TY - JOUR AU - Dinata, Hendra AU - Evelyn, Evelyn PY - 2022 TI - Rancangan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Multimedia Untuk Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar JF - BINA INSANI ICT JOURNAL; Vol 9 No 1 (2022): Bina Insani ICT Journal (Juni) 2022 DO - 10.51211/biict.v9i1.1789 KW - N2 - Abstrak : Bahasa Inggris merupakan mata pelajaran wajib dalam pendidikan Sekolah Dasar (SD) sampai dengan Sekolah Menengah Akhir (SMA). Dalam kurikulum 2013 saat ini, terdapat beberapa kendala dalam proses belajar mengajar pada materi Simple Present Tense dan Present Continuous Tense . Kendalanya seperti fokus siswa yang singkat dan sulitnya siswa memahami persepsi materi, ditambah materi pada buku paket yang kurang terstruktur menyebabkan siswa kesulitan membedakan jenis-jenis tenses . Untuk itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk membantu peningkatan pemahaman siswa Sekolah Dasar terkait materi Bahasa Inggris melalui bantuan sebuah aplikasi pembelajaran berbasis multimedia. Aplikasi dikembangkan menurut langkah-langkah Software Development Life Cycle (SDLC) dan menyajikan materi Simple Present Tense dan Present Continuous Tense dalam bentuk teks, audio, video infografis, kalimat contoh yang disertai gambar, soal-soal latihan dan kuis. Siswa juga dapat menjalani sesi latihan dan kuis untuk menilai tingkat pemahaman mereka. Aplikasi yang dibuat akan diuji cobakan kepada siswa yang sebelumnya melakukan pre-test . Hasil evaluasi post-test telah menunjukkan kenaikan rata-rata hingga 28,69% pada nilai siswa setelah siswa menggunakan aplikasi pembelajaran ini. Hal ini menunjukkan bahwa aplikasi pembelajaran yang dikembangkan telah berhasil membantu siswa dalam memahami materi Bahasa Inggris khusus materi Simple Present Tense dan Present Continuous Tense.   Kata kunci: aplikasi pembelajaran, bahasa inggris, multimedia   Abstract:   :  English is a compulsory subject in Elementary School (SD) to Senior High School (SMA) education. In the current 2013 curriculum, there are several obstacles in the teaching and learning process in Simple Present Tense and Present Continous Tense. Constraints such as the short focus of students and the difficulty of students understanding the perception of the material, plus the material in the textbook which is less structured makes it difficult for students to distinguish the types of tenses For this reason, the purpose of this study is to help increase elementary school students' understanding of English material through the help of a multimedia-based learning application. The application was developed according to the Software Development Life Cycle (SDLC) steps and presents Simple Present Tense and Present Continuous Tense material in the form of text, audio, video infographics, sample sentences with pictures, practice questions and quizzes. Students can also undergo practice sessions and quizzes to assess their level of understanding. The application made will be tested on students who previously did the pre-test. The results of the post-test evaluation have shown an average increase of up to 28.69% in student scores after students use this learning application. This demonstrates that the developed learning tool was successful in assisting students in comprehending English content, particularly for the Simple Present Tense and Present Continuous Tense. UR - https://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/BIICT/article/view/1789