Game Eedukasi Simulasi Penyemprotan Cairan Disinfektan Berbasis 2D Dalam Upaya Pencegahan Wabah Covid-19

  • Lingga Sabdha Auraly Sistem Informasi; STMIK IKMI CIREBON
  • Andi Andi Teknik Informatika; STMIK IKMI CIREBON
  • Agis Maulana Robani Sistem Informasi; STMIK IKMI CIREBON
  • Fadhil Muhamad Basysya Sistem Informasi; STMIK IKMI CIREBON
  • Raditya Danar Dana Manajemen Informatika; STMIK IKMI CIREBON

Abstract

Pada pertengahan tahun 2020 ini telah muncul sebuah wabah virus yang disebut dengan virus corona, atau dalam bahasa medis disebut COVID-19 yang telah memakan banyak korban jiwa, salah satu cara yang dilakukan agar terhindar dari pandemic COVID-19 ini yaitu dengan melakukan penyemprotan cairan desinfektan, namun karena kurangnya sosialisasi tentang penyemprotan disinfektan ini, banyak orang yang belum mengetahui akan pentingnya penggunaan cairan desinfektan ini, dengan adanya masalah ini mahasiswa teknik informatika dapat berperan penting untuk melakukan sosialisasi tentang penyemprotan disinfektan. Game adalah sebuah bentuk karya seni dimana peserta yang disebut pemain, membuat keputusan untuk mengelola sumber daya yang dimilikinya melalui benda di dalam game demi mencapai tujuan, Dengan pendalaman teori perancangan game edukasi dan cairan desinfektan maka dapat membuat game edukasi manfaat cairan desinfektan. Inti dari permainan ini player harus mengetahui jenis-jenis cairan desinfektan yang digunakan, mengetahui seperti apa pakaian APD yang digunakan, dan memahami bagaimana cara melakukan penyemprotan cairan disinfektan, Dalam penelitian ini game engine yang akan digunakan untuk merancang game edukasi ini yaitu Unity 3D, game engine unity 3D dipilih berdasarkan materi yang telah dipelajari selama proses perkuliahan, dan sudah dikuasai dalam pengoperasiannya, tahapan dalam pembuatan game sendiri diantaranya yaitu, menentukan alur game, merancang storyboard, pembuatan desain karakter dan layout, scripting atau pembuatan script, dan terakhir evaluasi game . Ruang lingkup yang akan dilakukannya penelitian yaitu pada kalangan anak-anak dan remaja, pelajar dan mahasiswa, Tahapan yang akan dilakukan yaitu pertama merancang game edukasi terlebih dahulu, lalu merancang kuesioner yang akan diisi oleh responden, berikutnya dilakukan penyuluhan dan sosialisasi game pada responden, Berdasarkan hasil dari uji hipotesis, dengan dikembangkannya simulasi penyemprotan berbasis game edukasi 2D dapat mendukung dalam upaya mengoptimalisasi pencegahan penyebaran covid-19

References

[1] I. Nozomi, “APLIKASI GAME EDUKASI PADA ANAK USIA 5 SAMPAI 10 TAHUN DENGAN METODE IMAGE MANIPULATION,” J. Inf. Technol. Comput. Sci., vol. 1, no. 2, pp. 124–131, 2018.
[2] O. Nurdiawan, I. Ali, C. L. Rohmat, and A. R. Rinaldi, “InfoTekJar : Jurnal Nasional Informatika dan Sistem Kendali Sensor Tanah Sebagai Pemonitor Tingkat Kelembaban Media Tanam Padi,” Nas. Inform. dan Teknol. Jar., vol. 1, pp. 0–4, 2020.
[3] D. L. Fithri and D. A. Setiawan, “ANALISA DAN PERANCANGAN GAME EDUKASI SEBAGAI MOTIVASI BELAJAR UNTUK ANAK USIA DINI,” SIMETRIS, vol. 8, no. 1, pp. 225–230, 2017.
[4] A. V. Vitianingsih, “Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini,” J. Inf., vol. 1, no. 1, pp. 25–32, 2016.
[5] N. Mona, “Konsep Isolasi Dalam Jaringan Sosial Untuk Meminimalisasi Efek Contagious ( Kasus Penyebaran Virus Corona Di Indonesia),” J. Sos. Hum. Terap., vol. 2, no. 2, pp. 117–125, 2020.
[6] O. Nurdiawan, F. A. Pratama, D. A. Kurnia, Kaslani, and N. Rahaningsih, “Optimization of Traveling Salesman Problem on Scheduling Tour Packages using Genetic Algorithms,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1477, no. 5, pp. 0–6, 2020, doi: 10.1088/1742-6596/1477/5/052037.
[7] D. R. Buana, “Analisis Perilaku Masyarakat Indonesia dalam Menghadapi Pandemi Virus Corona (Covid-19) dan Kiat Menjaga Kesejahteraan Jiwa?,” SALAM; J. Sos. Budaya Syar-i, vol. 7, no. 3, pp. 216–226, 2020.
[8] S. Setiati and M. K. Azwar, “COVID-19 and Indonesia,” Acta Med Indones - Indones J Intern Med, vol. 52, no. 1, pp. 83–89, 2020.
[9] O. Nurdiawan, F. A. Pratama, D. A. Kurnia, Kaslani, and N. Rahaningsih, “Optimization of Traveling Salesman Problem on Scheduling Tour Packages using Genetic Algorithms,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1477, no. 5, 2020, doi: 10.1088/1742-6596/1477/5/052037.
[10] I. Rohmawati, Sudargo, and I. Menarianti, “Pengembangan Game Edukasi Tentang Budaya Nusantara ‘Tanara’ Menggunakan Unity 3D Berbasis Android,” J. SITECH Sist. Inf. dan Teknol., vol. 2, no. 2, pp. 173–184, 2019.
[11] A. F. Adiqro, “Aplikasi Pembelajaran Menulis Permulaan Berbasis Android Menggunakan Unity 2D,” J. Inf. Technol., vol. 6, no. 1, pp. 53–62, 2018.
[12] I. H. Putri, “Pengembangan Game Edukasi 2D Platformer ‘ Petualangan Rama Sinta ’ Berbasis Android,” J. Syst. TI POLINEMA, vol. 2, no. 1, 2016.
[13] O. Nurdiawan, D. A. Kurnia, D. Solihudin, T. Hartati, and T. Suprapti, “Comparison of the K-Nearest Neighbor algorithm and the decision tree on moisture classification,” IOP Conf. Ser. Mater. Sci. Eng., vol. 1088, no. 1, p. 012031, 2021, doi: 10.1088/1757-899x/1088/1/012031.
[14] L. Mukarromah, F. S. Siskawati, P. Matematika, U. I. Jember, and N. Normal, “PENGEMBANGAN GAME EDUKASI ‘ HOTSNAKER ’ BERBANTUAN VLOG SEBAGAI ALTERNATIF MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI ERA NEW,” Konf. Nas. Pendidik. I, vol. 40, 2020.
RH Mikkael, H Touana, M Takrim - Yumary: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2020
[15] A. Mar, A. P. Armin, and E. D. Hartono, “Game Edukasi Tembung Aran Menggunakan Tools Engine Game Unity,” BINA Insa. ICT J., vol. 7, no. 2, pp. 135–144, 2020.
Published
2021-06-30
How to Cite
AURALY, Lingga Sabdha et al. Game Eedukasi Simulasi Penyemprotan Cairan Disinfektan Berbasis 2D Dalam Upaya Pencegahan Wabah Covid-19. INFORMATICS FOR EDUCATORS AND PROFESSIONAL : Journal of Informatics, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 166 - 175, june 2021. ISSN 2548-3412. Available at: <https://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/ITBI/article/view/1534>. Date accessed: 27 sep. 2021. doi: https://doi.org/10.51211/itbi.v5i2.1534.