Perancangan UI / UX Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris Usia Sekolah Dasar Dengan Metode Design Thinking

  • Riski Mayang Sari Sekolah Tinggi Teknologi Wastukancana
  • Imam Ma’ruf Nugroho Sekolah Tinggi Teknologi Wastukancana
  • Moch Hafid T Sekolah Tinggi Teknologi Wastukancana

Abstract

Abstrak: Salah satu faktor penting dalam teknis aplikasi mobile yaitu user interface. User interface memiliki peran penting sebagai penghubung secara langsung antara aplikasi dengan penggunanya. Untuk itu, user interface harus dibuat dengan pemikiran yang matang, sebab akan membentuk pandangan pengguna terhadap aplikasi yang digunakan, selain itu aplikasi juga harus memiliki unsur kenyamanan dan kemudahan dalam pengoperasiannya, terutama bagi sebuah aplikasi khususnya sebagai media pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini  salah satunya adalah design thingking. Dengan mengimplementasikan metode Design Thinking sebagai acuan dalam perancangannya, yang mana sesuai dengan definisi Design Thinking itu sendiri yaitu menyelesaikan permasalahan dengan melakukan pendekatan dengan pengguna sesuai dengan 5 tahapan yang ada pada Design Thinking yaitu Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Test. Untuk melakukan pengujian, peneliti menggunakan metode SUS (System Usability Scale) dengan 6 responden, diperoleh hasil uji metode SUS (System Usability Scale) sebesar 83,75. Nilai tersebut masuk kedalam kategori Acceptable, dengan Adjektif Rank Excellent, dan Percentile Range masuk kedalam grade A.
 
Kata kunci: User Interface, User Experience, Aplikasi Pembelajaran, Design Thinking

Author Biographies

Riski Mayang Sari, Sekolah Tinggi Teknologi Wastukancana
Teknik Informatika
Imam Ma’ruf Nugroho, Sekolah Tinggi Teknologi Wastukancana
Teknik Informatika
Moch Hafid T, Sekolah Tinggi Teknologi Wastukancana
Teknik Informatika

References

[1] I. Rochmawati, “ANALISIS USER INTERFACE SITUS WEB IWEARUP.COM,”
VISUALITA, vol. 7, no. 2, pp. 31–44, 2019, [Online]. Available: www.iwearup.com
[2] R. N. Isnaidin, I. D. G. Arikesa, R. I. Nasution, and Moch. F. Hidayat, “Penggunaan User
Interface(UI) Aplikasi Google Classroom Pada Siswa Tingkat SMP di Denpasar Selatan,”
2021.
[3] L. Luther, V. Tiberius, and A. Brem, “User experience (UX) in business, management, and
psychology: A bibliometric mapping of the current state of research,” Multimodal
Technologies and Interaction, vol. 4, no. 2, Jun. 2020, doi: 10.3390/mti4020018.
[4] G. Nabila and S. Wahyuni, “MDP STUDENT CONFERENCE (MSC) 2022 Penerapan
UI/UX Dengan Metode Design Thinking Pada Aplikasi Jaya Indah Perkas,” MDP
STUDENT CONFERENCE (MSC), pp. 231–238, 2022.
[5] T. Brown, “Design Thinking,” 2008. [Online]. Available: www.hbr.org
[6] H. Plattner, “An Introduction to Design Thinking PROCESS GUIDE,” 2019. Accessed:
Dec. 26, 2021. [Online]. Available: https://dschool-old.stanford.edu/sandbox/groups/des
[7] S. Gibbons, “Journey Mapping 101,” Dec. 09, 2018.
https://www.nngroup.com/articles/journey-mapping-101/ (accessed Jun. 26, 2022).
[8] B. H. Miller, “What is Design Thinking? (And What Are The 5 Stages Associated With it?),”
Sep. 05, 2017. https://medium.com/@bhmiller0712/what-is-design-thinking-and-whatare-the-5-stages-associated-with-it-d628152cf220 (accessed Mar. 29, 2022).
[9] K. Szerovay, “Creating Personas — Part 1,” Oct. 05, 2017.
https://uxknowledgebase.com/creating-personas-part-1-cf1bef5b7eba (accessed Jun. 28,
2022).
[10] R. I. Borman, Y. P. Putra, Y. Fernando, D. E. Kurniawan, P. Prasetyawan, and I. Ahmad,
“Designing an Android-based Space Travel Application Trough Virtual Reality for Teaching
Media,” in 2018 International Conference on Applied Engineering (ICAE), 2018, pp. 1–5.
doi: 10.1109/INCAE.2018.8579394.
[11] A. Saputra, “Penerapan Usability pada Aplikasi PENTAS Dengan Menggunakan Metode
System Usability Scale (SUS) (Usability Implementation in PENTAS Application Using the
System Usability Scale (SUS) Method),” JT
Published
2022-08-15
How to Cite
SARI, Riski Mayang; NUGROHO, Imam Ma’ruf; T, Moch Hafid. Perancangan UI / UX Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris Usia Sekolah Dasar Dengan Metode Design Thinking. INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS : Journal of Information Management, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 121-130, aug. 2022. ISSN 2548-3331. Available at: <https://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/IMBI/article/view/1844>. Date accessed: 29 sep. 2022. doi: https://doi.org/10.51211/imbi.v6i2.1844.