Perancangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Android

  • M Ikhbal Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer; IAIN Bukittinggi
  • Hari Antoni Musril Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer; IAIN Bukittinggi

Abstract

Abstrak: Media pembelajaran merupakan sarana penyalur pesan atau informasi belajar yang hendak disampaikan oleh sumber pesan kepada sasaran atau penerima pesan tersebut. Penggunaan media pengajaran dapat membantu pencapaian keberhasilan belajar. Penelitian perancangan media pembelajaran fisika berbasis android di jurusan teknik komputer dan jaringan SMK Negeri 1 Tanjung Raya merupakan sebuah program bantu untuk memudahkan guru dalam menjelaskan pelajaran serta memudahkan siswa untuk memahami pelajaran yang di ajarkan. Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian Research and Development (R&D). Menggunakan model pengembangan versi 4-D (four D). 4D terdiri dari define, design, develop, dessiminatte. Model pengembangan sistemnya menggunakan model pengembangan multimedia Luther – Sutopo. Dari uji produk yang penulis lakukan memperoleh uji validitas dengan rata-rata nilai 0,85 yaitu valid, uji praktikalitas penulis mendapatkan rata-rata 0,92 dengan kategori sangat tinggi, dan pada uji efektivitas penulis mendapatkan rata-rata nilai 0,92, berdasarkan hasil uji produk ini, dapat membantu mahasiswa, guru atau dosen yang akan melakukan penelitian dalam bidang pendidikan agar penelitian dapat dilanjutkan untuk melihat keberhasilan penggunaan media ini kepada siswa dan para calon guru maupun guru dapat mengembangkan materi dari desain yang telah di rancang ini.
 
Kata Kunci : Adobe Flash CS6, Adobe Air, Android, Luther-Sutopo, Media Pembelajaran.
 
Abstract:  Learning media is a means of channeling messages or learning information to be conveyed by the source of the message to the target or recipient of the message. The use of teaching media can help achieve successful learning The research design of Android-based physics learning media in the department of computer engineering and networking at SMK Negeri 1 Tanjung Raya is an assistive program to facilitate teachers in explaining lessons and make it easier for students to understand the lessons taught. The type of research the author uses is Research and Development (R&D) research. Using the 4-D (four D) version development model. 4D consists of define, design, develop, dessiminatte. The system development model uses the Luther - Sutopo multimedia development model. From the product test that the author did, obtained a validity test with an average value of 0.85 that is valid, the practicality test of the writer got an average of 0.92 with a very high category, and on the effectiveness test the writer got an average value of 0.92, based on the results of this product test, can help students, teachers or lecturers who will conduct research in the field of education so that research can be continued to see the successful use of this media to students and prospective teachers and teachers can develop material from this design that has been designed.
 
Keywords : Adobe Flash CS6, Adobe Air, Android, Luther-Sutopo, Learning Media.

Author Biographies

M Ikhbal, Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer; IAIN Bukittinggi
Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer; IAIN Bukittinggi
Hari Antoni Musril, Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer; IAIN Bukittinggi
Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer; IAIN Bukittinggi

References


[1] T. Tafonao, “Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa,” J. Komun. Pendidik., vol. 2, no. 2, pp. 103–114, 2018.
[2] A. N. Khomarudin, L. Efrianti, and M. Tafsir, “Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Pada Mata Kuliah Kecerdasan Buatan,” J. Educ., vol. 3, no. 1, pp. 1–87, 2018.
[3] Rohmani, W. Sunarno, and Sukarmin, “Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Multimedia Interaktif Terintegrasi Dengan Lks Pokok Bahasan Hukum Newton Tentang Gerak Kelas X SMA/MA,” J. Inkuiri, vol. 4, no. 1, pp. 152–162, 2015.
[4] Hanafi, “Konsep Penelitian R & D Dalam Bidang Pendidikan,” J. Kaji. Keislam., vol. 4, no. 2, pp. 129–150, 2017.
[5] H. A. Musril, Jasmienti, and M. Hurrahman, “Implementasi Teknologi Virtual Reality Pada Media Pembelajaran Perakitan Komputer,” JANAPATI J. Nas. Pendidik. Tek. Inform., vol. 9, pp. 83–95, 2020.
[6] R. R. Fadila, W. Aprison, and H. A. Musril, “Perancangan Perizinan Santri Menggunakan Bahasa Pemograman PHP / MySQL Di SMP Nurul Ikhlas,” CSRID, vol. 11, no. 2, pp. 84–95, 2019.
[7] E. Yosrita and R. Cahyaningtyas, “Penerapan Metode Pengembangan Multimedia Luther-Sutopo Pada Pengembangan Aplikasi Simulasi Untuk Menghitung Determinan Matrik,” J. Ilm. Fifo, vol. 6, no. 1, pp. 23–29, 2014.
[8] S. Derta, “Perancangan Sistem Informasi Pengelolaan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di SMK Negeri 2 Bukittinggi,” J. Sains, Inform. dan Ekon., vol. 2, no. 2, pp. 79–86, 2019.
[9] R. Sagita, F. Azra, and M. Azhar, “Pengembangan Modul Konsep Mol Berbasis Inkuiri Terstruktur Dengan Penekanan Pada Interkoneksi Tiga Level Representasi Kimia Untuk Kelas X SMA,” J. Ekstra Pendidik., vol. 1, no. 2, pp. 25–32, 2017.
[10] R. R. Hake, “Analyzing change/gain scores,” Educ. Psychol. Meas., 1985.

Published
2020-12-02
How to Cite
IKHBAL, M; MUSRIL, Hari Antoni. Perancangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Android. INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS : Journal of Information Management, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 15-24, dec. 2020. ISSN 2548-3331. Available at: <https://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/IMBI/article/view/1411>. Date accessed: 08 may 2021. doi: https://doi.org/10.51211/imbi.v5i1.1411.