Kemahiran Sekretaris Dalam Menyusun Surat

  • Margaretha Sri Udari Sekretari, Akademi Sekretari Budi Luhur

Abstract

Abstrak: Walaupun saat sini kehadiran alat komunikasi sudah banyak dan memberi  harapan yang sangat tinggi terhadap kemudahan, ketelitian, dan ketepatan untuk mengakses informasi, namun surat masih dipakai alat komunikasi yang mempunyai daya guna tinggi. Surat masih dipergunakan sebagai perangkat untuk menggantikan suatu badan korporasi, perangkat pengingat, bukti tertulis, bukti sejarah, dan sebagai alat pembuktian. Di lain pihak, kemajuan alat komunikasi memunculkan pandangan yang buruk terhadap keberadaan sekretaris apabila untuk mendapatkan informasi dan menyampaikan informasi dapat dilakukan dengan alat komunikasi tanpa melalui surat dan bahkan tanpa melalui adanya seorang sekretaris. Pada kenyataannya, hingga saat ini surat masih mempunyai peran yang cukup penting dalam kegiatan bisnis maupun dalam masalah-masalah kedinasan. Berbagai informasi dan transaksi disampaikan oleh badan korporasi atau oleh perorangan dengan menggunakan surat sebagai alat komunikasi tertulis yang menghubungkan antara dua pihak atau lebih. Surat juga merupakan duta badan korporasi yang mencerminkan keberadaan dari pihak pengirim baik badan korporasi maupun perorangan. Berdasarkan informasi dari berbagai sumber yang penulis peroleh, surat yang disajikan secara baik dan selaras dengan isi yang mudah untuk dipahami selain bentuk yang menarik. Seorang sekretaris professional ditutut untuk mahir dalam menyusun surat bisnis dan surat dinas yang disesuaikan dengan kemajuan teknologi di era digital. Kemahiran dalam membuat surat dapat dibagi dalam tata persuratan dan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
 
Kata kunci: surat, sekretaris, korespondesi, komunikatif
 
Abstract: Although the presence of communication devices is very high and gives very high expectations for ease, accuracy, and accuracy to access information, but the letter is still used communication devices that have high efficiency. The letter is still used as a tool to replace a corporate body, reminder device, written proof, historical evidence, and as a means of verification. On the other hand, the advancement of a communication tool raises a bad view of the existence of a secretary if to obtain information and convey information can be done by means of communication without going through a letter and even without going through a secretary. In fact, until now the letter still has an important role in business activities as well as in official matters. Various information and transactions are submitted by corporate bodies or by individuals using letters as a written communication tool connecting between two or more parties. Letters are also ambassadors of corporate bodies reflecting the presence of the senders of both corporate bodies and individuals. Based on information from various sources that the author obtained, the letters are presented well and in harmony with the contents that are easy to understand in addition to an interesting form. A professional secretary is encouraged to be proficient in preparing business letters and business letters tailored to technological advancements in the digital age.. Proficiency in making letters can be divided into good and correct Indonesian language and correct usage.
 
Keywords: letter, secretary, correspondence, communicative

Author Biography

Margaretha Sri Udari, Sekretari, Akademi Sekretari Budi Luhur
Sekretari, Akademi Sekretari Budi Luhur
Published
2017-12-20
How to Cite
UDARI, Margaretha Sri. Kemahiran Sekretaris Dalam Menyusun Surat. Jurnal Administrasi Kantor Bina Insani, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 149-156, dec. 2017. ISSN 2527-9769. Available at: <http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/JAKBI/article/view/609>. Date accessed: 21 oct. 2018.