Implementasi dan Evaluasi Ujian Berbasis CBT Menggunakan Moodle di Sekolah XYZ: Menggunakan Metode Survei Primer Berbasis Observasi untuk Mengetahui Kendala, Manfaat, dan Solusi Teknologi Informasi

  • Yogi Kristiyanto Universitas IPWIJA
  • Sugiyono Sugiyono STIKOM CKI
  • Siti Sarah Universitas IPWIJA
  • Amin Muzaeni Universitas IPWIJA

Abstract

Moodle adalah salah satu platform berbasis web yang sering digunakan sebagai Learning Management System (LMS) sumber terbuka untuk mendukung kegiatan belajar mengajar, termasuk pengelolaan ujian berbasis komputer (CBT). Keunggulan Moodle terletak pada fleksibilitasnya dalam mendukung berbagai kebutuhan pendidikan tanpa memerlukan biaya lisensi. Namun, penerapannya di Sekolah XYZ menghadapi berbagai tantangan, baik dari sisi teknis maupun non-teknis. Penelitian ini bertujuan untuk Mengidentifikasi kendala yang terjadi, termasuk jenis kendala teknis dan non-teknis selama pelaksanaan ujian. Menilai efektivitas Moodle dalam mendukung pelaksanaan CBT secara efisien dan responsif terhadap kebutuhan teknis dan operasional. Menyusun rekomendasi praktis berbasis data untuk mengatasi kendala yang ditemukan. Melalui survei primer berbasis observasi, penelitian ini mengevaluasi implementasi dan pelaksanaan ujian berbasis Moodle di Sekolah XYZ. Pada aspek teknis, hasil observasi menunjukkan bahwa stabilitas jaringan menjadi faktor utama yang memengaruhi kelancaran CBT. Pada aspek operasional, sebagian besar siswa (80%) berhasil login tanpa kendala, sementara 15% menghadapi kesulitan akibat salah memasukkan kredensial, dan 5% mengalami keterlambatan karena masalah teknis pada perangkat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Moodle cukup andal sebagai platform CBT, dengan tingkat keberhasilan login siswa yang tinggi dan respons sistem yang stabil untuk sebagian besar soal. Namun, kendala teknis seperti jaringan dan perangkat siswa memerlukan perhatian lebih lanjut untuk memastikan kelancaran pelaksanaan ujian di masa depan.

References

[1] Retno Yulianti, "Implementasi Penilaian Pembelajaran Berbasis Computer Based Test (CBT) di SMA Yadika 6 Tangerang Selatan," Skripsi, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Jakarta, 2019.
[2] Faiqotul Himmah, Rufi’I, Yoso Wiyarno,"Pengembangan Aplikasi Asesmen Diagnostik Berbasis Computer Based Test (CBT) Menggunakan Moodle," Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika, Vol.8, No.3, Pp.1022-1032, September 2023.
[3] Rizal Maulana, “Penggunaan Sistem Computer Based Test (CBT) untuk Optimalisasi Pelaksanaan Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil Tahun Pelajaran 2021-2022,” Jurnal Ilmiah Widya Borneo., Volume 5 Issue 1 Juni 2022.
[4] Robby Prissly, Dylmoon Hidayat, “Penerapan Computer Based Testing (CBT) sebagai Bentuk Evaluasi Hasil Belajar Siswa Tingkat SMA,” Jurnal Ilmiah Kependidikan., 10(1), 150-156, 2023.
[5] Ananda Widitomo Puntoadi, “Implementasi Moodle sebagai Sarana Ujian Berbasis Komputer (Studi Kasus SMK Pontren Darussalam Demak),” Jurnal Bisnis Digitasl dan Sistem Informasi, Volume 1, Nomor 1, Tahun 2020.
[6] Carol Natasia, Durinta Puspasari, “Pemanfaatan Media E-Learning Moodle Untuk Menunjang Pembelajaran Mahasiswa di Fakultas Manajemen dan Bisnis Universitas Ciputra,” Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), Volume 8, Nomor 1, 2020.
[7] Ferawati Artauli Hasibuan, Aris Munandar Harahap, Tetti Hasibuan, “Analisis Penguasaan Konsep Fisika Mahasiswa Melalui Four Tier Diagnostik Test Berbasis Moodle,” MIND Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Budaya, 4(2), 88–97, 2024.
[8] Baiq Desi Dwi Arianti, Yosi Nur Kholisho, Kholida Ismatulloh, Rasyid Hardi Wirasasmita, Muhammad Zamroni Uska, Ahmad Fathoni, Jamaluddin Jamaluddin, “Pelatihan Computer Based Test (CBT) Ujian Nasional untuk siswa SMK di Lombok Timur,” ABSYARA:Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, Vol.1, No.1, 2020.
[9] Ananda Setiawan, Muhammad Rahmattullah, Monry Fraick Nicky Gillian Ratumbuysang, Maulana Rizky, Achmad Mustofa,” Peningkatan Efektivitas Pembelajaran Dengan Moodle Sebagai Media Pembelajaran: Metode Literatur,” Jurnal Publikasi Berkala Pendidikan Ilmu Sosial, Volume 1, Nomor 2, September 2021.
[10] Sri Rahayu, Friyatmi Friyatmi,” E-Test: Alternative Online Assessment for Online Learning Classes in Vocational High Schools,” Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, Vol.14, 3, pp. 3821-3828, September, 2022.
[11] Susti Vellayati, Cut Nurmaliah, Sulastri Sulastri, Yusrizal Yusrizal, Nurdin Saidi, “ Identifikasi Tingkat Pemahaman Konsep Siswa Menggunakan Tes Diagnostik Three-Tier Multiple Choice pada Materi Hidrokarbon,” JPSI:Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, Volume 8, Nomor 1, halaman 128-140, 2020.
[12] Firdaus, Murni Sukmawati, Ambiyar, Fadhilah, “Studi Literature Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Moodle pada Sekolah XYZ Kejuruan,” JAVIT:Jurnal Vokasi Informatika, Vol.3, No.3, Oktober, 2023.
[13] Rachmat Risanto Tiesa, Moh Noor Al Azam, “Desain dan Manajemen Jaringan Ujian Online Berbasis Moodle (Studi Kasus SMK Negeri 5 Surabaya),” Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, Vol. 6 No. 8, 2021.
Published
2024-12-18
How to Cite
KRISTIYANTO, Yogi et al. Implementasi dan Evaluasi Ujian Berbasis CBT Menggunakan Moodle di Sekolah XYZ: Menggunakan Metode Survei Primer Berbasis Observasi untuk Mengetahui Kendala, Manfaat, dan Solusi Teknologi Informasi. INFORMATION SYSTEM FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS : Journal of Information System, [S.l.], v. 9, n. 2, p. 207-216, dec. 2024. ISSN 2548-3587. Available at: <https://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/ISBI/article/view/3270>. Date accessed: 15 jan. 2025. doi: https://doi.org/10.51211/isbi.v9i2.3270.