Evaluasi Implementasi Peranan Pengendalian Internal: Pelaksanaan Impor Sementara di Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya X

  • David Sandro Simorangkir Akuntansi; Institusi; Politeknik Keuangan Negara STAN
  • Amrie Firmansyah Akuntansi; Institusi; Politeknik Keuangan Negara STAN

Abstract

Abstrak: Arsitektur Perbankan Nasional tahun 2010 yang telah berjalan dengan  baik membuat Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan impor sementara di Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPBBC) Tipe Madya X melalui evaluasi pengendalian internal. Metode evaluasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan kualitatif melalui wawancara, observasi dan studi kepustakaan. Penelitian ini melibatkan 6 orang informan yang terdiri dari 5 pegawai dan 1 kepala seksi untuk mendapatkan informasi terkait. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Kantor Pelayanan dan Pengawasan Bea Cukai (KPPBC) Tipe Madya X telah memiliki pengurusan perizinan impor sementara yang baik, namun terdapat prosedur yang belum dilaksanakan sesuai dengan aturan. Hal lainnya adalah walaupun prosedur pelaksanaan impor sementara telah berjalan dengan baik, namun terdapat sedikit kekurangan dalam penatausahaan/ administrasi dokumen antara lain pada saat penomoran dan pengarsipan dokumen. Hal yang ketiga adalah aktivitas pengendalian internal belum sepenuhnya dilaksanakan dengan baik karena belum terdapat jaminan bahwa pengawasan dan pengendalian fisik dalam pelaksanaanya sesuai dengan izin yang telah diberikan.
 
Kata kunci: prosedur, administrasi dokumen, pengendalian internal
 
Abstract: This study was aimed to evaluate the implementation of temporary import in the Control and Service Office of Customs and Excise Medium Type X through the evaluation of internal control. Evaluation methods used in this research was using qualitative approach through interviews, observations and literature studies. The study involved six informants consisting of five employees and one head section to obtain related information. The results of this study concluded that the Office has had a good temporary import licensing, but there was a procedure not conducted in accordance with the rules. The other thing was although the implementation of the temporary import procedure has run well, but there were lack of administration documents, such as the numbering and the archiving of documents. The third was the internal control activities have not been fully implemented properly because there has been no guarantee that the supervision and control of physical implementation, according to the granted permission.
 
Keywords: procedures, administrative documents, internal control

Author Biographies

David Sandro Simorangkir, Akuntansi; Institusi; Politeknik Keuangan Negara STAN
Akuntansi; Institusi;  Politeknik Keuangan Negara STAN
Amrie Firmansyah, Akuntansi; Institusi; Politeknik Keuangan Negara STAN
Akuntansi; Institusi;  Politeknik Keuangan Negara STAN
Published
2017-06-01
How to Cite
SIMORANGKIR, David Sandro; FIRMANSYAH, Amrie. Evaluasi Implementasi Peranan Pengendalian Internal: Pelaksanaan Impor Sementara di Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya X. Jurnal Online Insan Akuntan, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 81 – 98, june 2017. ISSN 2528-0163. Available at: <http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/JIABI/article/view/433>. Date accessed: 23 nov. 2017.