Budaya Organisasi Dan Kualitas Berdampak Pada Kepuasan Public Di Era Covid-19

IN

  • Kurniawan Prambudi Utomo Sistem Informasi; Universitas Bina Sarana Informatika
  • Devy Sofyanty Sistem Informasi Akuntansi; Universitas Bina Sarana Informatika
  • Faif Yusuf Hubungan Masyarakat; Universitas Bina Sarana Informatika
  • Suhardoyo Suhardoyo Sistem Informasi; Universitas Nusa Mandiri
  • Sinta Rukiastiandari Sistem Informasi; Universitas Bina Sarana Informatika

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa  besar pengaruh budaya dan kualitas  terhadap kepuasan public dimasa pandemic Covid-19 Dinas Pendidikan Kota Bekasi, dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif menggunakan SPSS Statistik dan melakukan observasi lapangan (field research) baik secara daring dan luring, dengan memakai metode modus selfadministered questionnaires yaitu penyebaran kuesioner secara langsung dengan tatap muka kepada responden, sebanyak 80 responden sehingga ditemukan temuan masalah pada budaya dan kualitas pada  Dinas Pendidikan Kota Bekasi, belum dilakukan maksimal, terutama melalui operasional baik tatap muka terbatas dan virtual, masih dijumpai pegawai yang absen bermasalah, regulasi belum sesuai, juga pegawai dalam ini harapkan mampu meningkatkan kepuasan secara maksimal, Adapun hasil penelitian menunjukan budaya organisasi dan kualitas terhadap kepuasan menunjukan hubungan positif signifikan setiap variabel, bahwa  budaya organisasi dan kualitas tetap dikedepankan dalam menjalankan aktivitas di masa pandemic Covid-19. 
 
Kata kunci: Budaya, Kualitas, Kepuasan.
 
Abstract: The purpose of this study was to find out how much influence culture and quality had on public satisfaction during the Covid-19 pandemic, Bekasi City Education Office, using quantitative research methods using SPSS Statistics and conducting field research both online and offline, using the mode method. self-administered questionnaires, namely the distribution of questionnaires directly face-to-face to respondents, as many as 80 respondents so that the findings of problems in culture and quality at the Bekasi City Education Office have not been carried out optimally, especially through limited and virtual face-to-face operations, there are still employees who are absent with problems , regulations are not appropriate, also employees in this are expected to be able to increase satisfaction to the maximum, The results of the study show organizational culture and quality to satisfaction show a significant positive relationship for each variable, that organizational culture and quality of service p is prioritized in carrying out activities during the Covid-19 pandemic.
 
Keywords: Culture, Quality, Satisfaction.

References

Aranda A, Alwie A, Fitri K. 2017. Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Budaya Organisasi, Dan Kepuasan Kerja Terhadap Komitmen Organisasi Pada Perawat Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Pekanbaru. J. Online Mhs. Fak. Ekon. Univ. Riau 4: 1045–1059.

Arikunto S. 2019. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Junaidi MS, Setiawan BM, Prastiwi WD. 2017. The Satisfaction Comparison Of Bantuan Pangan Non Tunai Recipients And Rastra Recipients In Cakung District, East Jakarta. J. Ilm. Econosains 15: 273–288.

Katiandagho C, Mandey SL, Mananeke L. 2014. Pengaruh Disiplin Kerja Kepemimpinan Dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada PT. PLN (Persero) Wilayah Suluttenggo Area Manado. EMBA 2: 1592–1602.

Kurniawan A, Utomo KP, Emita I. 2018. Penerapan Motivasi Kerja Sebagai Ciri Kualitas Pegawai Untuk Mendorong Kepuasan Masyarakat Pada Kantor Pelayanan Kecamatan Bekasi Utara. J. Adm. dan Kesekretarisan 3: 95–105.

Mangkunegara AP. 2017. Evaluasi Kinerja SDM, Kedelapan. Redaksi Refika, editor. Bandung: PT Refika Aditama.

Mikkael, R. H. (2020). Penerapan Gaya Kepemimpinan Transformasional Di Era Industri 4.0 Pada Kementrian BUMN. In Prosiding Seminar Nasional STIE Ganesha: Transformational Leadership Management Dalam Meningkatkan Kompetensi Sumber Daya Manusia Unggul Menuju Indonesia Maju Di Era (Vol. 4, pp. 57-70).

Rafiq. 2019. Pengaruh Budaya Organisasi Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Yayasan Dompet Dhuafa Jakarta. Widya Cipta - J. Sekr. dan Manaj. 3: 105–114.

Soedjono. 2008. Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Organisasi dan Kepuasan Kerja Karyawan pada Terminal Penumpang Umum di Surabaya. J. Manajerial Dan Kewirausahaan 7: 22–47.

Sugiyono. 2010. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sulaksono H. 2019. Budaya Organisasi Dan Kinerja. Yogyakarta: CV Budi Utama. 91 p.

Tuju F, Mekel PA, Adolfina. 2015. Pengaruh Lingkungan Kerja, Stres Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Prestasi Kerja Pegawai BPBD Provinsi Sulawesi Utara. EMBA 3: 629–638.

Utomo KP, Supriyanto. 2020. Pengaruh layanan kualitas dan budaya kerja terhadap kepuasan masyarakat di kecamatan bekasi utara. 6: 55–66.

Mikkael, R. H., Touana, H., & Takrim, M. (2020). PkM pelatihan peningkatan usaha mikro dalam mewujudkan smart business melalui smartphone di masa pandemi Covid-19. Yumary: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1), 35-40.

Wianti W. 2018. Pengaruh Budaya Organisasi dan Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja Melalui Komitmen Organisasi Sebagai Varibael Intervening Pada Karyawan The American Club Jakarta. Widya Cipta - J. Sekr. dan Manaj. II: 48–49.
Published
2021-12-30
How to Cite
UTOMO, Kurniawan Prambudi et al. Budaya Organisasi Dan Kualitas Berdampak Pada Kepuasan Public Di Era Covid-19. JURNAL ADMINISTRASI KANTOR, [S.l.], v. 9, n. 2, p. 223-234, dec. 2021. ISSN 2527-9769. Available at: <https://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/JAK/article/view/1643>. Date accessed: 28 jan. 2022. doi: https://doi.org/10.51211/jak.v9i2.1643.