Sistem Informasi Pembelajaran Daring Dengan Metode Learner-Led Learning

  • Herlambang Brawijaya Sistem Informasi; Universitas Bina Sarana Informatika
  • Samudi Samudi Sistem Informasi; Universitas Nusa Mandiri
  • Slamet Widodo Sistem Informasi; Universitas Bina Sarana Informatika

Abstract

Abstrak: Teknologi modern semakin pesat perkembangannya, sebagai masyarakat kita dapat merasakan hal positif dari perkembangan teknologi modern, salah satunya adalah internet. Memanfaatkan internet dengan hal positif dapat mempermudah kegiatan masyarakat, seperti dalam bidang pendidikan salah satunya adalah kegiatan belajar mengajar. Dengan adanya kegiatan belajar mengajar dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan bagi masyarakat, akan tetapi terkadang pelajar bahkan pengajar yang melaksanakan kegiatan belajar mengajar tersebut terlalu terkekang oleh waktu dan peraturan yang berlaku pada tempat belajarnya. Hasil permasalahan yang penulis dapatkan pada kegiatan belajar mengajar konvensional adalah diharuskannya meluangkan waktu untuk pergi ke tempat belajar dan juga ditentukan durasi belajar mengajarnya bahkan diadakan peraturan yang terkadang membuat peserta sampai pengajar tidak nyaman dengan peraturan tersebut. Oleh karena itu penulis tertarik untuk menyelesaikan permasalahan tersebut dengan membuat sistem informasi pembelajaran (e-learning) dengan metode learner-led learning berbasis web yang dapat diakses dimanapun dan kapanpun tanpa mengeluarkan biaya dan tidak terkekang oleh waktu. Penelitian ini diharapkan dapat membantu dalam proses belajar mengajar dengan nyaman. Website ini juga menyediakan fasilitas seperti materi yang bersifat video dan artikel yang bertujuan bagi pelajar yang lebih nyaman belajar dengan video interaktif dan juga tersedia fasilitas sertifikat sebagai bukti bahwa pelajar telah berhasil dalam menyelesaikan soal dari materi yang dipelajarinya.
 
Kata kunci: pelajar, pembelajaran daring, pengajar, sistem pembelajaran, website
 
Abstract: Modern technology is growing rapidly, as a society we can feel positive things from the development of modern technology, one of which is the internet. Using the internet with positive things can facilitate community activities, such as in the field of education, one of which is teaching and learning activities. With teaching and learning activities, it can add insight and knowledge to the community, but sometimes students and even teachers who carry out teaching and learning activities are too constrained by time and the regulations that apply to the place of study. The results of the problems that the authors get in conventional teaching and learning activities are that they are required to take the time to go to the place of study and also determine the duration of teaching and learning and even make regulations that sometimes make participants until the teacher is not comfortable with these rules. Therefore, the authors are interested in solving these problems by creating a learning information system (e-learning) with a web-based learner-led learning method that can be accessed anywhere and anytime without incurring costs and not being constrained by time. This research is expected to help in the teaching and learning process comfortably. This website also provides facilities such as video materials and articles aimed at making students more comfortable learning with interactive videos and certificate facilities are also available as evidence that students have succeeded in solving problems from the material they have studied.
 
Keywords: e-learning, learning system, student; teacher, website

References

[1] F. Fatria and Husna. Tiflatul, “Analisis Proses Pembelajaran E-Learning Berbasis Edmodo Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Smk Multi Karya Medan,” J. Pendidik. Bhs. dan Sastra Indones., vol. 3, no. 2, pp. 67–72, 2019.
[2] S. J. Kuryati, “Rancang Bangun Sistem E-Learning sebagai Sarana Pemberlajaran Sandra,” J. Khatulistiwa Inform., vol. 4, no. 1, pp. 84–92, 2016, doi: 10.1089/pho.2010.2784.
[3] I. P. Sari, “Implementasi Pembelajaran Berbasis E-Learning Menggunakan Claroline,” Research and Development Journal of Education,” Res. Dev. J. Educ., vol. 4, no. 1, pp. 75–87, 2017, doi: 10.30998/rdje.v4i1.2070.
[4] N. Nuryadi, “Rancang Bangun Aplikasi Website E-Learning Pada Smk Respati 1 Jakarta,” J. Tek. Komput. Univ. Bina Sarana Inform., vol. 4, no. 1, 2018.
[5] W. Hartanto, “Penggunaan E-Learning sebagai Media Pembelajaran,” J. Pendidik. Ekon., vol. 10, no. 1, pp. 1–18, 2016.
[6] S. A. I. Zamaludin, W. Yusnaeni, “Perancangan Pembelajaran Jarak Jauh (E-Learning) Bahasa Jerman Berbasis Web,” J. Prosisko, vol. 3, no. 2, pp. 20–25, 2016.
[7] I. M. S. I. P. Darmika, G. Gunatama, “Penggunaan E-Learning Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sma Negeri Bali Mandara,” J. Pendidik. Bhs. dan Sastra Indones. Undiksha, vol. 260–272, no. 8, p. 2, 2019, doi: 10.23887/jjpbs.v8i2.20620.
[8] M. Salehudin, “Guru Mengadopsi Media Sosial Sebagai E-Learning Pada Pembelajaran Jarak Jauh,” J. Mudarrisuna, vol. 10, no. 1, 2020, doi: 10.22373/jm.v10i1.6755.
[9] I. F. and D. N. Yunita, “Prosiding Samasta Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Schoology Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia,” in Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia, 1AD, pp. 1–4.
[10] K. X. T. Minat, B. Siswa, “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Sejarah Indonesia E- Learning Berbasis Quipper School Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMK N 04 Kendal Tahun Pelajaran 2016/2017,” Indones. J. Hist. Educ., vol. 5, no. 2, pp. 60–67, 2017.
[11] D. Febriannisa and L. P. Hasugian, “Perancangan E-learning pada SMK Negeri 1 Bandung,” J. Ultim. InfoSys, vol. 8, no. 2, pp. 62–68, 2018, doi: 10.31937/si.v8i2.613.
[12] R. Garrison, D., “Self-Directed Learning: Toward A Compherensive Model,” Adult Educ. Q., vol. 48, no. 1, pp. 18–33, 1997.
[13] A. M. M. Uddin, N. Ahmed, “A Learner Model for Adaptable e-Learning,” Int. J. Adv. Comput. Sci. Appl., vol. 14, no. 3–4, pp. 122–141, 2017.
[14] C. du Toit-Brits and C. M. van Zyl, “Self-directed learning characteristics: making learning personal, empowering and successful,” Africa Educ. Rev., vol. 14, pp. 122–141, 2017.
[15] H. Khiat, “Academic performance and the practice of self-directed learning: The adult student perspective,” J. Furth. High. Educ., vol. 41, no. 1, pp. 44–59, 1017.
[16] E. Sumuer, “Factors related to college students’ self-directed learning with technology,” Australas. J. Educ. Technol., vol. 34, no. 4, pp. 29–43, 2018.
[17] Yurindra, Software Engineering, Yogyakarta: Deepublish, 2017.
Published
2021-12-13
How to Cite
BRAWIJAYA, Herlambang; SAMUDI, Samudi; WIDODO, Slamet. Sistem Informasi Pembelajaran Daring Dengan Metode Learner-Led Learning. BINA INSANI ICT JOURNAL, [S.l.], v. 8, n. 2, p. 156-165, dec. 2021. ISSN 2527-9777. Available at: <https://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/BIICT/article/view/1596>. Date accessed: 28 jan. 2022. doi: https://doi.org/10.51211/biict.v8i2.1596.