Penerapan Model Klasifikasi Dalam Tingkat Kepuasan Layanan Publik Kelurahan Karyamulya Dengan Menggunakan Algoritma Decision Tree

  • Muhammad Abdurohman STMIK IKMI Cirebon
  • Ranu Husna STMIK IKMI Cirebon
  • Irfan Ali STMIK IKMI Cirebon
  • Gifthera Dwilestari STMIK IKMI Cirebon
  • Nining Rahaningsih STMIK IKMI Cirebon

Abstract

Abstrak: Dalam mengukur sejauh mana kualitas pelayanan yang dapat diberikan kepada masyarakat, maka diperlukan suatu pedoman yang dapat mengukur terhadap kepercayaan masyarakat atas pelayanan yang diberikan pemerintah, untuk itulah diperlukan adanya suatu kajian terhadap dampak pelayanan yang telah dirasakan oleh masyarakat. Hal ini sangat sesuai dengan Keputusan Menpan dan reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2014 tentang Pedoman survey kepuasan masyarakat terhadap penyelenggaraan pelayanan public. Penelitian ini menetapkan kriteria yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Prosedur Pelayanan, Pesyaratan Pelayanan, Kejelasan Petugas Pelayanan, Kedisiplinan, Petugas Pelayanan, Tanggung Jawab Petugas Pelayanan, Kemampuan Petugas Pelayanan, Kecepatan Pelayanan, Keadilan Mendapatkan Pelayanan, Kesopanan dan Keramahan Petugas, Kewajaran Biaya Pelayanan, Kesesuaian Biaya Pelayanan, Kepastian Jadwal Pelayanan, Kenyamanan Lingkungan Pelayanan, Keamanan Pelayanan. Nilai akurasi algoritma decision tree sebesar 90,66% dengan rincian Hasil Prediksi Puas dengan True Puas memiliki data sebesar 228 Data. Hasil Prediksi Puas dengan True Tidak Puas memiliki data sebesar 12 Data. Hasil Prediksi Tidak Puas dengan True Puas memiliki data sebesar 17 Data. Hasil Prediksi Tidak Puas dengan True Tidak Puas memiliki data sebesar 52 Data. Berdasarkan hasil klasiifikasi index kepuasan masyarakat terhadap layanan kelurahan karya mulya kota cirebon di kategorikan sebagai layanan yang terbaik. Terlihat dari hasil menunjukan bahwa tingak kepuasan sebesar 240 data dan ketidak puasan sebanyak 69 data atau presentase kepuasan 77.6% dan presetase ketidak puasan 22.3%.
 
Kata Kunci : Layanan, Kelurahan, Algoritma C.45

Author Biographies

Muhammad Abdurohman, STMIK IKMI Cirebon
Sistem Informasi
Ranu Husna, STMIK IKMI Cirebon
Teknik Informatika
Irfan Ali, STMIK IKMI Cirebon
Rekayasa Perangkat Lunak
Gifthera Dwilestari, STMIK IKMI Cirebon
Sistem Informasi
Nining Rahaningsih, STMIK IKMI Cirebon
Komputerisasi Akuntansi

References

[1] A. S. Kamali, “Indeks Kepuasan Masyarakat Desa Kadudampit Terhadap Kinerja Pemerintahan Desa Kadudampit,” J. Inov. Pendidik. MH Thamrin, vol. 4, no. 1, pp. 1–9, 2020, doi: 10.37012/jipmht.v4i1.337.
[2] D. N. Batubara and A. P. Windarto, “Analisa Klasifikasi Data Mining Pada Tingkat Kepuasan Pengunjung Taman Hewan Pematang Siantar Dengan Algoritma,” KOMIK (Konferensi Nas. Teknol. Inf. dan Komputer), vol. 3, no. 1, pp. 588–592, 2019, doi: 10.30865/komik.v3i1.1664.
[3] L. Masri, T. H. Pudjiantoro, and A. I. Hadiana, “Klasisfikasi Indek Kepuasan Nasabah Menggnunakan Metode Binary Classification Dengan Algoritma Naïve Bayes Untuk CRM Di Asuransi Bumi Putera Bandung,” Informatics Digit. Expert, vol. 2, no. 2, pp. 37–43, 2021, doi: 10.36423/index.v2i02.584.
[4] I. A. Erliyana, Odi Nurdiawan, Nining R, Ade Irma Purnamasari, “Klasifikasi Penerima Beasiswa Dengan Menggunakan Algoritma,” J. DATA Sci. Inform. ( JDSI ), vol. 1, no. 1, pp. 11–15, 2021.
[5] D. Anggarwati, O. Nurdiawan, I. Ali, and D. A. Kurnia, “Penerapan Algoritma K-Means Dalam Prediksi Penjualan,” J. DATA Sci. Inform. ( JDSI ), vol. 1, no. 2, pp. 58–62, 2021.
[6] T. Hadi, N. Suarna, A. I. Purnamasari, O. Nurdiawan, and S. Anwar, “Game Edukasi Mengenal Mata Uang Indonesia ‘ Rupiah ’ Untuk Pengetahuan Dasar Anak-Anak Berbasis Android,” JURIKOM (Jurnal Ris. Komputer), vol. 8, no. 3, pp. 89–98, 2021, doi: 10.30865/jurikom.v8i3.3609.
[7] O. Nurdiawan, R. Herdiana, and S. Anwar, “Komparasi Algoritma Naïve Bayes dan Algoritma K-Nearst Neighbor terhadap Evaluasi Pembalajaran Daring,” Smatika J., vol. 11, no. 02, pp. 126–135, 2021, doi: 10.32664/smatika.v11i02.621.
[8] A. rinaldi D. Subandi, Husein Odi Nuriawan, “Augmented Reality dalam Mendeteksi Produk Rotan menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle ( MDLC ),” Means (Media Inf. Anal. dan Sist., vol. 6, no. 2, pp. 135–141, 2021.
[9] H. S. Mr Agis, O. Nurdiawan, G. Dwilestari, and N. Suarna, “Sistem Informasi Penjualan Motor Bekas Berbasis Android Untuk Menigkatkan Penjualan di Mokascirebon.com,” JURIKOM (Jurnal Ris. Komputer), vol. 8, no. 6, pp. 205–212, 2021, doi: 10.30865/jurikom.v8i6.3629.
[10] D. Teguh, A. Ade, B. Riyan, T. Hartati, D. R. Amalia, and O. Nurdiawan, “Smart School Sebagai Sarana Informasi Sekolah di SDIT Ibnu Khaldun Cirebon,” JURIKOM (Jurnal Ris. Komputer), vol. 8, no. 6, pp. 284–293, 2021, doi: 10.30865/jurikom.v8i6.3681.
[11] I. Kepuasan, P. Informa, A. Febriyani, G. K. Prayoga, and O. Nurdiawan, “Index Kepuasan Pelanggan Informa dengan Menggunakan Algoritma C.45,” JURIKOM (Jurnal Ris. Komputer), vol. 8, no. 6, pp. 330–335, 2021, doi: 10.30865/jurikom.v8i6.3686.
[12] K. S. H. K. Al Atros, A. R. Padri, O. Nurdiawan, A. Faqih, and S. Anwar, “Model Klasifikasi Analisis Kepuasan Pengguna Perpustakaan Online Menggunakan K-Means dan Decission Tree,” JURIKOM (Jurnal Ris. Komputer), vol. 8, no. 6, pp. 323–329, 2022, doi: 10.30865/jurikom.v8i6.3680.
[13] F. Febriansyah, R. Nining, A. I. Purnamasari, O. Nurdiawan, and S. Anwar, “Pengenalan Teknologi Android Game Edukasi Belajar Aksara Sunda untuk Meningkatkan Pengetahuan,” JURIKOM (Jurnal Ris. Komputer), vol. 8, no. 6, pp. 336–344, 2021, doi: 10.30865/jurikom.v8i6.3676.
[14] E. S. Nugraha, A. R. Padri, O. Nurdiawan, A. Faqih, and S. Anwar, “Implementasi Aplikasi Pengaduan Masyarakat Berbasis Android Pada Gedung DPRD,” JURIKOM (Jurnal Ris. Komputer), vol. 8, no. 6, pp. 360–366, 2021, doi: 10.30865/jurikom.v8i6.3679.
[15] R. Nurcholis, A. I. Purnamasari, A. R. Dikananda, O. Nurdiawan, and S. Anwar, “Game Edukasi Pengenalan Huruf Hiragana Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Jepang,” Build. Informatics, Technol. Sci., vol. 3, no. 3, pp. 338–345, 2021, doi: 10.47065/bits.v3i3.1091.
[16] H. Putri, A. I. Purnamasari, A. R. Dikananda, O. Nurdiawan, and S. Anwar, “Penerima Manfaat Bantuan Non Tunai Kartu Keluarga Sejahtera Menggunakan Metode NAÏVE BAYES dan KNN,” Build. Informatics, Technol. Sci., vol. 3, no. 3, pp. 331–337, 2021, doi: 10.47065/bits.v3i3.1093.
Published
2022-03-14
How to Cite
ABDUROHMAN, Muhammad et al. Penerapan Model Klasifikasi Dalam Tingkat Kepuasan Layanan Publik Kelurahan Karyamulya Dengan Menggunakan Algoritma Decision Tree. INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS : Journal of Information Management, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 81-90, mar. 2022. ISSN 2548-3331. Available at: <https://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/IMBI/article/view/1678>. Date accessed: 26 may 2022. doi: https://doi.org/10.51211/imbi.v6i1.1678.