Implementasi Metode Prototype Dalam Perancangan Sistem Informasi Upah Pasang Material Konstruksi

  • Deni Gunawan Sistem Informasi; Universitas Bina Sarana Informatika
  • Salman Alfarizi Sistem Informasi; Universitas Bina Sarana Informatika
  • Nurul Ichsan Sistem Informasi; Universitas Bina Sarana Informatika
  • Hasan Basri Sistem Informasi; Universitas Bina Sarana Informatika Kampus Kabupaten Karawang
  • Alif Rizqi Mulyawan Sistem Informasi; Universitas Bina Sarana Informatika Kampus Kabupaten Karawang

Abstract

Abstrak: PT. Cengkareng Permai merupakan produsen atau supplier pada sebuah proyek pembangunan perumahan, yang dapat menyediakan material dan jasa pemasangan pada material tersebut, sehingga pembayaran kepada mandor dilakukan oleh PT. Cengkareng Permai. Pembayaran upah pasang yang dilakukan masih secara manual menggunakan microsoft word, microsoft excel dan pencatatan manual pada buku, proses tersebut sering terjadi kesalahan pencatatan, tahap pengecekan oleh direktur memerlukan pencatatan ulang sehingga tidak efektif dan efisien. Berdasarkan latar belakang permasalahan tersebut, dibuatlah sebuah prototype sistem pembayaran upah pasang berbasis website yang dapat mencatat setiap informasi dari admin baja, direktur dapat langsung mengecek dan memberikan persetujuan serta bagian keuangan melakukan pembayaran. Metode pengembangan dan analisis menggunakan metode Prototype, dengan menganalisis kebutuhan pengguna, membuat mock-up dan menguji mock-up. Hasil dari penelitian ini adalah problematika, analisis kebutuhan pengguna, use case diagram, rancangan user interface, Entity Relationship Diagram serta hasil testing dari rancangan yang telah dibuat. Diharapkan sistem pembayaran upah pasang berbasis website dapat membantu PT. Cengkareng Permai.
 
Kata kunci: kontruksi, pembayaran, prototipe, sistem informasi
 
Abstract: PT Cengkareng Permai is a producer or supplier in a housing development project, which can provide materials and installation services; thus, PT Cengkareng Permai makes payments to artisans. The expense of post-wages is still done manually using Microsoft word, Microsoft excel, and manual recording on books; the process often occurs recording errors, and the stage of checking by the director requires re-recording, so it is not effective and efficient. Based on these problems' background, a website-based wage payment system prototype was created that can record any information from steel admins, directors can immediately check and give approval, and the finance department makes payments. The software development method used is the Prototype Method for the prototyping stages, namely analyzing needs, creating mock-ups, and testing mock-ups. The results of this study are problems, analysis of user needs, use case diagrams, user interface designs, Entity Relationship Diagrams and testing results from the designs that have been made. It is hoped that a website-based wage payment system can help PT. Cengkareng Permai.
 
Keywords: construction, information systems, payments, prototype

References

[1] E. F. Fahyuni, Teknologi, Informasi, dan Komunikasi, 1st ed. UMSIDA Press, 2017.
[2] D. Andrian, “Penerapan Metode Waterfall Dalam Perancangan Sistem Informasi Pengawasan Proyek Berbasis Web,” J. Inform. dan Rekayasa Perangkat Lunak, vol. 2, no. 1, pp. 85–93, 2021.
[3] S. Ahdan, A. T. Priandika, F. Andhika, and F. S. Amalia, “Perancangan Media Pembelajaran Teknik Dasar Bola Voli Mengunakan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android Learning Media for Basic Techniques of Volleyball Using Android-Based Augmented Reality Technology,” vol. 8, no. 3, pp. 221–236, 2020.
[4] S. Setiawansyah, H. Sulistiani, and D. Darwis, “Penerapan Metode Agile untuk Pengembangan Online Analytical Processing (OLAP) pada Data Penjualan (Studi Kasus: CV Adilia Lestari),” J. CoreIT J. Has. Penelit. Ilmu Komput. dan Teknol. Inf., vol. 6, no. 1, pp. 50–56, 2020.
[5] N. Listanto and S. Hardjomuljadi, “Analisis Faktor Penyebab Keterlambatan Pembayaran Kontraktor kepada Subkontraktor pada Proyek Gedung Bertingkat,” Konstruksia, vol. 10, no. 1, pp. 59–69, 2018.
[6] S. Hansen, S. F. Rostiyanti, and Purnomo, “Conditional Payments in the Indonesian Construction Industry,” J. Leg. Aff. Disput. Resolut. Eng. Constr., vol. 9, no. 3, p. 06517001, 2017.
[7] I. Sutoyo, “Sistem Informasi Pengelolaan Administrasi Pembayaran Sumbangan Pembinaan Pendidikan Pada Bank Mini SMK Negeri 2 Kota Tanggerang,” Idealis, vol. 1, no. 2, pp. 498–503, 2020.
[8] A. R. Mulyawan, H. Basri, S. Alfarizi, N. Ichsan, and D. Gunawan, “Sistem Informasi Manajemen Zakat (SIMZ) Berorientasi Objek Dengan Pemanfaatan UML (Unified Modeling Languange),” Bina Insa. Ict J., vol. 7, no. 2, p. 105, 2020.
[9] Y. Firmansyah, D. Purwaningtias, and L. Pratiwi, “Prototype Sistem Informasi Pengolahan Dana Bos (Sip Bos) Berbasis Web Studi Kasus Sma N 1 Sekayam Kabupaten Sanggau,” Informatika, vol. 11, no. 2, p. 8, 2019.
[10] E. Ali, Rekayasa Perangkat Lunak. CV MFA, 2019.
[11] A. Syarifudin, “Perancangan Sistem Informasi Pengajuan dan Pelaporan Pembayaran Tunjangan Kinerja Kementerian Keuangan Menggunakan Metode Prototype,” J. Sisfokom (Sistem Inf. dan Komputer), vol. 8, no. 2, pp. 149–158, 2019.
[12] R. A. Sukamto and M. Shalahuddin, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Informatika Bandung, 2016.
[13] H. Brawijaya, S. Samudi, and S. Widodo, “Sistem Informasi Pembelajaran Daring Dengan Metode Learner-Led Learning,” Bina Insa. Ict J., vol. 8, no. 2, p. 156, 2021.
Published
2022-07-03
How to Cite
GUNAWAN, Deni et al. Implementasi Metode Prototype Dalam Perancangan Sistem Informasi Upah Pasang Material Konstruksi. BINA INSANI ICT JOURNAL, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 73-82, july 2022. ISSN 2527-9777. Available at: <https://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/BIICT/article/view/1790>. Date accessed: 10 dec. 2022. doi: https://doi.org/10.51211/biict.v9i1.1790.