Sistem Informasi Pembelian Dengan Metode Waterfall Pada PT. Koyorad Jaya Indonesia Bekasi

  • Suryani Safar Komputerisasi Akuntansi; Universitas Bina Sarana Informatika Kampus Bekasi
  • Yuni Eka Achyani STMIK Nusa Mandiri Jakarta

Abstract

Abstrak: Dalam Era Moderisasi yang sudah berkembang secara cepat , dunia bisnis menuntut kinerja dari semua aspek supaya bekerja secara efisian dan sistematis, sistem dalam sebuah perusahaan bukan hanya seperti sebuah kebutuhan tetapi juga merupakan bagian dari perusahaan itu sendiri. PT Koyorad Jaya Indonesia merupakan salah satu perusahaan yang cukup perkembang di dunia internasional. Sistem dalam perusahaan ini sudah menggunakan sistem komputerisasi yang baik, tapi system ini belum mencakup semua aspek perusahaan. Maka penulis mencoba untuk membuat tugas akhir ini untuk mengajukan system baru dalam perusahaan ini yang masih menggunakan sistem manual. Pada bagian pembelian PT Koyorad Jaya Indonesia menerapkan dua sistem. Yaitu sistem pembelian secara kredit / tempo dimana sistem membayaran menggunakan invoicing dan yang ke dua adalah sistem pembelian secara tunai / kas bon yang biasanya di butuhkan disaat ada kebutuhan pembelian barang keperluan perusahaan yang bersifat mendesak. Dari dua system pembelian tersebut, sistem pembelian secara tunai pada PT Koyorad Jaya Indonesia masih menggunakan pencatatan manual dalam form kasbon dan pelaporan yang masih terkesan seadanya. Hal ini akan menjadi masalah terutama pada bagian keuangan atau finance. Penulis mengharapkan mampu mengusulkan sebuah program yang akan menyempurnakan kinerja sistem yang terdapat pada PT Koyorad Jaya Indonesia. Sehingga perusahaan ini dapat lebih berkembang dan maju dari sebelumnya.
 
Kata kunci: Sistem Informasi, Pembelian Barang
 
Abstract: In Moderisasi Era that has been growing rapidly, the business world demands that the performance of all aspects of fuel-efficient and systematic work, the system in a company is not only a necessity but also a part of the company itself. PT Koyorad Jaya Indonesia is one company that is growing interest in the international community. enterprise system is already using a computerized system that well, but this system does not yet include all aspects of the company. the author tries to make this final task to propose a new system at these companies are still using manual systems. On the purchase of PT Koyorad Jaya Indonesia apply two systems. purchase credit system / tempo in which the provider payment system using the invoice and the second is the system of billing purchases cash / treasury are usually required when purchasing an urgent need consumer goods company. Purchase of two systems, the system of cash purchase in PT Koyorad Jaya Indonesia still use manual recording in the form of cash and reporting still deceptively simple. It will be a problem, especially in finance or finance. The author hopes to propose a program that will improve system performance at PT Koyorad Jaya Indonesia. So that these companies can be more developed and advanced than ever before.
 
Keywords: Information System, purchase of goods
Published
2018-12-27
How to Cite
SAFAR, Suryani; ACHYANI, Yuni Eka. Sistem Informasi Pembelian Dengan Metode Waterfall Pada PT. Koyorad Jaya Indonesia Bekasi. INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS : Journal of Information Management, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 41-50, dec. 2018. ISSN 2548-3331. Available at: <https://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/IMBI/article/view/1008>. Date accessed: 28 mar. 2024.