Analisis Simulasi Antrian Pelayanan Pembayaran Pajak Menggunakan Arena Pada Kantor Samsat Outlet Technomart Karawang

  • Muhammad Jodi Ramadhan Sumantri Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Kusnadi Kusnadi Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Rianita Puspa Sari Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstract

Abstrak: Mengantri adalah keadaan dimana sekumpulan orang yang membutuhkan layanan harus menunggu dalam suatu urutan baris tertentu sebelum pada akhirnya akan memperoleh pelayanan. Hal ini disebabkan karena pada saat kemampuan memberikan pelayanan lebih kecil bila dibandingkan dengan kebutuhan akan suatu pelayanan. Permasalahan yang dihadapi oleh Kantor SAMSAT Outlet Technomart Karawang adalah tingkat kedatangan yang tinggi khususnya pada jam 09.00-14.00. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis antrian dan menentukan jumlah server pembayaran pajak kendaraan yang optimal. Pengumpulan data dilakukan dengan cara mengamati dan mencatat antrian yang terjadi pada Kantor SAMSAT Outlet Karawang. Kondisi antrian saat ini dinotasikan dengan (M/M/c) dengan disiplin antrian First In First Out. Berdasarkan hasil perhitungan yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa kinerja sistem antrian pada Kantor SAMSAT Outlet Technomart Karawang saat ini adalah menggunakan 1 server pembayaran pajak kendaraan dengan rata-rata wkatu menunggu dalam antrian selama  2 menit. Sedangkan untuk usulan perbaikan sistem antrian dengan menggunakan 2 server pembayaran pajak kendaraan rata-rata waktu menunggu dalam antriannya menurun menjadi 0,0924 menit. Dari hasil analisis menunjukan bahwa Kantor SAMSAT Outlet Technomart Karawang lebih baik menggunakan 2 server pembayaran pajak kendaraan.Kata Kunci: Antrian, Kantor SAMSAT Outlet Technomart Karawang, Simulasi.

Author Biographies

Muhammad Jodi Ramadhan Sumantri, Universitas Singaperbangsa Karawang
Teknik Industri Fakultas Teknik
Kusnadi Kusnadi, Universitas Singaperbangsa Karawang
Teknik Idustri Fakultas Teknik
Rianita Puspa Sari, Universitas Singaperbangsa Karawang
Teknik Industri Fakultas Teknik

References

Referensi
[1] S. I. Suhartina, “Analisis Sistem Antrian dalam Mengoptimalkan Pelayanan (Studi Kasus: PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Veteran Selatan),” Makassar, 2018.
[2] L. Serlina, “Analisis Sistem Antrian Pelanggan Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Bandar Lampung Menggunakan Model Antrian Multi Channel-Single Phase,” Lampung, 2018.
[3] R. N. Sucihati and R. Gusferdiansyah, “Analsisi Sistem Antrian dan Optimalisasi Layanan Teller (Studi Pada Bank BRI Kantor Cabang Sumbawa),” Jurnal Ekonomi dan Bisnis, vol. 14, no. 3, 2017.
[4] M. S. Bahar, M. L. Mananohas, and C. E. J. C. Montolalu, “Model Sistem Antrian dengan Menggunakan Pola Kedatangan dan Pola Pelayanan Pemohon SIM di Satuan Penyelenggaraan Adminstrasi SIM Resort Kepolisian Manado,” deCartesian, vol. 7, no. 1, pp. 15–21, Mar. 2018, [Online]. Available: https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/decartesian
[5] N. P. Sari, Sugito, and B. Warsito, “Penerapan Teori Antrian pada Pelayanan Teller Bank X Kantor Cabang Pembantu Puri Sentra Niaga,” JURNAL GAUSSIAN, vol. 6, no. 1, pp. 81–90, 2016, [Online]. Available: http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/gaussian
[6] H. W. Nahda, D. Sudarwadi, and Y. H. Saptomo, “Analisis Penerapan Teori Antrian dengan Menggunakan Jalur Tunggal Pada Pengambilan Dana Pensiun ASABRI di PT POS Indonesia (PESERO) Cabang Manokwari,” CAKRAWALA, vol. 1, pp. 21–34, 2018, doi: https://dio.org/10.30862/cm-bj.v|i|.2.
[7] H. Oktaviyanty, N. K. Dwidayati, and A. Agoestanto, “Optimasi Sistem Antrian pada Pelayanan Servis Sepeda Motor Berdasarkan Model Tingkat Aspirasi Studi Kasus Bengkel Ahass Handayani Motor (1706) Semarang,” UNNES Journal of Mathematics, vol. 7, no. 2, pp. 181–191, 2018, [Online]. Available: http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujm
[8] I. K. Wardhani, I. P. Pratiwi, and E. Liquiddanu, “Analisis Kinerja Antrian Menggunakan Software Arena 15.0 (Studi Kasus Bioskop Z),” Seminar dan Konferensi Nasional IDEC, 2018, Accessed: Dec. 20, 2021. [Online]. Available: https://idec.ft.uns.ac.id/2018/05/ID020
[9] T. A. Purwanto, “Analisis Sistem Antrian Menggunakan Software Simulasi Arena Pada PT Indomobil Trada Nasional (Nissan Depok),” IKRA-ITH Infoematika, vol. 5, no. 2, pp. 1–12, Jul. 2021, Accessed: Dec. 15, 2021. [Online]. Available: https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-informatika/article/view/998
[10] F. D. Hanggara and R. D. E. Putra, “Analisis Sistem Antrian Pelanggan SPBU Dengan Pendekatan Simulasi Arena,” INTECH, vol. 6, no. 2, pp. 155–162, Dec. 2020, doi: 10.30656/intech.v6i2.2543.
[11] M. Nur and F. F. Qitri, “Analisa Sistem Antrian Loket pada PT. Tiki Jalan Teuku Umar Pekanbaru dengan Menggunakan Software Arena,” Jurnal Teknik Industri, vol. 2, no. 2, pp. 212–219, 2016, doi: https://dx.doi.org/10.240/jti.v2i2.5104.
[12] W. B. Laksana, A. Febriani, and D. Rachmawaty, “Pemodelan dan Simulasi Sistem Antrian Pelayanan Server Terhadap Pelanggan Percetakan XYZ Menggunakan Arena,” Jointech, vol. 1, no. 2, pp. 10–16, Jun. 2021, doi: https://doi.org/10.24176/jointtech.v1i2.6493.g2761.
[13] P. D. Sentia, Ilyas, and R. Haikal, “Pendekatan Simulasi Untuk Analisis Antrian Pada Bengkel Servis PT. X,” Optimasi Sistem Industri, vol. 15, no. 2, pp. 105–113, Oct. 2016, Accessed: Dec. 20, 2021. [Online]. Available: https://josi.ft.unnad.ac.id/index.php/josi/article/view/79
[14] Amri, Muhammad, and T. S. Malasy, “Analisis Sistem Antrian pada Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) dengan Menggunakan simulasi Arena,” Malikussaleh Industrial Engineering Journal, vol. 2, no. 2, pp. 16–23, Oct. 2013, doi: https://doi.org/10.53912/iejm.v2i2.74.
[15] B. Render and J. Heizer, Manajemen Operasi Manajemen Keberlangsungan dan Rantai Pasokan, 11th ed. Jakarta: Salemba Empat, 2015
Published
2022-08-15
How to Cite
SUMANTRI, Muhammad Jodi Ramadhan; KUSNADI, Kusnadi; SARI, Rianita Puspa. Analisis Simulasi Antrian Pelayanan Pembayaran Pajak Menggunakan Arena Pada Kantor Samsat Outlet Technomart Karawang. INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS : Journal of Information Management, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 131-142, aug. 2022. ISSN 2548-3331. Available at: <https://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/IMBI/article/view/1845>. Date accessed: 28 sep. 2022. doi: https://doi.org/10.51211/imbi.v6i2.1845.