Dasar-Dasar Teori Portofolio dan Analisis Sekuritas Edisi
Kelima. BPFE, Yogyakarta.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta, Bandung.
Sunyoto. 2011. Analisis Regresi dan Uji Hipotesis. Caps, Yogyakarta. Undang-Undang Pasar Modal Nomor 8 tahun 1995.
Published
2015-08-01
How to Cite
GAUTAMA, Antono; DIAYUDHA, Lanang; PUSPITASARI, Veny Anindya. ANALISA FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INITIAL RETURN SETELAH INITIAL PUBLIC OFFERING (IPO). Jurnal Administrasi Kantor Bina Insani, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 539-550, aug. 2015. ISSN 2527-9769. Available at: <http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/JAKBI/article/view/248>. Date accessed: 21 oct. 2018.

Keywords

initial return, underpricing, regresi liner berganda