%A Abdurohman, Muhammad %A Husna, Ranu %A Ali, Irfan %A Dwilestari, Gifthera %A Rahaningsih, Nining %D 2022 %T Penerapan Model Klasifikasi Dalam Tingkat Kepuasan Layanan Publik Kelurahan Karyamulya Dengan Menggunakan Algoritma Decision Tree %K %X Abstrak : Dalam mengukur sejauh mana kualitas pelayanan yang dapat diberikan kepada masyarakat, maka diperlukan suatu pedoman yang dapat mengukur terhadap kepercayaan masyarakat atas pelayanan yang diberikan pemerintah, untuk itulah diperlukan adanya suatu kajian terhadap dampak pelayanan yang telah dirasakan oleh masyarakat. Hal ini sangat sesuai dengan Keputusan Menpan dan reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2014 tentang Pedoman survey kepuasan masyarakat terhadap penyelenggaraan pelayanan public. Penelitian ini menetapkan kriteria yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Prosedur Pelayanan, Pesyaratan Pelayanan, Kejelasan Petugas Pelayanan, Kedisiplinan, Petugas Pelayanan, Tanggung Jawab Petugas Pelayanan, Kemampuan Petugas Pelayanan, Kecepatan Pelayanan, Keadilan Mendapatkan Pelayanan, Kesopanan dan Keramahan Petugas, Kewajaran Biaya Pelayanan, Kesesuaian Biaya Pelayanan, Kepastian Jadwal Pelayanan, Kenyamanan Lingkungan Pelayanan, Keamanan Pelayanan. Nilai akurasi algoritma decision tree sebesar 90,66% dengan rincian Hasil Prediksi Puas dengan True Puas memiliki data sebesar 228 Data. Hasil Prediksi Puas dengan True Tidak Puas memiliki data sebesar 12 Data. Hasil Prediksi Tidak Puas dengan True Puas memiliki data sebesar 17 Data. Hasil Prediksi Tidak Puas dengan True Tidak Puas memiliki data sebesar 52 Data. Berdasarkan hasil klasiifikasi index kepuasan masyarakat terhadap layanan kelurahan karya mulya kota cirebon di kategorikan sebagai layanan yang terbaik. Terlihat dari hasil menunjukan bahwa tingak kepuasan sebesar 240 data dan ketidak puasan sebanyak 69 data atau presentase kepuasan 77.6% dan presetase ketidak puasan 22.3%.   Kata Kunci : Layanan, Kelurahan, Algoritma C.45 %U https://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/IMBI/article/view/1678 %J INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS : Journal of Information Management %0 Journal Article %R 10.51211/imbi.v6i1.1678 %P 81-90%V 6 %N 1 %@ 2548-3331 %8 2022-03-14