Segmentasi, Targeting dan Positioning Produk Neo Coffee dari Wings Food untuk Pasar Kota Bekasi

  • Muhammad Luthfi Hasbi Manajemen Administrasi Universitas Bina Insani
  • Indra Muis Manajemen Informatika; Universitas Bina Insani

Abstract

Abstrak : Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk merumuskan Segmentasi, Targeting dan Product Positioning (STP) produk Neo Coffee yang diproduksi oleh Wings Food dan didistribusi oleh PT Bekasi Distribusindo Raya. Data dikumpulkan dengan melakukan penelitian kepustakaan, wawancara dan observasi. Penelitian kepustakaan dilakukan untuk mengumpulkan literatur yang berkaitan dengan segmentasi, targeting danproduct positioningsebagai bagian dari strategi pemasaran produk. Wawancara dilakukan dengan pimpinan perusahaan dan penikmat Neo Coffee. Sedangkan observasi dilakukan untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang kekuatan dan kelemahan produk. Analisis SWOT dilakukan sebagai acuan dalam perumusan segmen-segmen dan penetapan segmen sasaran serta product positioning.
 
Kata kunci:Segmentasi, Targeting, Product Positioning, Strategi Pemasaran
 
Abstract : This qualitative research aims to formulate segmentation, targeting and product positioning (STP) of Neo Coffee, produced by Wings Food distributed by PT Bekasi Distribusindo Raya. Data were collected by conducting library research, interviews and observations. Literature research is conducted to gather literature related to segmentation, targeting and product positioning as part of a product marketing strategy. Interviews were conducted with company leaders and connoisseurs of Neo Coffee. Observations were made to get a clear picture of the strengths and weaknesses of the product. SWOT analysis is performed as a reference in the formulation of segments and the determination of target segments and product positioning
                       
Keywords: Segmentation, Targeting, Product Positioning, Marketing Strategy

References

Referensi
[1] Nurhayani; Deni Sunaryo, Strategi Pemasaran Kontemporer. Serang: CV. Penerbit Qiara Media, 2019.
[2] Laksana MF, Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. Depok: Khalifah Mediatama, 2019.
[3] Firmansyah MA, Pemasaran (Dasar dan Konsep). Pasuruan: CV. Qiara Media, 2019.
[4] I. Muis and Solikin, Menuju Industri Kecil Menengah (IKM) Berdaya Saing Di Era Industri 4.0: Produk Rotan Indonesia Bangkit, 1st ed. Yogyakarta: CV Budi Utama, 2018.
[5] I. Muis, “Marketing Strategy and Capability as the Mediators in Relationship of Market Orientation and Export Performance: A Case Study Rattan Processing SMEs,” Binus Bus. Rev., vol. 11, no. 1, pp. 31–42, 2020.
[6] Wijayanti Titik, Marketing Plan dalam Bisnis. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2017.
[7] Assauri Sofian, Manajemen pemasaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada, 2017.
[8] Tjiptono Fandi; Chandra Gregorius, Pemasaran Strategik. Yogyakarta: CV. Andi Offset, 2017.
[9] Sudaryono, Perilaku Konsumen dalam Prespektif Pemasaran. Jakarta Pusat: Lentera Gunung Pratama, 2014.
[10] Abdullah and Dkk, Manajemen Pemasaran. Depok: PT Raja Grafindo Persada, 2014.
Published
2020-08-18
How to Cite
HASBI, Muhammad Luthfi; MUIS, Indra. Segmentasi, Targeting dan Positioning Produk Neo Coffee dari Wings Food untuk Pasar Kota Bekasi. JURNAL MAHASISWA BINA INSANI, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 63-72, aug. 2020. ISSN 2528-6919. Available at: <http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/JMBI/article/view/1376>. Date accessed: 24 oct. 2020.