Sistem Informasi Pelayanan Masyarakat Secara Online Pada Kelurahan Sungai Raya

  • Ari Abdillah Universitas Bina Sarana Informatika
  • Badariatul Lailiah Universitas Bina Sarana Informatika
  • Rabiatus Saadah Universitas Bina Sarana Informatika
  • Rangga Pebrianto Universitas Bina Sarana Informatika

Abstract

Abstrak: Pada Era Globalisasi seperti sekarang ini, tekhnologi informasi sangat diperlukan oleh setiap manusia. Komputer merupakan salah satu alat yang dapat menghasilkan tekhnologi informasi tersebut, karena kegunaannya manusia dapat memperoleh informasi dengan mudah dan cepat. Begitupula dengan masalah yang ada pada kelurahan sungai raya dalam kecamatan sungai raya, yaitu mengenai pelayanan. Mengingat banyaknya masyarakat yang butuh pelayanan dalam pembuatan surat keterangan dari kelurahan menyebabkan proses pelayanan menjadi lama. Berdasarkan permasalahan di atas penulis meracang dan membuat sistem informasi pada sungai raya dalam kecamatan sungai raya. Sistem informasi ini menerapkan waterfall model dalam pembangunannya, dan dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan menggunakan MySql. Sistem informasi ini mampu membuat surat secara online serta menghasilkan informasi yang ada pada kelurahan dan membuat laporan pembuatan surat bagi staff kelurahan dengan menggunakan sebuah website.
 
Kata kunci: Sistem Informasi, Website, Pengabdian Kepada Masyarakat Kelurahan

Author Biographies

Ari Abdillah, Universitas Bina Sarana Informatika
Sistem Informasi, Universitas Bina Sarana Informatika
Badariatul Lailiah, Universitas Bina Sarana Informatika
Sistem Informasi, Universitas Bina Sarana Informatika
Rabiatus Saadah, Universitas Bina Sarana Informatika
Sistem Informasi, Universitas Bina Sarana Informatika
Rangga Pebrianto, Universitas Bina Sarana Informatika
Sistem Informasi, Universitas Bina Sarana Informatika

References

[1] A. Kurniawan, M. Chabibi, and R. S. Dewi, “Pengembangan Sistem Informasi Pelayanan Desa Berbasis Web Dengan Metode Prototyping Pada Desa Leran,” JURIKOM (Jurnal Ris. Komputer), vol. 7, no. 1, p. 114, 2020, doi: 10.30865/jurikom.v7i1.1863.
[2] J. Teknologi et al., “PENERAPAN SMART VILLAGE DALAM PENINGKATAN PELAYANAN MASYARAKAT MENGGUNAKAN METODE WEB ENGINEERING ( Studi Kasus : Desa Sukanegeri Jaya ),” vol. 2, no. 3, pp. 49–55, 2021.
[3] B. Tujni and H. Hutrianto, “Pengembangan Perangkat Lunak Monitoring Wellies Dengan Metode Waterfall Model,” J. Ilm. Matrik, vol. 22, no. 1, pp. 122–130, 2020, doi: 10.33557/jurnalmatrik.v22i1.862.
[4] O. Irnawati and I. Darwati, “Penerapan Model Waterfall Dalam Analisis Perancangan Sistem Informasi Inventarisasi Berbasis Web,” JURTEKSI (Jurnal Teknol. dan Sist. Informasi), vol. 6, no. 2, pp. 109–116, 2020, doi: 10.33330/jurteksi.v6i2.406.
[5] H. T. SIHOTANG, “Sistem Informasi Pengagendaan Surat Berbasis Web Pada Pengadilan Tinggi Medan,” vol. 3, no. 1, pp. 6–9, 2019, doi: 10.31227/osf.io/bhj5q.
Mikkael, R. H. (2018). Penilaian Kinerja Karyawan Melalui Pemanfaatan Teknologi Informasi. Jurnal Web Informatika Teknologi, 3(1).
[6] T. A. Kurniawan, “Pemodelan Use Case (UML): Evaluasi Terhadap beberapa Kesalahan dalam Praktik,” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 5, no. 1, p. 77, 2018, doi: 10.25126/jtiik.201851610.
Napitupulu, R. H. M., Handayani, C., & Haryati, H. (2021). Metode Simple Additive Weighting (SAW) Untuk Menentukan Karyawan Outsourching Terbaik Di PT Bank BNI Cabang Cirebon. BINA INSANI ICT JOURNAL, 8(2), 166–175. https://doi.org/https://doi.org/10.51211/biict.v8i2.1584.
[7] V. H. Pranatawijaya, W. Widiatry, R. Priskila, and P. B. A. A. Putra, “Penerapan Skala Likert dan Skala Dikotomi Pada Kuesioner Online ,” J. Sains dan Inform., vol. 5, no. 2, pp. 128–137, 2019, doi: 10.34128/jsi.v5i2.185.
Published
2021-12-31
How to Cite
ABDILLAH, Ari et al. Sistem Informasi Pelayanan Masyarakat Secara Online Pada Kelurahan Sungai Raya. INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS : Journal of Information Management, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 21-30, dec. 2021. ISSN 2548-3331. Available at: <https://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/IMBI/article/view/1637>. Date accessed: 28 jan. 2022. doi: https://doi.org/10.51211/imbi.v6i1.1637.