Sistem Reservasi Kendaraan Operasional Dan Ruangan Meeting Berbasis Website Menggunakan Bot Telegram Pada PT. Pertamina International Shipping

  • Aditia Ayasy Universitas Bina Insani
  • Harjunadi Wicaksono Universitas Bina Insani

Abstract

Abstrak: PT. Pertamina International Shipping adalah Sebuah perusahaan pelayaran yang mengangkut kargo minyak dan gas serta menyediakan penyimpanan terapung untuk domestik dan internasional melalui skema FOB, Time Charter atau Spot Rate. Dalam Operasional PT. Pertamina International Shipping terdapat banyak fungsi yang mendukung proses bisnis dari PT. Pertamina International Shipping sehingga proses bisnis berjalan dengan baik, salah satu fungsi yaitu adalah General Affair & Procurement yang bertugas untuk menyediakan segala kebutuhan dari divisi lain mulai dari permintaan pengadaan barang sampai permintaan untuk reservasi kendaraan operasional dan reservasi ruangan meeting. Dalam Fungsi General Affair & Procurement masih menjalankan sistem manual untuk melakukan pembuatan reservasi dimana karyawan harus menghubungi kordinator melalui media WhatsApp atau mengisi form kertas untuk melakukan reservasi, tanpa adanya pencatatan jadwal reservasi yang dilakukan oleh koordinator. Dengan demikian sering kali terjadi persamaan jadwal ketika melakukan reservasi, Selain itu tidak adanya feedback berupa pesan singkat ataupun informasi dari karyawan sehingga koordinator tidak mengetahui status driver  apakah masih dalam proses pengantaran atau sudah tiba di tempat yang dituju. Model implementasi website dapat digunakan sebagai sarana pembuatan reservasi kendaraan operasional dan ruangan meeting, yang diharapkan mampu membantu fungsi General Affair & Procurement dalam melakukan manajemen dan pencatatan laporan terhadap permintaan reservasi kendaraan operasional dan reservasi ruangan meeting, serta memberikan kemudahan kepada karyawan dalam melakukan pembuatan reservasi. Sistem ini dapat dibuat dengan menggunakan bahasa pemrogramman PHP (Hypertext Preprocessor), dibangun dengan menggunakan framework CodeIgniter 3 dan menggunakan MySql Sebagai database, untuk mengirimkan informasi sistem ini menggunakan bantuan Bot Telegram.
                                                
Kata kunci: Framework Codeigniter, MySql, PHP, Sistem Reservasi, Website

Author Biographies

Aditia Ayasy, Universitas Bina Insani
Sistem Informasi
Harjunadi Wicaksono, Universitas Bina Insani
Sistem Informasi

References

[1] H. Agustin, “Sistem Informasi Manajemen Menurut Prespektif Islam,” J. Tabarru’ Islam. Bank. Financ., vol. 1, no. 1, pp. 63–70, 2018.
[2] I. Maita and A. Adawiyah, “Sistem Informasi Reservasi Online Pada Guest House Uin Suska Riau Berbasiskan Web,” J. Ilm. Rekayasa dan Manaj. Sist. Inf., vol. 3, no. 1, p. Hal. 85-96, 2017.
[3] A. D. Mulyanto, “Pemanfaatan Bot Telegram Untuk Media Informasi Penelitian,” Matics, vol. 12, no. 1, p. 49, 2020.
[4] Y. Trimarsiah and M. Arafat, “Analisis Dan Perancangan Website Sebagai Sarana Informasi Pada Lembaga Bahasa Kewirausahaan Dan Komputer Akmi Baturaja,” J. Ilm. Matrik, pp. 1–10, 2017.
[5] Haviluddin, A. T. Haryono, and D. Rahmawati, “Aplikasi program php dan Mysql,” Mulawarman Univ. Press, vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2016.
[6] R. Y. Endra, A. Cucus, and M. A. Wulandana S, “Perancangan Aplikasi Berbasis Web Pada System Aeroponik untuk Monitoring Nutrisi Menggunakan Framework CodeIgniter,” Explor. J. Sist. Inf. dan Telemat., vol. 11, no. 1, p. 10, 2020.
[7] P. Sutopo, D. Cahyadi, and Z. Arifin, “Sistem Informasi Eksekutif Sebaran Penjualan Kendaraan Bermotor Roda 2 di Kalimantan Timur Berbasis Web,” Inform. Mulawarman J. Ilm. Ilmu Komput., vol. 11, no. 1, p. 23, 2016.
[8] R. Nuku, E. J. A. Masihor, R. L. Pasaribu, and A. S. Informasi, “Penerapan Metode RAD dalam Perancangan Sistem Informasi Aplikasi Penelusuran Putusan ( SIAPP ),” vol. 01, no. 02, pp. 54–60, 2020.
[9] Triono, Z. Hakim, and R. Amelia, “Perancangan Aplikasi Dashboard Pengelolaan Hasil Produksi Departemen Finishing Berbasis Web Pada PT Panarub Industry,” Sisfotek Glob., vol. 8, no. 2, pp. 84–89, 2018.
[10] E. Hutabri, “Penerapan Metode Rapid Application Development (RAD) Dalam Perancangan Media Pembelajaran Multimedia,” Innov. Res. Informatics, vol. 1, no. 2, pp. 57–62, 2019
Published
2022-07-31
How to Cite
AYASY, Aditia; WICAKSONO, Harjunadi. Sistem Reservasi Kendaraan Operasional Dan Ruangan Meeting Berbasis Website Menggunakan Bot Telegram Pada PT. Pertamina International Shipping. INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS : Journal of Information Management, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 101-110, july 2022. ISSN 2548-3331. Available at: <https://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/IMBI/article/view/1839>. Date accessed: 23 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.51211/imbi.v6i2.1839.