TY - JOUR AU - Salamah, Umi AU - Khasanah, Fata Nidaul PY - 2017/12/20 TI - Pengujian Sistem Informasi Penjualan Undangan Pernikahan Online Berbasis Web Menggunakan Black Box Testing JF - INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS : Journal of Information Management; Vol 2 No 1 (2017): INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS (Desember 2017) KW - N2 - Abstrak : E-Commerce merupakan proses transaksi jual beli menggunakan media elektronik atau secara online melalui jaringan internet dimana penjual dan pembeli dipertemukan dalam dunia maya. Dengan adanya penjualan secara elektronik maka sebuah percetakan dalam memasarkan produk menjadi lebih luas serta membuat sistem penjualan berjalan optimal. Penjualan undangan pernikahan yang berlangsung selama ini mengalami pemasalahan dalam proses pemasaran, penjualan masih menggunakan sistem penjualan berupa katalog berbentuk buku, persaingan yang sangat ketat, lokasi yang berdekatan dengan percetakan lainnya, serta masalah dari jarak dan waktu untuk mendapatkan informasi pemesanan undangan di percetakan. Hal tersebut membuat penjualan menjadi kurang menghemat biaya, tenaga dan waktu karena sistem yang digunakan masih secara manual. Metode yang digunakan pada perancangan sistem ini adalah metode W aterfall . Hasil pengujian sistem menggunakan black box testing menunjukkan bahwa sistem telah berjalan sesuai dengan hasil yang diharapkan. Selain uji black box, pengujian sistem menggunakan uji beta menunjukkan bahwa sistem memperoleh nilai rata-rata 81%.   Kata kunci: e-commerce, black box, pengujian, uji beta   Abstract:  E-Commerce is the process of buying and selling using electronic media or online through the internet where buyer and seller reunited in the virtual world. With the sale electronically then a printing press in marketing the product becomes more widespread, and create sales system runs optimally. Sales of wedding invitations that took place during this experience pemasalahan in the process of marketing, sales are still using the sales system in the form of catalogs, books shaped a very tight competition, location adjacent to the printing the other, as well as the problems of distance and time to get booking information invitation in printing. It makes the sale became less save the cost, effort and time because the system used still manually. The methods used in the design of this system is the Waterfall method. The results of the testing system using black box testing shows that the system has been running in accordance with the expected results. In addition to testing, black box testing system using the beta test shows that the system earns an average rating of 81%.   Keywords : e-commerce, black box, testing, beta testing UR - https://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/IMBI/article/view/626