TY - JOUR AU - Pratama, Aria AU - Fitri, Dyana AU - Nugraha, Ega Salsa AU - Dikananda, Arif Rinaldi AU - Nurdiawan, Odi PY - 2022 TI - Perancangan Media Pembelajaran Cari Kata Menggunakan Metode Addie Berbasis Android Pada SDN 2 Warugede JF - INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS : Journal of Information Management; Vol 6 No 2 (2022): INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS (JUNI 2022) DO - 10.51211/imbi.v6i2.1797 KW - N2 - Di era industry 4.0 ketika ini, penggunaan teknologi sebagai media informasi berkembang pesat. salah  satunya ialah penggunaan teknologi Berbasis Android. Media Pembelajaran merupakan suatu mediator yang bermanfaat untuk memudahkan proses belajar. persoalan yg terdapat pada Sekolah Dasar Negeri 2 Warugede adalah kurangnya Media Pembelajaran yg menarik sebab hanya terfokus pada buku dan  kertas-kertas, sebagai akibatnya siswa-siswi merasa bosan dan  mengakibatkan kurangnya minat belajar. Media Pembelajaran Cari kata digunakan sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia kepada peserta didik-siswi kelas I-III Sekolah Dasar Negeri 2 Warugede. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbentuk Permainan Edukasi Cari kata, serta mengetahui kelayakan Permainan Edukasi Cari kata sebagai media pembelajaran berdasarkan penilaian siswa di uji coba perorangan, peserta didik di uji coba kelompok kecil serta siswa di uji coba lapangan, pengajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SD.Penelitian ini adalah penelitian dan  pengembangan (Research and Development) yang mengadaptasi model pengembangan ADDIE. Subjek pada penelitian ini merupakan peserta didik SD Negeri 2 Warugede kelas I-III serta praktisi pembelajaran Bahasa Indonesia SD serta objek penelitian artinya pengembangan media pembelajaran berbentuk Permainan Edukasi Cari kata. Pengumpulan data pada penelitian menggunakan survey skala 5 dengan analisis data yang digunakan buat mengetahui kelayakan media pembelajaran Permainan Edukasi Cari kata merupakan deskriptif kuantitatif menggunakan persentase. berdasarkan hasil penelitian pengembangan media pembelajaran Permainan Edukasi Cari kata dengan Analysis, Design, Development, Implementation serta Evaluation (ADDIE) dan  dua) hasil kelayakan uji coba perorangan termasuk kategori Baik serta Sangat Layak (83,49%), uji coba kelompok kecil termasuk kategori Baik dan  Sangat Layak (87,74%), uji coba lapangan termasuk kategori Baik serta Sangat Layak (81,14%), Praktisi pembelajaran Bahasa Indonesia SD termasuk kategori Baik serta Sangat Layak (85,92%). berdasarkan hasil penilaian dari keenam tahapan maka media pembelajaran Permainan Edukasi Cari kata dinyatakan Sangat Layak (86.31%) untuk digunakan sebagai media pembelajaran Bahasa Indonesia SD Negeri 2 Warugede.   Kata kunci: Media Pembelajaran, Permainan Edukasi, Cari Kata UR - https://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/IMBI/article/view/1797