Analisis Pengaruh Kondisi Daring Terhadap Zoom Fatigue yang Dialami Mahasiswa Semasa Pandemi Covid-19

  • Alifia Shafa Camila Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya
  • Raisa Zahra Fadila Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya
  • Rifdah Daffa Salsabiila Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya
  • Nur Aini Rakhmawati Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya http://orcid.org/0000-0002-1321-4564

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi atas munculnya COVID-19 yang terjadi di Indonesia, dimana seluruh mahasiswa yang ada di Indonesia diwajibkan untuk melakukan pembelajaran secara daring di rumah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran kecemasan dan kelelahan (fatigue) pada mahasiswa selama pembelajaran daring di masa pandemi COVID-19. Banyak kampus yang menerapkan pembelajaran daring menggunakan aplikasi Zoom Meeting. Perubahan yang cepat dalam metode pembelajaran menyebabkan banyak permasalahan pada kesehatan fisik maupun psikis. Metode yang digunakan adalah teknik pengumpulan data primer dan data sekunder dan diolah dengan metode Likert. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa seluruh Indonesia dengan sampel 87 mahasiswa. Kuisioner menggunakan google form. Hasil dari penelitian, menunjukkan bahwa Zoom Fatigue berkaitan dengan kehidupan mahasiswa, baik dari segi fisik, mental, dan kehidupan sosial.
Kata kunci: covid-19, kelelahan, pembelajaran daring.

Author Biographies

Alifia Shafa Camila, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya
Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya
Raisa Zahra Fadila, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya
Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya
Rifdah Daffa Salsabiila, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya
Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya
Nur Aini Rakhmawati, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya
Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya

References

[1]“COVID-19 Software Industry Statistics,” TrustRadius Blog, Apr. 09, 2020. https://www.trustradius.com/vendor-blog/covid-19-software-industry-data-and-statistics (accessed Sep. 23, 2021).
[2] V. Turk, “Zoom took over the world. This is what will happen next,” Wired UK, Aug. 06, 2020. https://www.wired.co.uk/article/future-of-zoom (accessed Sep. 23, 2021).
[3] “Asesmen Publik tentang Pendidikan Online di Masa Covid-19,” SaifulMujani, Aug. 18, 2020. https://saifulmujani.com/asesmen-publik-tentang-pendidikan-online-di-masa-covid-19/ (accessed Sep. 23, 2021).
[4] G. Fauville, M. Luo, A. C. M. Queiroz, J. N. Bailenson, and J. Hancock, “Zoom Exhaustion & Fatigue Scale,” Computers in Human Behavior Reports, vol. 4, no. 4, p. 100119, Aug. 2021, doi: 10.1016/j.chbr.2021.100119.
[5] M. Xiang, Z. Zhang, and K. Kuwahara, “Impact of COVID-19 pandemic on children and adolescents’ lifestyle behavior larger than expected,” Progress in Cardiovascular Diseases, vol. 63, no. 4, Apr. 2020, doi: 10.1016/j.pcad.2020.04.013.
[6] G. Far-Far, “Efektifitas Penggunaan Aplikasi Zoom Meeting Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19,” ISTORIA: Jurnal Pendidikan dan Sejarah, vol. 17, no. 1, May 2021, doi: 10.21831/istoria.v17i1.37421.
[7] M. Zaini and S. Supriyadi, “Zoom in Fatigue Pada Mahasiswa Keperawatan Selama Periode Pandemic Covid-19,” JI-KES (Jurnal Ilmu Kesehatan), vol. 5, no. 1, pp. 64–70, Aug. 2021, doi: 10.33006/ji-kes.v5i1.257.
[8] R. Nadler, “Understanding ‘Zoom fatigue’: Theorizing spatial dynamics as third skins in computer-mediated communication,” Computers and Composition, vol. 58, p. 102613, Dec. 2020, doi: 10.1016/j.compcom.2020.102613.
[9] A. S. Hamdi and E. Bahruddin, Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi dalam Pendidikan. Deepublish, 2015.
[10] A. I. Prakerti, A. F. Claresta, M. R. K. Ibrahim, and N. A. Rakhmawati, “Model Latent Dirichlet Allocation Pada Perilaku Siswa Menggunakan Media Pembelajaran Daring,” Information Management For Educators and Professionals: Journal of Information Management, vol. 5, no. 1, pp. 35–44, Dec. 2020, doi: 10.51211/imbi.v5i1.1407.
[11] Napitupulu, R. H. M., Aulawi, H., Sukirno, S., Takrim, M., & Sapta, A. (2021). Pelatihan Daring Kepemimpinan OSIS Siswa Sekolah Menengah Kejuruan dimasa PANDEMI COVID-19. Jurnal Karya Untuk Masyarakat (JKuM), 2(2), 196–205. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.36914/jkum.v2i2.590.
[12] W. Budiaji, “Skala Pengukuran dan Jumlah Respon Skala Linkert,” Jurnal Ilmu Pertanian dan Perikanan, vol. 2, no. 2, pp. 127–133, 2013.
[13] E. Choizes, “Pengertian Skala Likert dan Contoh Cara Hitung Kuesionernya,” diedit.com, Apr. 11, 2017. https://www.diedit.com/skala-likert/.
Published
2021-12-31
How to Cite
CAMILA, Alifia Shafa et al. Analisis Pengaruh Kondisi Daring Terhadap Zoom Fatigue yang Dialami Mahasiswa Semasa Pandemi Covid-19. INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS : Journal of Information Management, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 31-40, dec. 2021. ISSN 2548-3331. Available at: <https://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/IMBI/article/view/1598>. Date accessed: 26 may 2022. doi: https://doi.org/10.51211/imbi.v6i1.1598.