Penerapan Metode RAD Pada Sistem Informasi Layanan Umroh Di PT. Galang Saudi Tourism Jakarta Berbasis Website

  • Agus Salim Sistem Informasi; Universitas Bina Sarana Informatika
  • Jefi Jefi Teknologi Informasi; Universitas Bina Sarana Informatika
  • Baginda Oloan Lubis Sistem Informasi; Universitas Bina Sarana Informatika
  • Jaka Atmaja Ilmu Komunikasi; Universitas Bina Sarana Informatika
  • Firstianty Wahyuhening Fibriany Sistem Informasi; Universitas Bina Sarana Informatika

Abstract

Abstrak: Sebagai penyedia jasa layanan umroh, PT. Galang Saudi Tourism Jakarta menyediakan bebrapa paket pilihan umroh yang dibutuhkan oleh jamaah. PT. Galang Saudi Tourism Jakarta bertanggung jawab terhadap seluruh fasilitas dan pelayanan selama jamaah berada di tanah suci sesuai dengan fasilitas dan pelayanan yang dibutuhkan. Semakin banyaknya calon jamaah yang akan menunaikan umroh semakin banyak pula kebutuhan informasi yang akurat dari perusahaan penyedia jasa umroh. Dengan pengolahan data yang masih konvensional diantaranya pengolahan data master jamaah, data pesanan, data paket, data sertifikat hingga pembuatan laporan selalu terjadi penumpukan dokumen, yang akan memungkinkan kesalahan pengolahan data dan saat pencarian data akan sulit ditemukan yang diperlukan merupakan hal yang menjadi kendala bagi staff pelayanan sehingga berpengaruh terhadap keterlambatan terbentuknya laporan yang akan disampaikan kepada pimpinan perusahaan. Dengan alasan itu maka diperlukan suatu sistem informasi yang dapat mengakomodir kebutuhan layanan umroh berbasis website yang memudahkan staff pelayanan dalam pengolahan data umroh. Perancangan sistem informasi ini dibuat dengan metode pengembangan sistem Model RAD (Rapid Application Development) dengan tahapan pemodelan bisnis, pemodelan data, pemodelan proses, pembuatan aplikasi, pengujian dan pergantian. Hasil dari penelitian ini dengan sistem informasi yang terkomputerisasi tidak ada lagi kerangkapan dokumen, pembuatan laporan layanan umroh lebih cepat tepat dan akurat karena menggunakan sistem komputerisasi dan kontrol data pemesanan, pembayaran dan pelunasan biaya umroh lebih mudah dilakukan dan dapat dengan mobile.
 
Kata kunci: layanan umroh, sistem informasi, RAD, website.
 
Abstract: PT. Galang Saudi Tourism Jakarta handles the types of Umrah services that are tailored to the capabilities and needs of the congregation by providing several options for Umrah packages. PT. Galang Saudi Tourism Jakarta is responsible for all facilities and services as long as the congregation is in the holy land according to the facilities and services needed. The more prospective pilgrims who will perform the Umrah, the more accurate information is needed from the Umrah service provider companies. With data processing that is still conventional, including processing congregation master data, order data, package data, certificate data to making reports, there is always a buildup of documents, which will allow data processing errors, and when searching for data it will be difficult to find what is needed is a problem for staff service so that it affects the delay in the formation of reports to be submitted to company leaders. For that reason, an information system is needed that can accommodate the needs of website-based Umrah services that make it easier for service staff to process Umrah data. The design of this information system is made with the RAD Model system development method (Rapid Application Development) with the stages of business modeling, data modeling, process modeling, application development, testing, and replacement. The results of this study with a computerized information system that no longer has duplicate documents, making Umrah service reports is faster, more precise, and accurate because it uses a computerized system and data control for ordering, paying, and paying Umrah fees easier to do and can be done by mobile.
 
Keywords: umrah services, information system, RAD, website.

References

[1] H. Anwar, “Proses Pengambilan Keputusan untuk Mengembangkan Mutu Madrasah,” Nadwa, vol. 8, no. 1, p. 37, 2014, doi: 10.21580/nw.2014.8.1.569.
[2] A. Syafi’i, “Perancangan Sistem Informasi Layanan Umroh Pada PT. Galang Saudi Tourism Jakarta Berbasis Website,” Unversitas Bina Sarana informatika, 2020.
[3] Z. Munawaroh, M. Mudhofi, and D. Susanto, “Efektivitas Sistem Informasi Dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Dalam Penyelenggaraan Ibadah Haji,” J. Ilmu Dakwah, vol. 35, no. 2, p. 225, 2017, doi: 10.21580/jid.v35i2.1608.
[4] I. R. Rahnatillah and A. B. Hikmah, “Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Administrasi Data Umroh (Studi Kasus: PT. Utsmaniyyah Hannien Tour Tasikmalaya),” IJCIT, vol. 3, no. 1, pp. 9–17, 2018.
[5] Suparni and S. Budi, “Rancang Bangun Web Pendaftaran Umroh Pada PT. Rihlah Semesta Abadi Cibubur,” Indones. J. Netw. Secur., vol. 7, no. 1, pp. 19–25, 2018.
[6] B. Santoso and B. O. Lubis, “Aplikasi Peminjaman dan Pengembalian Koleksi Museum Sejarah Jakarta Berbasis pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta,” in Sintak, pp. 145–157, 2019.
[7] R. A. Sukamto and M. Shalahuddin, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek Edisi Revisi. Bandung: Informatika, 2018.
[8] I. Y. M. Napitupulu and S. Muryani, “Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Perabotan Pada CV. Evamas,” J. Paradig., vol. 3, no. 2, pp. 76–93, 2018, doi: 10.31294/p.v20i2.3838.
[9] A. Taufik, A. Charistian, and T. Asra, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Peralatan Kesehatan Dengan Metode Waterfall,” J. Tek. Komput., vol. V, no. 1, pp. 135–138, 2019, doi: 10.31294/jtk.v4i2.
[10] Suendri, “Implementasi Diagram UML (Unified Modelling Language) Pada Perancangan Sistem Informasi Remunerasi Dengan Database Oracle (Studi Kasus : UIN Sumatera Utara Medan),” J. Ilmu Komput. dan Inform., vol. 3, no. 1, pp. 1–9, 2018.
Published
2021-06-24
How to Cite
SALIM, Agus et al. Penerapan Metode RAD Pada Sistem Informasi Layanan Umroh Di PT. Galang Saudi Tourism Jakarta Berbasis Website. BINA INSANI ICT JOURNAL, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 1-11, june 2021. ISSN 2527-9777. Available at: <https://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/BIICT/article/view/1477>. Date accessed: 27 sep. 2021. doi: https://doi.org/10.51211/biict.v8i1.1477.