Integrasi Data Akademik Dengan Aplikasi Feeder PDDIKTI Berbasis Web service

  • Slamet Widodo Manajemen Informatika; AMIK BSI Pontianak
  • Herlambang Brawijaya Teknik Informatika; STMIK Nusa Mandiri Jakarta
  • Samudi Samudi Manajemen Informatika; AMIK BSI Pontianak, Teknik Informatika; STMIK Nusa Mandiri Jakarta, Sistem Informasi; STMIK Nusa Mandiri Jakarta, Sistem Informasi; STMIK Bina Insani
  • Endang Retnoningsih Sistem Informasi; STMIK Bina Insani http://orcid.org/0000-0002-7582-9847

Abstract

Aplikasi Feeder PDDIKTI merupakan sebuah aplikasi yang digunakan oleh Perguruan Tinggi Swasta untuk proses pelaporan data akademik yang dilakukan secara berkala kepada DIKTI. Proses pelaporan dilakukan dua kali setiap semester, yaitu di awal semester dan di akhir semester. Data akademik yang banyak dan bervariasi menjadi sebuah kendala dalam proses pemasukan ke dalam aplikasi Feeder PDDIKTI. Kendala tersebut meliputi waktu proses yang cukup lama dan rentan mengalami kesalahan dalam pemasukan data ke aplikasi Feeder PDDIKTI. Tujuan penelitian ini memanfaatkan teknologi web service yang memiliki keunggulan dapat bekerja multi platform sistem operasi untuk integrasi data dengan Aplikasi Feeder PDDIKTI. Modul web service yang diimplementasikan terdiri dari get, insert, update, dan delete. Metode yang digunakan dalam menyelesaikan masalah ini adalah metode siklus hidup pengembangan perangkat lunak (Software Development Life Cycle) yang meliputi analisis, desain, implementasi, uji coba dan perawatan. Hasil dari penelitian ini berupa sebuah aplikasi web service yang terdiri dari tiga modul utama yang dapat mengakomodir kebutuhan-kebutuhan pelaporan data akademik yang sudah berjalan ke DIKTI. Aplikasi ini telah diterapkan sejak 2016 untuk keperluan pelaporan akademik pada perguruan tinggi swasta

Author Biographies

Slamet Widodo, Manajemen Informatika; AMIK BSI Pontianak
Manajemen Informatika; AMIK BSI Pontianak
Herlambang Brawijaya, Teknik Informatika; STMIK Nusa Mandiri Jakarta
Teknik Informatika; STMIK Nusa Mandiri Jakarta
Samudi Samudi, Manajemen Informatika; AMIK BSI Pontianak, Teknik Informatika; STMIK Nusa Mandiri Jakarta, Sistem Informasi; STMIK Nusa Mandiri Jakarta, Sistem Informasi; STMIK Bina Insani
Manajemen Informatika; AMIK BSI Pontianak, Teknik Informatika; STMIK Nusa Mandiri Jakarta, Sistem Informasi; STMIK Nusa Mandiri Jakarta, Sistem Informasi; STMIK Bina Insani
Endang Retnoningsih, Sistem Informasi; STMIK Bina Insani
Sistem Informasi; STMIK Bina Insani

References

Kenali EW, Fathoni H. 2014. Desain Dan Implementasi Service Provider Berbasis Web services Push Pangkalan Data Perguruan Tinggi Pada Sistem Informasi Akademik Politeknik Negeri Lampung. In: Seminar Bisnis & Teknologi 2014 IBI Darmajaya., p 15–16.

Perwira RI, Santosa B. 2017. Implementasi Web service Pada Integrasi Data Akademik Dengan Replika Pangkalan Data Dikti. Telematika 14: 1–11.

Pranatawijaya VH, Putra PBAA, Gunawan VA. 2016. Pengembangan Perangkat Lunak Generate File Untuk Migrasi Data EPSBED Ke Format Table Feeder PDDIKTI. Jurnal Sain Teknologi Komputer dan Manajemen. STMIK Palangka Raya 6: 1–11.

Retnoningsih E, Utami DP. 2013. Penerapan Knowledge Management Pada Perguruan Tinggi (Studi Kasus AMIK BSI Purwokerto). In: Prosiding SNST., p 152–158.

Siswanto A, Rahim A. 2017. Aplikasi Sinkronisasi Database Antara Sistem Informasi Akademik STIKOM Dinamika Bangsa Jambi Dengan Feeder Pangkalan Data Pendidikan Tinggi ( PdDikti ). 12.

Sutanta E, Mustofa K. 2012. Identifying The Needs of Web service to Data Synchronization Between Information Systems as E-Government Ecosystem at Bantul-Yogyakarta. Tek. Inform. - STMIK Bandung 2: 20–26.

Yazdi M. 2012. Implementasi Web-Service Pada Sistem Pelayanan Perijinan Terpadu Satu Atap Di Pemerintah Kota Palu. In: Seminar Nasional Teknologi Informasi & Komunikasi Terapan 2012 (Semantik 2012)., p 450–457.
Published
2018-12-30
How to Cite
WIDODO, Slamet et al. Integrasi Data Akademik Dengan Aplikasi Feeder PDDIKTI Berbasis Web service. BINA INSANI ICT JOURNAL, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 153 -162, dec. 2018. ISSN 2527-9777. Available at: <https://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/BIICT/article/view/997>. Date accessed: 19 apr. 2024.