Aplikasi Blended Learning Pusat Pengembangan dan Penyaluran Potensi Mahasiswa Menggunakan Progressive Web App

  • Andi Irsandi Ramadani Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Andi Muhammad Syafar Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Muhammad Nur Akbar Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Abstract

Ada suatu waktu dimana setiap mahasiswa akan menyadari bahwa ternyata mereka harus lebih banyak belajar sendiri daripada belajar dari dosen di kampus. Karena kampus hanya mengajarkan pengantar setiap mata kuliah baik perkuliahan yang bersifat teoritis maupun praktis. Ada beberapa platform e-Learning untuk mengasah potensi akademik maupun teknis. Namun kebanyakan platform tersebut hanya menyediakan rekaman-rekaman pembelajaran. Sehingga dalam proses belajar, yang terjadi adalah komunikasi satu arah yang tidak memungkinkan para pelajar memberikan sanggahan, umpan balik, atau bahkan pertanyaan jika ada hal yang sulit dimengerti. Selain dari itu, yang sering menjadi kendala adalah ketersediaan platform e- Learning yang stabil, cepat, cross platform, dan user experience yang intuitif. Aplikasi blended learning merupakan platform yang memfasilitasi mahasiswa untuk mengembangkan atau menyalurkan bakat dan potensinya secara blended learning (online dengan tatap muka). Sistem ini dibuat menggunakan progressive web app (APP) sehingga web menjadi capable, reliable, dan installable. Hasil dari sistem ini adalah platform bagi mahasiswa untuk peningkatan sekaligus sebagai platform penyaluran potensi, minat, atau bakat. Dengan aplikasi ini, diharapkan mahasiswa mendapat ruang dan cara yang lebih baik untuk belajar.

Author Biographies

Andi Irsandi Ramadani, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Teknik Informatika
Andi Muhammad Syafar, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Teknik Informatika
Muhammad Nur Akbar, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Teknik Informatika

References

L. Nisa, “PENGARUH PEMBELAJARAN E-LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA KULIAH STATISTICS MAHASISWA TADRIS BAHASA INGGRIS FAKULTAS TARBIYAH IAIN WALISONGO,” 2012.
[2] A. Harding and D. Kaczynski, “Evaluation of blended learning: analysis of qualitative data,” 2005.
[3] S. Richard and P. LePage, “What are Progressive Web Apps?,” Google Dev, Feb. 24, 2020. https://web.dev/what-are-pwas/ (accessed Sep. 26, 2021).
[4] K. Arizona, Z. Abidin, and R. Rumansyah, “PEMBELAJARAN ONLINE BERBASIS PROYEK SALAH SATU SOLUSI KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI TENGAH PANDEMI COVID-19,” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, vol. 5, no. 1, pp. 64–70, May 2020, doi: 10.29303/jipp.v5i1.111.
[5] L. Adi, “Platform e-Learning untuk Pembelajaran Pemrograman Web Menggunakan Konsep Progressive Web Apps,” Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya, 2017.
[6] R. Wibawati, “PROGRESSIVE WEB APPS PADA E-LEARNING (STUDI KASUS : UGM),” SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER AKAKOM, Yogyakarta, 2019.
[7] E. Sugiarto, Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif: Skripsi dan Tesis. Yogyakarta: Suaka Media, 2015.
[8] C. G. Haryono, Ragam Metode Penelitian Kualitatif Komunikasi. CV Jejak (Jejak Publisher), 2020.
[9] G. Rahayu, “Principal Component Analysis untuk Dimensi Reduksi Data Clustering Sebagai Pemetaan Persentase Sertifikasi Guru di Indonesia,” Pekanbaru, 2017.
[10] K. Schwaber and J. Sutherland, Panduan Scrum. 2020.
[11] D. Sulistyo Kusumo, “Analisis Web Performance dan Load Test Studi Kasus: Topologi Cloud Microsoft Azure Test Rig pada I-banking Bank XYZ,” e-Proceeding of Engineering, vol. 2, Apr. 2015, Accessed: Nov. 03, 2021. [Online]. Available: https://core.ac.uk/download/pdf/299900324.pdf
Published
2022-10-05
How to Cite
RAMADANI, Andi Irsandi; SYAFAR, Andi Muhammad; AKBAR, Muhammad Nur. Aplikasi Blended Learning Pusat Pengembangan dan Penyaluran Potensi Mahasiswa Menggunakan Progressive Web App. INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS : Journal of Information Management, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 163-172, oct. 2022. ISSN 2548-3331. Available at: <https://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/IMBI/article/view/1863>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.51211/imbi.v6i2.1863.