Technology Acceptance Model dalam Penilaian Penggunaan Sistem Informasi Elektronik Basis Intranet Sekretariat Jendral Kementrian Perindustrian

  • Heri Agustian Sistem Informasi; STIMIK Nusamandiri
  • Kudiantoro Widianto Universitas Bina Sarana Informatika
  • Achmad Rifai Sistem Informasi; STIMIK Nusamandiri;

Abstract

Abstrak: Layanan intranet dibuat agar kegiatan administrasi dapat dilakukan dengan lebih mudah, cepat, transparan, tertib, terpadu, produktif, akurat, aman dan efesien. Objek penelitian ini adalah pegawai Sekretariat Jendral di Kementrian Perindustrian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan intranet dengan pendekatan Technology Accaptance Model (TAM). Metode penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan deskriptif dan analisis statistika. Data diolah dan dianalisis dengan model statistik regresi linier berganda dan hipotesis menggunakan bantuan perangkat lunak SPSS versi 25. Hasil penelitian Kemudahan dalam menggunakan intranet (PEOU) berpengaruh secara signifikan terhadap sikap atau kepuasan menuju penggunaan intranet (ATU) dengan hasil variabel persepsi kemudahan (Perceived easy-of use) memiliki nilai sig lebih besar dari 0,05 yaitu 0,224 > 0,05 dan nilai t hitung 1,172 < t table 1,984 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolakyang berarti tidak terdapat pengaruh signifikan variable persepsi kemudahan terhadap variabel kepuasan (Attitute Toward Using). Persepsi manfaat atau kegunaan intranet (PU) berpengaruh signifikan terhadap sikap atau kepuasan menuju penggunaan intranet (ATU) dengan hasil persepsi manfaat (Perceived Usefulness) memiliki nilai sig lebih besar dari 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung 7,473 > t table 1,984 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho diterima yang berarti terdapat pengaruh signifikan variable persepsi manfaat terhadap variabel kepuasan (Attitute Toward Using). Variabel persepsi kemudahan (PEOU), persepsi manfaat (PU) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap variabel kepuasan (ATU) dengan hasil uji F test dengan besar f-hitung sebesar 61,682 > F tabel 3,09 dengan tingkat signifikan 0,000 karna p-value  f 0,000 < 0,05.
Kata kunci: ATU, Intranet, PEOU, PU, TAM.
 
Abstract:  Intranet services are made so that administrative activities can be carried out more easily, quickly, transparently, in an orderly manner, integrated, productive, accurate, safe and efficient. The object of this study is the employee of the Secretariat General at the Ministry of Industry. This study aims to analyze the application of the intranet with the Technology Accaptance Model (TAM) approach. This research method uses survey method with descriptive approach and statistical analysis. Data were processed and analyzed with multiple linear regression statistical models and hypotheses using the help of SPSS software version 25. Results of research on the ease of using an intranet (PEOU) significantly influenced attitude or satisfaction towards intranet use (ATU) with the results of the perceived ease variable (Perceived easy -of use) has a sig value greater than 0.05 which is 0.224> 0.05 and a value of t arithmetic 1.172 <t table 1.984 so it can be concluded that Ho is rejected which means there is no significant effect of perceived ease of satisfaction variable (Attitute Toward Using) . Perceived benefit or intranet use (PU) significantly influences attitude or satisfaction towards intranet use (ATU) with the perception of benefits (Perceived Usefulness) having a sig value greater than 0.05 ie 0,000 <0.05 and tcount 7.473> t table 1.984 so that it can be concluded that Ho is accepted which means there is a significant influence of the perception of the benefits variable on the satisfaction variable (Attitute Toward Using). Variable perception of ease (PEOU), perceived benefit (PU) together have a significant effect on satisfaction variable (ATU) with the results of the F test with a large f-count of 61.682> F table 3.09 with a significant level of 0.000 because of p-value f 0,000 <0.05.
 
Keywords: ATU, Intranet, PEOU, PU, TAM.

References

Darmaningtyas I, Suardana K. 2017. Pengaruh Technology Acceptance Model (TAM) Dalam Penggunaan Software Oleh Auditor Ynag Berimplikasi Pada Kinerja Auditor. E-Jurnal Akunt. Univ. Udayana 21: 2448–2478.

Febrianto T. 2015. Analisis Manajemen Local Area Network (LAN) (Studi pada Bank X). thommy, Febrianto 1: 2.

Hunaifi N. 2018. Penerapan Metode Tam Terhadap Penerimaan Sistem Informasi Produksi Garment. 5: 221–227.

Jogiyanto. 2017. Sistem Informasi Keperilakuan. Yogyakarta: ANDI.

Pujohardiyanto A, Rofiah S. 2019. Sistem Informasi Pemesanan Tiket Pesawat dengan Codeigniter dan Bootstrap. Bina Insani Ict Journal. 6: 103–112.

Satya B, Aditya R. 2013. Analisis Penerimaan (Acceptance) Penerapan Internet Sehat Dengan Technology Acceptance Model (TAM) (Studi Kasus Pada STMIK AMIKOM Yogyakarta). Data Manaj. dan Teknol. Inf. 14: 14.
Published
2019-12-23
How to Cite
AGUSTIAN, Heri; WIDIANTO, Kudiantoro; RIFAI, Achmad. Technology Acceptance Model dalam Penilaian Penggunaan Sistem Informasi Elektronik Basis Intranet Sekretariat Jendral Kementrian Perindustrian. INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS : Journal of Information Management, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 21-30, dec. 2019. ISSN 2548-3331. Available at: <https://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/IMBI/article/view/1185>. Date accessed: 26 apr. 2024.