%A Ikhsani, Ratna Nur %A Wijaya, Indra %D 2019 %T Dampak Pengungkapan Corporate Social Responsibility dan Ukuran Perusahaan terhadap Profitabilitas %K %X Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengungkapan corporate social responsibility dan ukuran perusahaan terhadap profitabilitas. Variabel independen dalam penelitian ini adalah pengungkapan corporate social responsibility yang diukur melalui GRI-G4 dan ukuran perusahaan yang dihitung melalui total aset. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah profitabilitas yang diukur dengan net profit margin . Sampel pada penelitian ini terdiri dari 8 Perusahaan BUMN yang terdaftar di BEI selama periode 2013-2016 yang dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Metode analisis dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa pengungkapan corporate social responsibility tidak memiliki pengaruh positif terhadap net profit margin dan ukuran perusahaan memiliki pengaruh positif terhadap net profit margin . Hasil penelitian secara simultan membuktikan bahwa corporate social responsibility dan ukuran perusahaan memiliki pengaruh positif terhadap net profit margin .   Kata K unci : corporate social responsibility , net profit margin,  ukuran perusahaan   Abstract: The research purposed to know the influence of corporate social responsibility disclosure and firm size on profitability. The independent variable in this study is corporate social responsibility disclosure measured through GRI-G4 and firm size calculated through total assets. Dependent variable in this research is profitability measured by net profit margin. The sample in this research consists of 8 state-owned companies listed on the BEI during the period 2013-2016 selected by using purposive sampling method. The method of analysis in this study is multiple linear regression analysis. Partial research results show that corporate social responsibility disclosure does not have a positive effect on net profit margin and firm size has a positive influence on net profit margin. The results simultaneously prove that corporate social responsibility and firm size have a positive influence on net profit margin.   Keywords: corporate social responsibility, firm size, net profit margin %U https://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/JMBI/article/view/1073 %J JURNAL MAHASISWA BINA INSANI %0 Journal Article %P 123-132%V 3 %N 2 %@ 2528-6919 %8 2019-02-15