Pengembangan Produk Industri Kecil Menengah Melalui Analisis Lingkungan Pasar

  • Novita Wahyu Setyawati Manajemen; Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Abstract

Abstrak: Perubahan dan persaingan yang dinamis dalam suatu industri dapat menemukan peluang yang disesuaikan dengan kemampuan perusahaan. Peluang tersebut dapat dilakukan dengan menganalisis lingkungan baik lingkungan internal maupun lingkungan eksternal. Analisis lingkungan internal memperlihatkan apa yang seharusnya dilakukan oleh perusahaan, sedangkan analisis lingkungan eksternal dapat membantu pengusaha menentukan kebutuhan dan keinginan pasar. Sebaliknya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh lingkungan internal dan eksternal terhadap keunggulan bersaing. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey, yakni deskriptif dan eksplanatori survey. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 130 pengusaha IKM di Bekasi, Jawa Barat, yang ditentukan dengan teknik sampel yaitu proporsional cluster random sampling. Untuk menguji hipotesis penelitian digunakan statistika multivariate dengan alat uji Partial Least Square (PLS). Sedangkan untuk pengolahan data menggunakan program smart PLS 2.0 dan SPSS versi window. Hasil penelitian menunjukkan lingkungan internal dan eksternal berpengaruh terhadap keunggulan bersaing IKM secara simultan
 
Kata Kunci: Lingkungan Internal dan Eksternal, Keunggulan Bersaing.
 
Abstract: Change and dynamic competition in an industry can find opportunities that are tailored to the company's capabilities. This opportunity can be done by analyzing the environment both internal and external environment. Internal environmental analysis shows what the company should do, while external environmental analysis can help entrepreneurs determine market needs and wants. On the contrary. The purpose of this research is to analyze and find out the influence of internal and external environment on competitive advantage. The research method used is a survey method, namely descriptive and explanatory surveys. The number of respondents in this study as many as 130 SME entrepreneurs in Bekasi, West Java, which is determined by the sample technique is proportional cluster random sampling. To test the research hypothesis, multivariate statistics were used with Partial Least Square (PLS) test equipment. While for data processing using smart program PLS 2.0 and SPSS window version. The results of the study show that the internal and external environment influences the competitive advantage of IKM simultaneously.
 
Keywords: Internal and External Environment, Competitive Advantage.
Published
2018-08-10
How to Cite
SETYAWATI, Novita Wahyu. Pengembangan Produk Industri Kecil Menengah Melalui Analisis Lingkungan Pasar. Jurnal Administrasi Kantor Bina Insani, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 93-102, aug. 2018. ISSN 2527-9769. Available at: <http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/JAKBI/article/view/948>. Date accessed: 24 sep. 2018.