Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Komponen Utama Mesin Mobil Berbasis Android

  • Kresna Warta Anugrah Manajemen Informatika; Universitas Bina Insani
  • Ari Nurul Alfian Manajemen Informatika; Universitas Bina Insani

Abstract

Abstrak: Media pembelajaran merupakan salah satu hal yang berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Media pembelajaran yang diterapkan di SMKN 2 Bogor khusunya media pembelajaran untuk jurusan Teknik Kendaraan Ringan masih dengan cara lama yang menyebabkan siswa sulit memahami pelajaran dan cenderung akan cepat bosan karena terlalu kompleks dan sering terjadi hilang ataupun rusak dari tiap komponen yang digunakan untuk materi ajar. Melihat hal tersebut timbul gagasan untuk mengembangkan media pembelajaran pengenalan komponen mesin bensin dengan memanfaatkan teknnologi Augmented Reality berbasis android. Dalam pengembangan ini model pengembangan yang digunakan adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC) melalui 6 (enam) tahapan yakni Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing, dan Distribution. Digunakannya model pengembangan ini karena untuk tahapannya terstruktur sesuai dengan kebutuhan dalam proses pembuatan aplikasi multimedia. Pembuatan aplikasi menggunakan software Unity 3D dan menggunakan Vuforia sebagai plugin serta pemrograman dengan bahasa C# dalam pembuatan Augmented Reality. Sedangkan untuk pembuatan user interface menggunakan CorelDraw. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi pengenalan komponen mesin bensin mampu membantu siswa untuk mengatasi sulitnya memahami materi ajar dan mengatasi permasalahan mengenai komponen yang hilang dan rusak yang digunakan sebagai materi ajar.
 
Kata Kunci: android, augmented Reality, media membelajaran, MDLC, unity 3D
 
Abstract: Learning media is one of the things that influences student learning outcomes. The learning media applied at SMKN 2 Bogor, especially the learning media for the Light Vehicle Engineering department, is still in the old way which causes students to find it difficult to understand lessons and tends to get bored quickly because it is too complex and often occurs missing or damaged from each component used for teaching materials. Seeing this, an idea emerged to develop learning media for the introduction of gasoline engine components by utilizing Android-based Augmented Reality technology. In this development the development model used is the Multimedia Development Life Cycle (MDLC) through 6 (six) stages, namely Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing, and Distribution. This development model is used because the stages are structured according to the needs in the multimedia application creation process. Making applications using Unity 3D software and using Vuforia as a plugin and programming in the C # language in making Augmented Reality. Meanwhile, for making the user interface using CorelDraw. The result of this research is an application to recognize gasoline engine components which is expected to be able to help students to overcome the difficulty of understanding teaching materials and to overcome problems regarding missing and damaged components that are used as teaching materials.
 
Keywords: android, augmented reality, learning media, MDLC, unity 3D

References

[1] Y. Suchyadi et al., “Increasing Personality Competence of Primary School Teachers, Through Education Supervision Activities in Bogor City,” J. Community Engagem., vol. 01, no. 01, pp. 20–23, 2019.
[2] R. Siregar, “Sumber Daya Manusia Dalam Pembangunan Nasional,” Pros. Semin. Nas. Tah. Fak. Ilmu Sos. Univ. Negeri Meda, no. 1, pp. 378–381, 2017.
[3] L. Pradilasari, A. Gani, and I. Khaldun, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual pada Materi Koloid Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMA,” J. Pendidik. Sains Indones., vol. 7, no. 1, pp. 9–15, 2019.
[4] T. Tafonao, “Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa,” J. Komun. Pendidik., vol. 2, no. 2, p. 103, 2018.
[5] M. E. Apriyani and R. Gustianto, “Augmented Reality sebagai Alat Pengenalan Hewan Purbakala dengan Animasi 3D menggunakan Metode Single Marker,” J. INFOTEL - Inform. Telekomun. Elektron., vol. 7, no. 1, p. 47, 2015.
[6] M. Yaumi, Media dan Teknologi Pembelajaran, 1st ed. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP, 2018.
[7] A. Satyaputra and E. M. Aritonang, Beginning Android Programming with ADT Bundle. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2014.
[8] M. Mustika, E. P. A. Sugara, and M. Pratiwi, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle,” J. Online Inform., vol. 2, no. 2, p. 121, 2018.
[9] Suendri, “Implementasi Diagram UML (Unified Modelling Language) Pada Perancangan Sistem (Studi Kasus : UIN Sumatera Utara Medan),” J. Ilmu Komput. dan Inform., vol. 3, no. 1, pp. 1–9, 2018.
[10] Y. Maulana, Jenius Membuat Mobile Edukasi Android. CV. Mobidu Sinergi, 2018.
Published
2020-08-18
How to Cite
ANUGRAH, Kresna Warta; ALFIAN, Ari Nurul. Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Komponen Utama Mesin Mobil Berbasis Android. JURNAL MAHASISWA BINA INSANI, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 21 - 32, aug. 2020. ISSN 2528-6919. Available at: <http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/JMBI/article/view/1370>. Date accessed: 20 oct. 2020.