Peningkatan Motivasi Belajar Dipengaruhi Oleh Lingkungan Kampus

  • Hanif Aulawi Manajemen Administrasi; Akademik Sekretari dan Manajemen Bina Insani

Abstract

Abstrak: Kegiatan belajar mengajar dapat dukung oleh kondisi lingkungan yang nyaman. Nyaman dalam artian proses transfer ilmu bisa berjalan lancar tanpa suatu hambatan apapun. Penelitian ini adalah adaptasi dari penelitian yang telah dilakukan sebelumnya oleh Naibaho dkk (2010) tentang pengaruh lingkungan kampus terhadap motivasi belajar mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk faktor apa sajakah dalam hal lingkungan kampus yang paling memengaruhi mahasiswa dalam meningkatkan motivasi belajar di kampus. 68 mahasiswa Perguruan Tinggi Bina Insani diminta untuk mengisi kuesioner dengan cara memberikan ranking 1 sampai dengan 9 pada kolom disampin kolom variabel. Semakin besar angka ranking yang diberikan pada variabel, artinya semakin penting variabel tersebut dapat memengaruhi motivasi belajar mahasiswa dikampus. Kesembilan variabel tersebut adalah ukuran kelas, tata letak kelas, kebersihan kampus, fasilitas internet, fasilitas perpustakaan, suhu udara, tingkat kebisingan, hubungan antar siswa, hubungan mahasiswa dengan dosen. Hasil penelitian menghasilkan urutan ranking variabel tersebut yang paling besar hingga paling kecil adalah hubungan antara mahasiswa dengan dosen, fasilitas internet kampus, hubungan antar mahasiswa, fasilitas perpustakaan, suhu udara kelas, kebersihan kampus, tingkat kebisingan suara, tata letak kelas, ukuran kelas
 
Kata Kunci: Bina Insani, lingkungan kampus, mahasiswa, motivasi.
 
Abstract: Teaching and learning activities can be supported by comfortable environmental conditions. Comfortable in the sense that the transfer of science can go smoothly without any obstacles. This research is an adaptation of research that has been done before by Naibaho et al (2010) about the influence of the campus environment on student learning motivation. The purpose of this study is to what factors in terms of campus environment that most affect students in improving motivation to learn on campus. 68 students of Bina Insani Higher Education were asked to fill out the questionnaires by ranking 1 through 9 in the column of the variable column. The greater the ranking number given to the variable, meaning the more important the variable can affect student learning motivation dikampus. The nine variables are class size, classroom layout, campus cleanliness, internet facility, library facilities, air temperature, noise level, inter-student relationship, student relationship with lecturer. The results of this study resulted in the rank order of the largest variables to the smallest is the relationship between students with lecturers, campus internet facilities, student relationships, library facilities, classroom air temperature, campus cleanliness, noise level, class layout, class size
 
Keywords : Bina Insani, campus environment, collage student, motivation.

Author Biography

Hanif Aulawi, Manajemen Administrasi; Akademik Sekretari dan Manajemen Bina Insani
Manajemen Administrasi; Akademik Sekretari dan Manajemen Bina Insani
Published
2017-06-01
How to Cite
AULAWI, Hanif. Peningkatan Motivasi Belajar Dipengaruhi Oleh Lingkungan Kampus. Jurnal Administrasi Kantor, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 115-122, june 2017. ISSN 2527-9769. Available at: <http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/JAKBI/article/view/426>. Date accessed: 18 nov. 2017.