Kesesuaian Kurikulum Bahasa Inggris Dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Di Program Studi Sekretaris ASM Bina Insani

  • Asmara Sudomo Sekretari, Akademi Sekretari dan Manajemen Bina Insani
  • Ofah Munadzdzofah Sekretari, Akademi Sekretari dan Manajemen Bina Insani

Abstract

Abstrak: Kurikulum dari program studi Administrasi Perkantoran di Bina Insani disusun untuk mencapai  target, misi, dan visi prodi tersebut.Kurikulum itu kemudian dijabarkan  untuk tiap matakuliah dalam bentuk Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dan kemudian diimplementasikan dengan menggunakan buku referensi yang dipilih. Untuk porsi matakuliah penguasaan bahasa Inggris, prodi AP memiliki total 24 sks.Di pihak pemerintah keluar sebuah standard kompetensi untuk setiap profesi termasuk bidang jasa administrasi perkantoran yang disebut dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI). Penelitian ini menggali apakah implementasi kurikulum di prodi AP Bina Insani sudah sesuai dengan apa yang dituntut dalam SKKNI dan apakah buku referensi yang digunakan menunjang pencapaiannya. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan cara pengambilan data melalui FGD dan penelitian data sekunder berupa buku referensi yang dipakai. Penelitian menyimpulkan bahwa terdapat ketidaksesuaian antara kurikulum yang dijabarkan dalam RPS dengan apa yang dituntut dalam SKKNI karena penggunaan buku referensi yang terlalu luas topiknya sehingga tidak fokus pada sisi penguasaan bahasaInggris untuk profesi sekeretaris
 
Kata kunci: buku referensi, implementasi, SKKNI.
 
Abstract: The curriculum of Office Administration/Secretary (AP) major in Bina Insani is established to reach its target, mission and vision. The set curriculum is then elaborated to reach the achievement of each subject in form of RPS (Semester Study Plan). For the English language portion, AP major has 24 credit semesters in total. During the implementation of this RPS, a set of reference books is used to achieve each target. The government, on the other hand, has established a set of standardized compentencies for each profession including the profession of office administration. This standard is called the SKKNI. This study investigated whether the English portion of AP’s curriculum in Bina Insani conforms to the SKKNI standardized by the government, and whether the reference books used supported the objectives. The methods of research is descriptive qualitative with FGD and secondary data investigation as its data collection tools. At the end, this study concluded that the curriculum does not conform to the SKKNI due to the vast range of its topic and thus does not focus on the secretarial side of English.
 
Keyword: implementation, reference book, SKKNI.
Published
2018-08-07
How to Cite
SUDOMO, Asmara; MUNADZDZOFAH, Ofah. Kesesuaian Kurikulum Bahasa Inggris Dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Di Program Studi Sekretaris ASM Bina Insani. Jurnal Administrasi Kantor Bina Insani, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 73-82, aug. 2018. ISSN 2527-9769. Available at: <http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/JAKBI/article/view/927>. Date accessed: 21 nov. 2018.