Media Pembelajaran Ilmu Tajwid Berbasis Android Pada Lembaga Tahfidz Bina Santri

  • Sri Jubaedah Manajemen Informatika; STMIK Bina Insani
  • Mardi Yudhi Putra Manajemen Informatika; STMIK Bina Insani

Abstract

Abstrak: Teknologi informasi telah banyak diterapkan diberbagai bidang, tak terkecuali dalam bidang pendidikan. Berbagai model pembelajaran diterapkan agar proses pembelajaran dapat dilakukan dengan mudah, salah satunya adalah pembelajaran berbasis android. Proses belajar dan mengajar materi tajwid yang ada di lembaga tahfidz Bina Santri saat ini, kurang efektif karena keterbatasan waktu dan media pendukung, kebanyakan guru hanya menggunakan buku sebagai panduan dan menjelaskan secara ringkas sehingga siswa kesulitan dalam memahami hukum-hukum tajwid karena cara penyajian yang kurang menarik, oleh karena itu penelitian ini merancang sebuah aplikasi media pembelajaran ilmu tajwid berbasis android yang akan di terapkan pada siswa-siswi yang ada di lembaga tahfidz Bina Santri. Penelitian ini menggunakan metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle) yang terdiri dari 6 tahapan, yaitu Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing dan Distribution. Berdasarkan hasil penelitian aplikasi pembelajaran ilmu tajwid berbasis android dengan menggunakan App Inventor dengan model pengembangan MDLC (Multimedia Development Life Cycle) dapat memberikan kemudahan bagi siswa, sehingga pembelajaran menjadi lebih menarik dan tanpa adanya keterbatasan tempat dan waktu.
 
Kata kunci: Android, Media Pembelajaran, Multimedia Development Life Cycle, Ilmu Tajwid.
 
Abstract: Information technology has been widely applied in various fields, including education. Various learning models are applied so that the learning process can be done easily, one of which is android-based learning. The process of learning and teaching recitation materials available at the Bina Santri institution tahfidz at this time, is less effective due to time constraints and supporting media, most teachers only use books as a guide and explain briefly so students have difficulty understanding the recitation laws due to lack of presentation methods. Interesting, therefore this study designed an Android-based Tajweed science learning media application that will be applied to students in the Bina Santri Tahfidz Institute. This research uses MDLC (Multimedia Development Life Cycle) method which consists of 6 stages, namely Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing and Distribution. Based on the results of research on Android-based Tajweed science learning applications using App Inventor with MDLC (Multimedia Development Life Cycle) development models can provide convenience for students, so learning becomes more interesting and without the limitations of place and time.
 
Keywords: Android, Learning Media, Multimedia Development Life Cycle, Tajweed Science.

Author Biography

Sri Jubaedah, Manajemen Informatika; STMIK Bina Insani
Abstrak: Teknologi informasi telah banyak diterapkan diberbagai bidang, tak terkecuali dalam bidang pendidikan. Berbagai model pembelajaran diterapkan agar proses pembelajaran dapat dilakukan dengan mudah, salah satunya adalah pembelajaran berbasis android. Proses belajar dan mengajar materi tajwid yang ada di lembaga tahfidz Bina Santri saat ini, kurang efektif karena keterbatasan waktu dan media pendukung, kebanyakan guru hanya menggunakan buku sebagai panduan dan menjelaskan secara ringkas sehingga siswa kesulitan dalam memahami hukum-hukum tajwid karena cara penyajian yang kurang menarik, oleh karena itu penelitian ini merancang sebuah aplikasi media pembelajaran ilmu tajwid berbasis android yang akan di terapkan pada siswa-siswi yang ada di lembaga tahfidz Bina Santri. Penelitian ini menggunakan metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle) yang terdiri dari 6 tahapan, yaitu Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing dan Distribution. Berdasarkan hasil penelitian aplikasi pembelajaran ilmu tajwid berbasis android dengan menggunakan App Inventor dengan model pengembangan MDLC (Multimedia Development Life Cycle) dapat memberikan kemudahan bagi siswa, sehingga pembelajaran menjadi lebih menarik dan tanpa adanya keterbatasan tempat dan waktu.   Kata kunci: Android, Media Pembelajaran, Multimedia Development Life Cycle, Ilmu Tajwid.   Abstract: Information technology has been widely applied in various fields, including education. Various learning models are applied so that the learning process can be done easily, one of which is android-based learning. The process of learning and teaching recitation materials available at the Bina Santri institution tahfidz at this time, is less effective due to time constraints and supporting media, most teachers only use books as a guide and explain briefly so students have difficulty understanding the recitation laws due to lack of presentation methods. Interesting, therefore this study designed an Android-based Tajweed science learning media application that will be applied to students in the Bina Santri Tahfidz Institute. This research uses MDLC (Multimedia Development Life Cycle) method which consists of 6 stages, namely Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing and Distribution. Based on the results of research on Android-based Tajweed science learning applications using App Inventor with MDLC (Multimedia Development Life Cycle) development models can provide convenience for students, so learning becomes more interesting and without the limitations of place and time.   Keywords: Android, Learning Media, Multimedia Development Life Cycle, Tajweed Science.

References

Bahroni I, Purwanto R. 2018. Aplikasi Pembelajaran (E-learning) Mengenal Huruf Hijaiyah bagi Anak-anak Berbasis Mobile untuk Mendukung Pembelajaran Secara Mandiri. J. Edukasi dan Penelit. Inform. 4: 163. (23 Maret 2019)

Maarif et al. 2018. Aplikasi Pembelajaran Ilmu Tajwid Berbasis Android. Evolusi J. Sains dan Manaj. 6: 91–100. (23 Maret 2019)

Mulia H, Rahimi I, Riska E, Padang SJ, Padang SJ, Padang SJ. 2017. Aplikasi Media Pembelajaran Ilmu Tajwid Dalam. 2: 1–6. (20 April 2019)

Munir. 2012. MULTIMEDIA Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. (13 Maret 2019)

Safaat N. 2012. Android : Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android (Edisi Revisi). 1–513 p. (18 April 2019)

Sempati S. 2015. Aplikasi Pembelajaran Huruf Hijaiyah Dan Tajwid Berbasis Android Menggunakan Adobe Flash Dan Air. (2 Mei 2019)

Sudiarjo A, Mariana AR, Nurhidayat W. 2015. Aplikasi Pembelajaran Ilmu Tajwid, Waqaf dan Makharijul Huruf Berbasis Android. Sisfotek Glob. 5: 54–60. (10 Juni 2019)
Published
2019-08-26
How to Cite
JUBAEDAH, Sri; PUTRA, Mardi Yudhi. Media Pembelajaran Ilmu Tajwid Berbasis Android Pada Lembaga Tahfidz Bina Santri. JURNAL MAHASISWA BINA INSANI, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 47-58, aug. 2019. ISSN 2528-6919. Available at: <http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/JMBI/article/view/1155>. Date accessed: 20 feb. 2020.